Tlp SekarangWA Sekarang
Situ sangiang

Situ sangiang via infomajalengka.com

Situ Sangiang, merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Majalengka. Terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, atau berjarak kurang lebih 27 KM dari pusat ibukota Kabupaten Majalengka menuju arah Kecamatan Talaga atau Cikijing. Luas Keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 105 Hektar sedangkan luas Situ (Telaga) Sangiang sendiri seluas 14 Hektar. Situ Sangiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Sehingga pengelolaannya pun dilakukan oleh pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Seluk Beluk Situ Sangiang

Situ sangiang

Situ sangiang via zonalibur.com

Objek wisata ini mulai berdiri sejak 1998, dan saat ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Kelompok penggerak pariwisata (Kompepar). Di sana para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam indah yang menghiasi hamparan situ. Di situ tersebut, hidup beberapa jenis ikan lokal seperti ikan mas dan lele yang dipercaya waraga setempat sebagai jelmaan Prajurit Talaga Manggung. Sembari menikmati indahnya panorama alam tersebut, pengunjung juga dapat berkeliling melewati jalan setapak melihat pepohonan yang berumur ratusan tahun dan satwa-satwa liar yang tiak berbahaya seperti kera dan lutung.

Selain itu, di lokasi wisata juga terdapat makam kramat Sunan Parung yang sering dikunjungi oleh para peziarah. Jadi, selain menyegarkan jasmani Anda pun bisa berwisata rohani di sana. Fasilitas yang ada juga cukup memadai yaitu terdiri dari loket karcis, toilet, parkir, dan tempat istirahat.

Rute Menuju Situ Sangiang

Bila datang dari arah Utara (Jakarta, Cikampek, Subang, dan sekitarnya) maka pertama kali ambil rute menuju Kota Majalengka. Setibanya di Kota Majalengka, ikuti terus jalan utama (Jalan Raya Majalengka – Rajagaluh) hingga ke persimpangan Cigasong pada koordinat -6.836162, 108.250259 kemudian ambil ke kanan menuju Kecamatan Talaga. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di patokan berikutnya, yaitu Kecamatan Maja. Setelah Alun-alun Kecamatan Maja, ikuti jalan utama ke Kecamatan Talaga sebagai patokan. Kondisi jalan dari Kota Majalengka hingga Kecamatan Maja cukup baik. Jalan dari Kota Majalengka menuju Kecamatan Talaga merupakan jalan utama sehingga lalu lintasnya cukup ramai, baik oleh kendaraan pribadi, ELF, kondisi jalan akan lebih kecil dan mulai menanjak. Kondisi jalannya sudah cukup baik. Sebelum tahun 2014, kondisi jalan menuju Situ Sangiang tidak terlalu baik, terutama di sekitar Desa Sangiang karena sering banjir. Ikti terus jalan kecil tersebut karena tidak akan ditemukan patokan apapun menuju Situ Sangiang. Bila ragu, bisa menanyakan arah menuju Situ Sangiang kepada penduduk sekitar. Jarak pada pembacaan peta melalui jalur ini adalah sejauh 22,5 Km dengan waktu tempuh sesuai pembacaan peta adalah sekitar 34 menit dan waktu tempuh terlama sesuai pembacaan peta adalah sekitar 38 menit.

Setelah melalui hutan maka pengunjung akan tiba di tepi Situ Sangiang. Hamparan air yang menciptakan riak air karena sapuan angin memanjakn mata pengunjung.

Karakteristik Situ Singuang

Udara yang sejuk akan menambah rasa asrinya Situ Sangiang. Situ Sangiang ini didiami oleh berbagai jenis ikan dan tidak ada satupun pengunjung yang berani menangkapnya.

Karena menurut kepercayaan masyarakat setempat ikan-ikan itu merupakan penjelemaan prajurit Kerajaaan Talaga Manggung. Ya Situ Sangiang memang erat kaitannya dengan Legenda Prabu Talaga Manggung dan kedua Anakannya Raden Panglurah dan Ratu Simbarkecana. Ikan-ikan yang ada di dalam situ bisa diberi makan oleh pengunjung dan uniknya para penduduk sekitar, berjualan dan menyediakan roti untuk pakan ikan tersebut. Pengunjung pun bisa bermain main air situ. Hal unik lainnya dari Situ Sangiang ini adalah pada saat musim kemarau air situ akan bertambah banyak sedangkan pada saat musim hujan justru air situ akan berkurang.

Fasilitas di Situ Sangiang cukup baik, selain loket karcis juga tersedia parkir, toilet, dan tempat istirahat. Harga tiket masuk Objek Wista Situ Sangiang adalah Rp. 3000,- (2011). Akses Jalan menuju Situ Sangiang saat ini sudah cukup bagus, sudah diperbaiki dengan cara hotmix. Hanya belum ada transportasi umum menuju Situ Sangiang ini.