Tlp SekarangWA Sekarang
Kekayaan dan Keindahan Alam Raja Ampat

Pulau Raja Ampat melalui id.wikipedia.org

Raja ampat adalah merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian kepala burung pulau papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi  Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo

Raja Ampat lebih dahulu dikenal oleh wisatawan mancanegara sebelum mulai populer di kalangan wisatawan domestik. Menyimpan sejuta keindahan alam dan kecantikan bawah laut, Raja Ampat juga merupakan salah satu dari 10 situs penyelam (diving) terbaik di dunia, sehingga menjadi tempat wisata idaman para wisatawan Eropa.

Keindahan  dan kekayaan alam menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat yang menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Kabupaten ini memiliki 610 pulau empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo merupakan pulau besar utama.

Dari seluruh pulau yang ada, hanya 35 pulau yang berpenghuni. Pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama. Konon dari 610 pulau yang ada di perairan Raja Ampat ini hanya 400 pulau yang baru dieksplorasi. Selebihnya masih sangat perawan. Bisa kamu bayangkan betapa alami dan indahnya Raja ampat ini!

Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Karena luasnya daerah ini, biaya transportasi pun menjadi mahal.

Raja Ampat Papua adalah destinasi impian turis lokal dan mancanegara, karena Raja Ampat merupakan destinasi maritim terbaik di dunia. Keindahan lautnya dan lokasinya yang jauh membuat anggaran akomodasi pun melambung. Untuk menuju ke sana kita harus melewati Kota Sorong Papua, karena tidak ada penerbangan langsung menuju ibu kota Raja Ampat, Waisai.

Setelah tiba di Kota Sorong, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri cepat menuju Waisai. Di Waisai keindahan Raja Ampat sudah mulai terlihat, karena kota ini juga merupakan pintu masuk untuk berkeliling Pulau Misool dan Wayag.

Untuk mengunjungi kedua pulau tersebut, kita harus menyewa kapal dengan biaya Rp3.000.000 per hari. Maka dari itu, lebih baik pergi bersama orang lain supaya biaya tersebut bisa dibagi bersama. Para pasangan juga bisa mengambil paket honeymoon di Misool.

Anggaran per orang untuk land trip ke Raja Ampat bisa menghabiskan Rp12.000.000, dan untuk menyelam (diving) bisa lebih mahal. Walaupun begitu, biaya tersebut cukup terbayarkan, kok dengan keindahan alam Papua yang begitu cantik.

Raja Ampat termasuk kabupaten baru di Indonesia. Wilayah yang terletak terpencil di Papua Barat ini belum berusia 10 tahun. Banyak infrastrukturnya yang belum memadai. Walaupun masih berusia dini, Raja Ampat mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara.

Di kutip dari berbagai sumber.