Tlp SekarangWA Sekarang

Tanjung Lesung adalah sebuah pantai di Pandeglang, Banten, ujung barat Jawa. Jaraknya 160 kilometer (99 mil) dari ibu kota Indonesia, Jakarta, dan dapat dicapai dengan mobil atau bus umum dalam waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Hal ini dikenal sebagai resor pantai dengan pemandangan laut, memiliki 15 kilometer (9,3 mil) pantai pasir putih dan juga kehidupan laut di mana pengunjung dapat menikmati snorkeling, menyelam, serta memancing. Daerah ini telah dinyatakan sebagai “warisan budaya” karena lokasinya dekat Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau dan Pulau Umang.

Tanjung lesung via tanjunglesungvila.com

Tanjung Lesung diluncurkan oleh pemerintah Indonesia sebagai zona ekonomi khusus (SEZ) di sektor pariwisata pada tahun 2012 dan dinyatakan siap beroperasi pada 23 Februari 2015. Pemerintah bekerja sama dengan pengembang swasta PT Banten Jawa Barat TDC (Tourism Development Corporation) dan PT Tanjung Lesung Leisure Industry, anak perusahaan PT Jababeka Tbk. Tanjung Lesung SEZ memang telah ditargetkan oleh pemerintah untuk dapat mencapai satu juta wisatawan dari dalam dan luar negeri pada tahun 2019 sebagai penyelesaian beberapa infrastruktur pendukung. Ini juga merupakan salah satu dari 50 tujuan wisata nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan juga menjadi salah satu dari 10 kawasan wisata prioritas yang pembangunannya akan dipercepat oleh pemerintah.

Asal Muasal Tanjung Lesung

Dulu, di pesisir Laut Selatan Jawa ada seorang pengembara bernama Raden Budog yang selalu ditemani oleh kuda dan anjingnya. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan gadis yang sangat cantik di mimpinya. Ia pun berusaha mencari gadis tersebut di kehidupan nyata. Di tengah pencariannya, Raden Budog beristirahat sejenak di suatu pantai. Tapi, saat ia ingin melanjutkan perjalanan, kuda dan anjingnya merasa lelah. Raden Budog pun menganggap kuda dan anjingnya tidak setia dan ia mengutuk kedua hewan pengikutnya tersebut menjadi batu karang.

Saat melanjutkan perjalanan, Raden Budog mendengar suara merdu dari alat musik lesung. Rupanya, pemain lesung tersebut adalah gadis idaman Raden Budog dalam mimpi yang bernama Sri Po Haci. Sayangnya, ibu Sri Po Haci melarang putrinya berhubungan dengan Raden Budog yang tidak memiliki asal-usul yang jelas. Namun, mereka tetap menikah. Raden Budog pun mempelajari lesung dan jadi suka main lesung hingga ia lupa waktu dan mengabaikan nasihat leluhur yang melarangnya untuk main lesung di hari Jumat. Sehingga, Raden Budog berubah menjadi monyet.

Bermain main Dipulau Bali KW

Tidak heran jika Tanjung Lesung dijuluki sebagai Bali Baru. Karena, suasananya memang mirip dengan pulau Bali! Tanjung Lesung memiliki garis pantai yang mencapai 15 km dengan hamparan pasir putih yang lembut. Untuk mendapatkan suasana tenang, sekaligus romantis, kamu bisa berjalan di sepanjang garis pantai bersama pasangan sambil menikmati deburan ombak yang nggak terlalu besar. Karena deburan ombaknya nggak terlalu besar, kamu jadi bisa melakukan segala aktivitas pantai dengan aman.

Segala aktivitas yang bisa kamu lakukan di Tanjung Lesung antara lain:

  1. Menikmati sunset / matahari terbenam

Sunset atau momen dimana matahari terbenam di Tanjung Lesung adalah sunset terbaik, karena angle sunsetnya berada di balik anak Gunung Krakatau. Jangan lewatkan momen sunset jika kamu liburan di Tanjung Lesung. Kamu bisa mengabadikan indahnya sunset dengan mengambil foto sunset di sana. Tempat ini memang cocok banget untuk kamu yang suka fotografi atau koleksi foto cantik di Instagram.

  1. Memancing

Kamu bisa memancing di dermaga atau carilah tempat pemancingan lain dengan menggunakan Perahu

  1. Bermain dengan berbagai olahraga air

Ada berbagai water sports menarik yang bisa kamu coba di Tanjung Lesung, seperti kano, jet ski, banana boatdan lain-lain. Kalau ingin berenang, kamu juga bisa berenang di pantainya yang masih jernih tersebut.

  1. Snorkeling dan diving

Berkunjung ke Pulau Liwungan. Di sana kamu bisa menyelam untuk menikmati aneka terumbu karang yang indah. Snorkeling di sekitar pantai sekaligus menikmati anak Gunung Krakatau juga bisa kamu lakukan dari kejauhan. Suasana sore di Pulau Liwungan juga makin romantis karena banyak burung Camar beterbangan di sana.

  1. Menikmati aneka makanan laut

Liburan ke pantai, tentu nggak bakal asyik jika kamu nggak mencicipi aneka makanan laut! Di pinggir pantai banyak resto atau rumah makan yang menjual berbagai aneka makanan laut lezat yang wajib kamu cicip,

  1. Menikmati sunrise dan olahraga

Sunrise atau momen dimana manahari terbit di Tanjung Lesung juga nggak kalah cantik dibandingkan dengan sunsetnya. Dijamin, kamu bakal rela buat bangun pagi hanya untuk menikmati sunrise! Tentu aja momen tersebut wajib kamu abadikan lewat kamera! Udara di pagi hari juga sangat sejuk. Bisa kamu manfaatkan untuk olahraga. Kamu bisa lari pagi atau main sepeda.

Tiket masuk dan akses menuju Tanjung Lesung

Untuk berwisata di Tanjung Lesung, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 40 ribu saja