Tlp SekarangWA Sekarang

Kota cirebon merupakan kota yang bersejarah, dengan latar belakang Kesultanan Cirebon menjadikan kota ini kaya akan cerita sejarah. Selain ada wisata sejarah, di Cirebon juga terdapat wisata air yang bernama Ade Irma Suryani Waterland.

Ade irma suryani

Taman ade irma suryani via cirebontrust.com

Taman Ade Irma Suryani ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Namun sebelum tahun 1966, nama taman wisata ini dikenal dengan Taman Traffic Garden Cirebon. Taman ini merupakan taman rekreasi satu-satunya yang ada di wilayah Cirebon.

Mulai tahun 2014, Ade Irma Suryani Waterland dikembangkan menjadi Cirebon Waterland yang baru selesai dan dibuka kembali pada Tahun 2015 yang lalu. Tempat wisata ini berada di tepi pantai utara Kota Cirebon, Jawa Barat dengan pemandangan indah lautnya.

Cirebon Waterland dilengkapi dengan 40 cottages yang berada di pinggir pantai yang turut menunjang bagi para pengunjung tempat wisata tersebut. Namun harga sewa cottages disini cukup menguras kantong anda dengan kisaran harga dari 1 juta rupiah sampai 1,5 juta rupiah.

Fasilitas yang Ada di Ade Irma Suryani Waterland

Dengan fasilitas yang cukup lengkap dimilikinya, menjadikan taman rekreasi ini menarik perhatian banyak pengunjung. Diantaranya adalah waterboom, perahu bebek, kolam arus, kolam rennag olimpic, air mancur dan wahana wisata lainnya. Jadi anda tidak akan bosan untuk berlama-lama main air disini.

Penginapan seperti cottage juga tersedia bagi anda yang ingin menikmati bermalam dengan nuansa berbeda menghadap laut. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung pilihan andadan fasilitas apa saja yang akan anda pilih.

Tidak hanya penginapan saja, anda dapat berwisata kuliner. Makanan khas laut akan banyak ditawarkan di restoran yang terdapat di sekitar kawasan wisata Ade Irma Suryani Waterland. Makanan khas sunda juga banyak dijual disini.

Ada pula kapal raksasa bertuliskan Ceng Ho yang merupakan bangunan restoran dengan bentuk kapal dan pemandangannya yang langsung menghadap laut utara Jawa. Pada kanan kiri kapal, terdapat dermaga yang bisa untuk anda lalui untuk melihat kecantikan pemandangan lautnya.

Di dermaga, anda akan melihat beberapa rumah apung yang disewakan oleh pengelola. Desain yang unik dan menarik hampir mirip dengan rumah apung yang berada di Gorontalo, Pulau Cinta.

Keindahan Ade Irma Suryani Waterland

Sebelum taman air ini dibangun dan dikembangkan, kondisi taman ini sangat kurang menarik. Karena taman ini adalah satu-satunya taman yang ada di wilayah Cirebon, maka tempat tersebut menjadi andalan bagi warga sekitar untuk sekedar bersantai dan piknik dengan menikmati taman dan laut dari dermaga yang ada saat itu.

Saat ini kondisi Ade Irma Suryani Waterland telah jauh dari kata kurang menarik seperti dahulu kala. Wahana modern yang telah diperbarui, menjadikan taman air ini salah satu destinasi wisata modern yang banyak dikunjungi.

Tempatnya sangat cocok jika anda kesini bersama keluarga, teman ataupun kekasih. Wahana yang terbilang baru dan tentunya seru cocok untuk menemani liburan akhir pekan anda. Pemandangan yang menghadap laut lepas, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisata air tersebut.

Hunting Foto di Ade Irma Suryani Waterland

Pemandangannya yang cantik dan eksotis, menjadikan tempat ini cocok bagi anda yang hobi berfoto atau membidik pemandangan dengan latar indah. Ada banyak spot yang dapat anda bidik. Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa kamera dan perlengkapannya.

Disarankan untuk anda membawa kamera anti air, karena wisata ini bertemakan wisata air. Tentu saja banyak kolam renang dan wahana air. Jika anda membawa kamera anti air, maka anda dapat membuat video.

Pada jaman sekarang, orang tidak hanya gemar berfoto saja, melainkan jamannya mengabadikan momen dengan video. Jadi membawa kamera anti air menjadi tips untuk kalian yang akan berlibur ke wana wisata air di Cirebon.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Ade Irma Suryani Waterland

Untuk menikmati Taman Ade Irma Suryani Waterland, anda akan dikenakan biaya Rp. 20.000,- per orang,dan untuk ke Waterboom dikenakan harga 30.000. Harga yang relatif murah untuk bersantai di tempat yang suasananya tenang dan indah. Jam buka taman wisata ini dari pukul 06.00-16.00 WIB.

Bagi yang menginap di kawasan ini, tentu saja anda bebas keluar masuk kawasan ini. Ketika sore hari, langit yang tadinya berwarna biru akan berubah menjadi oren, sehingga akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

Akses Lokasi Menuju Ade Irma Suryani Waterland

Untuk menuju lokasi ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Letaknya yang tidak jauh dari alun-alun Cirebon dan banyaknya palang hijau yang menginformasikan kawasan wisata ini membuat pengunjung dari luar kota tidak tersesat.

Tips Ketika Berlibur ke Wisata Air Ade Irma Suryani Waterland

  • Bawalah pakaian lebih ketika anda akan berlibur kesini.
  • Membawa perlengkapan seperti sampo, sabun dan obat-obatan.
  • Jika anda tidak membawa perlengkapan fotografi, maka anda akan kehilangan momen ketika mengunjungi wana wisata air ini. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera. Lebih disarakan untuk membawa kamera anti air.
  • Pakaian yang dapat menyerap keringat, karena suhu di wisata air ini tergolong panas, apalagi siang hari.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian renang. Jangan memakai celana jeans ketika berenang di tempat ini, karena tidak diperbolehkan.