Tlp SekarangWA Sekarang
Kiat Sukses Dalam Persiapan Mendaki Gunung

Mendaki Gunung via rebanas.com

 

Gunung adalah tempat menyimpan sejuta pesona, yang bisa menyihir setiap pendaki yang menjejakinya, diantaranya gunung semeru, rinjani, tambora yang merupakan beberapa gunung terkenal di Indonesia. Beberapa gunung tersebut  tidak pernah sepi dari sentuhan para pendaki.

Namun, jangan salah, gunung adalah sebuah alam liar yang menyimpan marabahaya, bagaimanapun juga, para pendaki seharusnya  jangan meremehkan alam. Mendaki gunung bukan main – main, perlu adanya persiapan.

Berikut ini kiat sukses dalam persiapan mendaki gunung :

  1. Pendakian tentu haruslah dengan penuh persiapan. Membawa alat navigasi seperti peta lokasi pendakian, Altimeter yang berguna untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut, hingga alat kompas dan wajib hukumnya demi keselamatan pendaki. Semudah apapun gunung yang akan didaki, perlengkapan tersebut akan berguna dalam keadaan darurat.

  2. Setelah perlengkapan seperti peta dan lain sebagainya, minimal seorang pendaki harus paham bagaimana cara membaca peta dan melakukan orientasi di alam terbuka. jangan sewaktu-waktu melakukan pendakian jika dalam rombongan pendakian tidak ada yang berpengalaman mendaki atau pintar tentang navigasi.

  3. Jangan keras kepala, dan pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Jangan dipaksakan mendaki apabila sedang sakit atau kurang enak badan. Karena kalian tidak hanya merepotkan diri sendiri, tetapi juga akan membuat teman mendaki yang lain kerepotan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Persiapkan stamina dengan berolahraga seperti lari atau berenang secara rutin sebelum mendaki. Tujuannya adalah agar otot-otot tidak kaget dan terbiasa untuk menempuh jalur pendakian yang cenderung menanjak.

  4. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai, jangan yang seadanya. Jaket anti air atau jas hujan wajib dibawa untuk melindungi diri dari hujan. Selalu pisahkan pakaian yang dipakai ketika berkemah, dan selalu jaga dalam kondisi yang kering. Memaksakan memakai baju basah di gunung bisa membuat kalian terkena Hypotermia yang bisa berakibat berbahaya bagi keselamatan. Gunakan sepatu karet atau boots ketika mendaki, dan sesanggup mungkin tidak menggunakan sendal jepit. Siapkan headlamp atau senter dengan baterai yang cukup selama pendakian. Tenda, kantung tidur, dan matras juga beberapa benda yang tidak boleh terlupakan.

  5. Hitunglah dengan benar berapa lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan perlengkapan yang akan dibawa. Jangan sampai kurang, jangan salah bawa perlengkapan, dan siapkan perlengkapan cadangan lainnya untuk kondisi darurat seperti pada umumnya yaitu beras, bahan bakar untuk masak, lauk pauk, piring dan gelas. Bawalah wadah air minum, dan usahakan harus selalu terisi disepanjang pendakian.

  6. First Aid Kit atau peralatan medis untuk pertolongan pertama seperti obat merah, perban, dan obat-obatan khusus bagi penderita penyakit tertentu harus dibawa. Jangan menyepelekan hal ini karena, obat – obatan adalah yang yang paling penting untuk pertolongan pertama.

  7. Jangan malu untuk belajar dan berdiskusi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian, daripada nanti cemas ketika terjadi suatu masalah selama mendaki. Biasanya kelompok atau komunitas pecinta alam yang ada di Sekolah, Universitas, dan lainnya akan senang sekali membantu dan berbagi pengetahuan tentang mendaki gunung atau yang lainnya.

  8. Ukurlah kemampuan diri, karena hanya kalian sendiri yang tahu kapan harus melanjutkan pendakian, kapan harus istirahat dan kapan harus berhenti. Apabila tidak mampu melanjutkan perjalanan, jangan dipaksakan. Jika terdesak jangan ragu untuk kembali pulang.

  9. Hormati alam, jaga lingkungan, jadilah pendaki yang bertanggung jawab, bukan pendaki yang keras keras kepala.

 

 

Dari berbagai sumber…