Tlp SekarangWA Sekarang

Kuningan jawa barat masih menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah Pesona Alam Waduk Darma Kuningan. Waduk darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat dari kota kuningan.

Waduk dharma

Waduk dharma via yupiknik.com

Lokasi Waduk Dharma

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon .

Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga.

Seluk Beluk Waduk Dharma

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar dulu saat para wali masih hidup, waduk darma merupakan bendungan atau situ yang cukup besar yang di buat oleh mbah Satori (mbah dalem Cageur). Adapun air yang dipakai untuk mengairinya berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung.

Di tengah-tengah Waduk Darma air meluap dari mata air Cihanyir, di sebelah utara tampak berdiri sosok keperkasaan Gunung Ciremai. Dikala para wali masih hidup Waduk Darma sudah di buat bendungan/situ yang cukup besar yang di buat oleh Mbah Satori (Mbah Dalem Cageur). Adapun air yang di pakai untuk mengairinya berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Waduk darma

a. Berperahu

b. Memancing
c. Berkemah
d, Fotografi

Rute Menuju Waduk Dharma

Rute waduk dharma

Rute waduk dharma via desnantaraselamanya.blogspot.com

Jika Anda datang dari Bandung maka Anda harus menuju Kuningan Kemudian Menuju Lokasi.
Jika dari Jawa tengan dengan Jalur pantura anda dapat langsun menuju Kabupaten Kuningan. begitu pula jika anda dari Cirebon Rute yang dilalui persis sama.

Lain halnya jika anda datang dari Kota Ciamis, maka rute anda adalah ke utara menuju arah cirebon.