Tlp SekarangWA Sekarang
Beberapa Point Penting Yang Harus Di Lakukan Sebelum Touring

Touring via tribunnews.com

Touring adalah kegiatan yang di lakukan oleh sekelompok orang yang berada dalam sebuah komunitas untuk melakukan perjalanan ke tempat tertentu. Untuk menyalurkan hobi mereka dalam berkendara sepeda motor.

Tujuan touring adalah untuk mempererat persaudaraan antar anggota klub.

Untuk melakukan touring ada beberapa point yang kalian ketahui yaitu :

1. Menentukan Rute Perjalanan dan Jarak Tempuh

Langkah pertama adalah menentukan rute perjalanan, touring ini mau kemana tujuannnya dan lewat mana arahnya. Hitung dulu jarak KM yang akan ditempuh dan rutenya mau lewat kota apa saja.

Misalkan disini agan mau ke Pulau Sabang Nol KM dari Jakarta. Untuk rutenya ada 3 pilihan, yaitu pesisir Timur, pesisir Barat dan jalur Tengah. Tentukan sendiri, apakah mau melewati atau lebih banyak di jalur gunung, jalan dipinggiran pantai ataupun kombinasi konbinasi keduanya.

2. Persiapan Motor

Motor harus dalam keadaan prima, diperiksa dan tune-up di bengkel. Setidaknya servis motor dilakukan dibengkel resmi ATPM, karena anda memerlukan jaminan jika ada ada sesuatu dalam perjalanan khususnya “engine trouble” maka anda dapat menuju bengkel resmi ATPM yang bisa ditemukan didaerah.

Jangan lupa mengatakan kepada pihak bengkel kalau pemeriksaan dan tune-up ini untuk keperluan mengikuti touring jarak jauh ke kota Sabang (misalnya).

3. Persiapan Perlengkapan Pendukung

Tidak lupa beberapa aksesoris motor juga harus dilengkapi seperti lampu kabut, klakson, braket box, pasang box utama, pasang box samping, windshield, engine guard dan lain-lain. Hndari menggunakan lampu strobo dan sirene, karena ini akan jadi masalah pada saat ada pemeriksaan polisi di jalan. Jangan lupa membawa SIM yang berlaku dan STNK (pastikan pajaknya sudah dibayar lunas). Surat jalan dari kepolosian tidak perlu.

Siapkan juga set kunci-kunci atau tools motor (kunci pas dan kunci ring dengan semua nomor), obeng, tang, kabel tambahan, isolasi, ban dalam cadangan, bohlamp cadangan, busi cadangan, oli cadangan, tali kopling cadangan, tali gas cadangan, perlengkapan P3K, kain lap, senter, batu baterai, oli rantai (jika perlu), pisau/cutter.

4. Perlengkapan Pribadi

Bawa jaket touring, sarung tangan, sepatu boot, rompi, helm berkualitas, dan jaket hujan, Juga bawa celana dalam ganti, perlengkapan mandi, dan kalau anda pengguna kacamata minus maka jangan lupa bawa kacamata cadangan. Bawa alat jaring (net), tali penyangga, topi dan kupluk jika tujuan ke lokasi yang ber suhu dingin. Kalau perlu bawa sandal, dan celana pendek. Alat komunikasi handphone, charger handphone, dan kamera jangan pernah dilupakan

Nah itu beberapa point penting dalam melakukan touring ya gan. Walaupun tidak lengkap semoga memberi manfaat sekian terima kasih.