Tlp SekarangWA Sekarang

Pantai ulo via wisataterindah.net

Pantai Watu Ulo adalah sebuah pantai yang terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnya di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember, kira-kira 40 km di sebelah selatan kota Jember. Terdapat juga pantai Pasir Putih yang terdapat disebelah barat pantai Watu Ulo, jika akan kesana harus membayar.

“Watu Ulo” berarti “batu ular” dalam bahasa Jawa. Nama ini mengacu pada rangkaian batu karang yang memanjang dari pesisir pantai ke laut. Di panti ini juga terdapat aneka penjualan kerajinan dari laut seperti karang, bekas rumah kecomang dan lain – lain.

Setiap tanggal 1 sampai 10 Syawal, setelah Lebaran, diadakan pekan raya dengan acara hiburan dan penjualan hasil kerajinan nelayan setempat.

Upacara Petik Laut atau Larung Sesaji atau juga “Hari Raya Ketupat” diadakan setiap tanggal 7 Syawal. Dalam upacara ini masyarakat nelayan setempat melemparkan sesaji ke laut. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa terimaksih.

Ritual Nandran Atau Ritual Sesajen

Di Pantai Watu Ulo selalu diadakan kegiatan rutin pada saat hari raya Idul Fitri. Tepatnya Pada tanggal 7 bulan syawal selalu digelar sebuah ritual “Larung Sesaji”. Larung sesaji adalah sebuah ritual melemparkan sesaji ke dalam laut dengan menggunakan sebuah perahu. Larung sesaji ini adalah bentuk dari rasa syukur masyarakat setempat.

Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada saat perayaan tersebut. Selain melihat langsung ritual yang dilakukan, mereka juga akan disuguhi berbagai macam hiburan yang menarik dan kerajinan tangan khas masyarakat setempat pada keesokan harinya.

Berkeliling di Sekitar Pantai Watu Ulo

Goa Jepang pantai ulo via .tabloidwisata.com

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat sekedar berjalan jalan santai untuk melihat suatu tempat yang unik, yaitu sebuah goa Jepang. Goa ini berada tidak jauh dari pantai, sehingga para wisatawan dapat berjalan kaki dari pantai menuju goa ini. Goa ini adalah peninggalan jepang  yang dibangun pada saat penjajahan puluhan tahun silam.

Selain Goa Jepang juga terdapat sebuah goa yang bernama Goa Kelelawar. Letak Goa Kelelawar juga masih se -area dengan pantai Watu Ulo. Di dalam goa ini banyak sekali kelelawar, dan hal tersebutlah yang melatarbelakangi nama goa ini.

Lokasi Pantai Watu Ulo Jember

Watu ulo berada di ujung selatan Kabupaten Jember Jawa Timur, tepatnya di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Jarak Pantai dari pusat kota Jember adalah 40 km. Untuk sampai ke lokasi wisata, dapat ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).

Apabila berangkat dari arah timur, rute yang harus ditempuh adalah;

Banyuwangi => Jember => Kec. Ambulu => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo

Apabila berangkat dari arah barat, rute yang harus ditempuh adalah;

Lumajang => Kec. Ambulu (Jember) => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo

Untuk transportasi menuju ke pantai ulo mungkin kita hanya bisa memakai jasa traver dikarenakan tidak ada angkutan umu yang mengakses ke pantai ulo tersebut. Sekian dari info yang saya berikan semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi reverensi untuk anda berlibur merehatkan pikiran