Tlp SekarangWA Sekarang

Curug Luhur adalah sebuah air terjun yang berada di daerah kecamatan Ciomas, Bogor. Tingginya 624 m. Curug yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta.

Arus air di curug ini kuat dan cukup berbahaya. Demikian pula di bawahnya terdapat pusaran air yang kuat dan dapat menyeret orang ke dalamnya.

Curug luhur

Curug luhur via zonalibur.com

Curug ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di daerah ini. Daerah ini juga terkenal karena menghasilkan nanas yang manis dan kering serta durian rancamaya. Lokasi air terjunnya mudah dijangkau, cukup berjalan kaki sekitar 150 meteran dari tempat parkir kendaraan. Kondisi jalannya sudah tertata rapi dengan tangga yang sudah terbuat dari semen hingga menuju air terjun. Fasilitas air terjun sudah dilengkapi dengan wahana seluncur.

Arus air di curug ini kuat dan cukup berbahaya. Demikian pula di bawahnya terdapat pusaran air yang kuat dan dapat menyeret orang ke dalamnya.

Seluk beluk curug luhur

Curug Luhur adalah sebuah air terjun yang berada di daerah kecamatan Ciomas, Bogor. Tingginya 624 m. Curug yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta.

Perjalanan dari areal parkir menuju lokasi curug sangatlah mudah dan telah dibuatkan dalam bentuk undakan semen yang menurun hingga ke lokasi. Praktis banyak wisatawan dalam berbagai usia mendatangi curug ini, mengingat tidak diperlukan stamina yang cukup besar untuk mencapai lokasi wisata. Berbagai bangunan nampaknya sedang dibangun guna mendukung sarana dan prasarana, suatu hal yang menunjukkan tingkat kepedulian yang cukup tinggi dalam upaya pengembangan curug ini. Namun nampaknya areal perkemahan tidak tersedia disini, mengingat area terbuka dan datar yang ada sepertinya kurang cukup luas.

Mendekati lokasi utama Curug Luhur terdapat sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggian kurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yang bisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebut ditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu dengan limpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengah bawah area.

Fasilitas Curug Luhur

Curug Luhur, seperti halnya Curug Nangka memiliki dua buah air terjun utama, bedanya bila di Curug Nangka letaknya terpisah, sedangkan di Curug Luhur letaknya sejajar. Air yang melimpah di Curug Luhur ini pun cukup deras, meskipun musim kemarau belum berakhir saat penulis mengunjungi lokasi wisata ini. Konon, sebenarnya cuman ada satu air terjun di kawasan ini, namun penduduk setempat membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya sehingga tercipta air terjun baru. Dikarenakan letak air terjun yang baru itu sedikit lebih tinggi, maka air yang mengalirpun tidaklah sederas air terjun utama, namun demikian telah mampu memberikan panorama tambahan yang menarik pada objek wisata ini

 

Dulunya, curug luhur ini hanya memiliki 1 air terjun saja. Namun, kabarnya penduduk setempat sengaja menambahkan air terjun di sebelahnya atau yang kedua. Di dasar air terjun bisa anda lihat aliran air yang cukup deras. Oleh karena itu tidak disarankan bermain – main di air terjun karena dikhawatirkan terseret ke pusaran ar curug luhur.

Untuk bisa berwisata air, anda bisa mengunjungi kolam renang di sekitar lokasi yang juga dilengkapi dengan beberapa wahana seperti waterboom. Berbagai bangunan juga mendukung sarana prasarana disini. Terdapat kamar ganti toilet, tempat untuk bersantai dan lain sebagainya. Ada juga vila – vila di sekitar lokasi wisata.

Setelah puas berwisata air dan merasa lapar, anda bisa menikmati sajian lezat di beberapa warung penjual makanan sekitar lokasi. Ada pula tempat penjualan souvenir jika anda ingin membawa oleh – oleh dari lokasi wisata. Bagi anda yang datang dengan kendaraan pribadi, di sini juga tersedia tempat parkir sekitar 1 km sebelum sampai di curug luhur. Ada juga jasa penitipan barang yang biasanya bertempat di warung – warung penjual makanan dan minuman.

Rute Menuju Curug Luhur

Dari Stasiun. Bogor sahabat bisa naik angkot ke arah Mall BTM, banyak ko angkotnya, Anda bisa naik angkot 02 jurusan sukasari-bubulak, nah agan naik yg ke arah Mall BTM dari Mall BTM agan naik angkot 03 arah Ciapus.

Di pertigaan Puskesmas Kebon Karet, dari pertigaan itu jalan kaki sekitar 100 meter ke kiri ya/lurus jangan yang belok kanan, nanti juga dikasih tau sama sopirnya, nanti seteleah sekitar 100 Meter ada pertigaan lagi agan bisa naik angkot atau naik ojek dari situ ke arah menuju Akhirat eh salah maksudnya ke arah Curug Luhur. dari sana deket ko pemandangannya bagus-bagus jadi enak sambil liat-liat pemandangan alam.