Tlp SekarangWA Sekarang

 

 Wisata Di Cirebon

Wisata Di Cirebon via id.wikipedia.org

Keraton Kasepuhan Cirebon

Bila Anda berkunjung ke Cirebon, kurang lengkap tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana di masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon berlokasi di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kel. Kasepuhan, Kec. Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Akses menuju keraton dapat diakses sekitar 30 menit perjalanan dari Stasiun Kejaksan dan 30 menit perjalanan dari Terminal Bus Harjamukti.

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya, Pangeran bergelar Sultan Anom I, diangkat pada tahun 1678 M. Peninggalan kekayaan yang ada di Keraton Kanoman cukup erat dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, yang dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Alamat Keraton Kanoman berlokasi di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Kec. Lemah Wungkuk, sebaliknya terletak dibelakang pasar Kanoman. Lokasi kerton cukup strategis karena tidak begitu jauh dari Stasiun Kejaksan Cirebon, pengunjung dapat menempuh sekitar 10-15 menit menggunakan mobil pribadi, angkot atau menggunakan jasa ojek.

Wisata Kera Plangon

Wisata Kera Plangon merupakan salah satu destinasi wisata Cirebon yang berlokasi di desa babakan sumber. Obyek Wisata Plangon terdiri dari bukit-bukit yang dipesan oleh hutan-hutan dan dijaga kera-kera pembohong.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan, merupakan salah satu masjid tua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid di Cirebon, juga menjadi salah satu masjid di tanah Jawa dan Indonesia.

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati atau syeikh Syarif Hidayatullah memiliki arsitektur unik yang merupakan kombinasi antara gaya arsitektur Cina, Arab dan Jawa. Arsitektur Cina tersedia pada desain interior pada dinding arsitektur Jawa pada bangunan yang berbentuk limasan khas jawa.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Goa Sunyaragi atau juga disebut dengan Taman Sari Goa Sunyaragi, merupakan tempat yang tepat untuk pelatihan tentara kesultanan Cirebon pada zaman dahulu kala. Selain tempat ini terkenal dengan banyak mitos, tempat ini juga memiliki nilai seni yang sangat indah sebagai tempat untuk berfoto.