Tlp SekarangWA Sekarang

Dengan berbagai anggapan bahwa Karacak Valley ini memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan, meskipun sangat terbilang baru akan tetapi objek wisata baru ini menjadi salah satu objek wisata yang saat ini sedang populer di Garut. Karacak Valley ini terletak di kawasan Garut kota, Kelurahan Sukanegla Kampung Pakuon. Wilayah hutannya itu merupakan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Jaya Mandiri.

Karacak valley

Karacak valley via Nativeindonesia.com

Seluk beluk Karacak Valley

Tempat wisata di Garut yang terbilang baru ini dibuka sekitar awal tahun 2016. Lokasi Karacak Valley masih ada dalam area kecamatan Garut kota. Jadi dari pusat kota pun tidak terlalu lama untuk dijangkau. Alamat Karacak Valley Garut tepatnya ada di area kampung Pakuwon, kelurahan Sukanegla, kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Wilayahnya berupa hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani. Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri. Secara keseluruhan, luas wilayahnya sekitar 92 hektar. Tapi yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata baru sekitar 10 hektar.

Ada setidaknya tiga tingkatan di Karacak Valley ini, diantaranya karacak 1, karacak 2 dan juga puncak karacak dan pengunjung yang datang ke Karacak Valley ini biasanya kebanyakan sangat antusias untuk melihat pemandangan di curug, camping ground dan juga taman – taman yang ada di sekitarnya. Home stay, rumah pohon dan juga outbound ataupun playing fox merupakan konsep dari beberapa fasilitas yang akan di bangun untuk rencana kedepanya di Karacak Valley ini.

Rute menuju karacak valley

Karna lokasinya berada ditengah kota, akses transportasi menuju karacak valley terbilang cukup mudah dikunjungi, yaitu dengan mengambil rute Jl.Barata Yudha lalu belok ke Jl.margawati dari jalan margawati ini kalian tinggal mengikuti jalur, walaupun ada beberapa persimpangan kalian tidak usah khawatir karna disepanjang jalan cukup bnyak petunjuk arah sehingga memudahkan untuk menuju ke lokasi.

Bagi kalian yang ingin menggunakan angkutan umun, dari terminal Guntur kalian bisa naik angkot jurusan sukaregang atau sukadana dengan tarif ongkos sekitar 4-5rb. Kemudian berhenti di pangkalan ojeg margawati dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojeg dengan tarif disesuaikan dengan driver.

Kondisi jalan menuju lokasi karacak valey ini terbilang cukup baik dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 2, maupun  roda 4 atau bisa juga menggunakan bis berukuran kecil, hanya saja kondisi jalan tidak terlalu lebar sehingga apabila ada kendaraan dari arah berlawanan  akan sedikit menyulitkan. Beberapa kilo menuju lokasi  kondisi jalan mulai berlubang, sempit dan banyak ditemui tanjakan yang menikung tajam. Oleh karena itu bagi kalian yang mau kesini harus benar benar menyiapkan kondisi kendaraan yang prima. Apalagi 200 meter dari pintu masuk karacak valey kalian akan melewati jalanan dengan kondisi rusak berat dan jalanan tanpa aspal atau tanah yang tentunya akan lebih licin kalau musim hujan.

Kegiatan yang bisa dilakukan

  1. Puncak Dogar/Puncak Karacak

“Puncak Bintang” dari Garut. Sebutan itu nampaknya sangat cocok untuk objek wisata baru di Kabupaten Garut. Karacak Valley namanya yang terletak di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota.

Di lokasi tersebut, para pengunjung bisa menikmati suasana hutan pinus. Pemandangan Garut pun akan sangat jelas terlihat. Apalagi jika dilihat dari Puncak Dogar (Domba Garut) yang jaraknya tak terlalu jauh dari pintu masuk.

Salah satu daya Tarik karacak valey adalah pemandangan nya yang memanjakan mata, dari puncak Dogar atau puncak Karacak kalian bisa menikmati view gunung cikuray yang menjulang tinggi dan  Landscape kota garut yang sangat jelas membentang dari puncak karacak. Apalagi jika suasana malam hari, tentunya kalian bisa menikmati indahnya citylight Garut

  1. Hammocking

kegiatan favorit yang sering dilakukan disini adalah bermain ayunan atau hammock, tempat ini sangat cocok dan recomended buat para hammocker yang ingin berlibur udaranya yang sejuk dan semilir angina sepoi sepoi akan membuat anda semakin betah dan nyaman tiduran diatas hammock. Bagi kalian yang tidak membawa hammock tidak usah khawatir karna disini tersedia penyewaan hammock.

  1. Camping

Bagi kalian yang memiliki hobi camping di alam bebas, karacak valley sangat cocok untuk kalian kunjungi karena disini disediakan Camp Area yang cukup luas  untuk membangun beberapa tenda, selain itu banyak juga tempat  lain yang bisa kalian gunakan untuk membangun tenda, salah satunya di puncak Dogar, diatas puncak dogar kalian bisa sambil menikmati citylight garut di malam hari. Untuk kalian yang tidak membawa peralatan camping, tidak usah khawatir karena disini disediakan penyewaan alat-alat camping.

  1. Curug Ngebul

Curug karacak atau yang biasa disebut curug ngebul ini menjadi tempat tujuan paling seru untuk kalian yang suka bermain air. curug ngebul berjarak sekitar 1,2 km dari loket pelayanan tiket, trekking menuju curug ini tidak terlalu sulit karena sudah disediakan anak tangga dan terbilang cukup landai sehingga kalian bisa membawa keluarga dan anak-anak untuk datang ke curug ini. Dengan sekitar 20 menit perjalanan santai, kalian sudah bisa sampai di kawasan curug ngebul dengan ketinggian air sekitar  25 meter. Air di curug ini tidak terlalu deras jika musim kemarau, sehingga pengunjung bisa langsung bermain air bahkan mandi di curugnya, karena air disini sangat bersih. Sayang nya disini kalian tidak bisa berenang dikarenakan kolam dibawah curug sangat dangkal.