Tlp SekarangWA Sekarang

Sebelum memulai bisnis, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, selain kesiapan modal dan mental, juga yang tidak kalah penting adalah faktor lokasi.

Pemilihan lokasi usaha, terutama bagi para pebisnis pemula menjadi hal yang perlu dipertimbangkan secara matang dan tidak boleh asal-asalan. Lokasi usaha yang tepat dan strategis tentunya akan sangat mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Bisnis yang strategis

Bisnis yang strategis via kompas

Dibawah merupakan beberapa faktor yang harus di jadikan point ketika ingin mencari lokasi yang tepat untuk usaha anda

  1. Berdekatan dengan Target Pasar

Siapa yang menjadi target pasar anda? Anak-anakkah? Kalangan remaja? atau orang tua? Siapapun target pasar anda, pastikan anda memilih lokasi yang berdekatan dengan mereka. Dengan begitu, target pasar anda akan lebih mudah untuk menjangkau toko anda.

  1. Mudah Terlihat oleh Banyak Orang

Lokasi yang mudah terlihat akan menarik pelanggan dengan cepat, terlebih jika anda menjalankan bisnis makanan, minumna, dan fashion.

Anda dapat menambahkan banner yang mencolok, tatanan yang unik dan eye catching untuk semakin menarik perhatian orang-orang yang lewat. Selain memudahkan dalam mendatangkan pelanggan, cara ini juga dapat meminimalisir cost untuk promosi.

  1. Lalu Lintas

Arus lalu lalang para pengguna jalan sangat berpengaruh terhadap kuantitas pengunjung toko, terlebih jika anda menjalankan usaha independent, dimana toko anda berdiri sendiri di pusat perbelanjaan ataupun komplek pertokoan.

  1. Akses Jalan

Bagaimana arus lalu lintas di sekitar toko anda? Apakah hanya satu arah saja atau malah dua arah? Apakah toko anda berada di posisi dimana orang-orang akan berangkat beraktivitas atau pulang beraktivitas?

Hal-hal seperti ini perlu anda perhatikan, karena akses jalan untuk mencapai toko anda sangat berpengaruh pada keinginan pelanggan untuk mengunjungi toko anda. Jika akses yang ditempuh cukup rumit, besar kemungkinan toko anda akan jarang dikunjungi.

  1. Berbagi Area

Ketika anda memilih lokasi dengan berbagi area berarti anda telah siap untuk bersaing dan berkompetisi, karena di area tersebut tentu telah ada kompetitor yang mendahului anda. Namun diluar itu, anda beruntung karena tidak perlu melakukan riset pasar lagi.

  1. Monopoli Area

Selain berbagi area, anda juga bisa melakukan monopoli area. Artinya anda memilih lokasi yang benar-benar bersih dari kompetitor. Di satu sisi, anda beruntung karena tidak perlu bersaing terutama dalam penetapan harga. Namun di sisi lain, anda harus melakukan promosi yang akan memakan biaya, tenaga, dan waktu yang cukup banyak.

  1. Biaya Sewa

Umumnya harga sewa yang dikenakan bagi lokasi strategis cukup mahal. Selisihnya dengan lokasi lain yang kurang strategis juga cukup besar. Hal ini tentu akan menyulitkan bagi anda yang baru memulai, dimana ada ketakutan akan rugi jika pendapatan lebih kecil dibanding pengeluaran.

Namun sebaiknya anda tidak perlu takut. Selama lokasi yang anda pilih ialah lokasi yang strategis dan dilalui oleh banyak orang, yakin saja bahwa harga sewa yang mahal pasti tergantikan oleh pendapatan yang maksimal.

  1. Legalitas

Seringkali aspek legal diabaikan oleh para pengusaha. Karena itu tidak jarang banyak usaha yang sukses harus gulung tikar karena mengabaikan legalitas suatu lokasi. Perhatikanlah aspek legal lokasi tersebut sebelum memilih lokasi, jika tidak ingin bermasalah di kemudian hari.

  1. Lingkungan Sekitar

Perhatikan jenis usaha yang ada disekitar lokasi usaha yang akan anda pilih, karena secara tidak langsung akan mempengaruhi minat pengunjung.

Misalnya, usaha kedai makanan ataupun minuman akan cocok bila ditempatkan di deretan bengkel motor dan mobil, dan steam motor dan mobil. Jangan memaksakan usaha anda untuk berdiri di lokasi yang tidak cocok dengan lingkungan usaha di sekitar.