Tlp SekarangWA Sekarang
8 Keindahan Alam Pulau Seribu Yang Wajib Di Kunjungi

Kepeulauan Seribu via sharetempatwisata.com

Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah wisata alam yang populer di Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Letak Kepulauan Seribu yang tidak jauh dari Jakarta membuat destinasi ini kerap menjadi incaran pelarian sejenak di akhir pekan bagi warga Jakarta dan wilayah lainnya.

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Posisinya secara geografis adalah pada 5°24´ – 5°45´ LS dan 106°25´ – 106°40´ BT dengan luas 1.180,8 hektaree (11,8 km²). Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21 °C-32 °C dengan kelembaban udara rata-rata 80%.

Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara jakarta, tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Namanya Kepulauan Seribu bukan berarti pulau-pulau di dalam gugusan kepualaun itu berjumlah seribu. Jumlah pulau itu hanya sekitar 342 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi ataupun yang tidak.

Pulau pasir dan terumbu karang itu sendiri berjumlah 158. Tidak semua pulau yang termasuk di dalam gugusan Kepulauan Seribu didiami manusia. Sebagaimana banyak pulau-pulau lainnya di indonesia, sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni. Gugusan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang tidak kecil untuk pengembangan berbagai macam industri, antara lain pertambangan, perikanan serta yang paling utama adalah pariwisata.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan serta keseimbangan ekologi, Pemerintah membagi gugusan kepulauan ini menjadi tiga zona:

  1. Zona pertama, diperuntukkan bagi eksploitasi sumber daya alam. Kekayaan di dalamnya bisa diambil dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan industri. Contoh terumbu karang mati yang dieksploitasi untuk kepentingan industri ubin teraso atau lainnya.
  2. Zona kedua, adalah pulau-pulau yang khusus disediakan untuk taman nasional atau tujuan wisata alam.
  3. Zona ketiga, ditetapkan sebagai kawasan cagar alam yang dilindungi.

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mempunyai jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 27.041 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya pulau untung jawa, pulau pari, puklau lancang,pulau tidung besar, pulau tidung kecil, pulau pramuka, pulau harapan, pulau kelapa, pulau kelapa dua, dan pulau sebira.

Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti pulau bidadari, pulau onrust, pulau kotok besar, pulau putri, pulau matahari, pulau sepa dan sebagainya, dibawah ini akan saya jelaskan 8 pulau yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan pulau paling favorit, paling populer, dan paling banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Tidak lengkap rasanya bila datang ke Pulau Seribu namun belum mendatangi di pulau tidung. Pulau Tidung memiliki objek terkenal yaitu sebuah jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta. Jembatan ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Pulau ini adalah pulau yang paling banyak didatangi wisatawan dan keduanya terhubung dengan jembatan kayu tersebut yang panjangnya sekitar 800 meter. Jembatan ini tidak hanya menjadi penghubung antar pulau, namun juga sering dijadikan wahana uji nyali bagi pengunjung yang menyukai adrenaline untuk melompat ke laut dari ketinggian sekitar 5-6 meter.

Di Pulau Tidung, pengunjung bisa memilih untuk sekedar bersantai menikmati suasana pulau dengan berkeliling dan beristirahat di pendodo atau penginapan yang banyak berdiri disana atau menjajal serunya wisata air seperti snorkeling, menyelam, dan berperahu kano menyusuri pantai. Untuk menuju Pulau Tidung, wisatawan bisa menaiki perahu atau kapal motor yang berangkat dari Dermaga Muara Angke. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 3 jam.

2. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau berpenghuni yang juga sering dijujugi oleh wisatawan saat datang berkunjung ke Pulau Seribu. Letak pulau ini sangat dekat dengan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, tidak heran karena dekatnya lokasi tersebut membuat Pulau Untung Jawa mudah menggaet wisatawan untuk datang tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Masyarakat di pulau ini sangat ramah dan terbuka kepada para wisatawan. Merekalah yang membuka penginapan dan membuat paket-paket wisata yang dikelola langsung oleh mereka sendiri.

Pilihan wisata di Pulau Untung Jawa ini juga sangat lengkap. Pengunjung bisa memilih untuk bersepeda mengelilingi pulau, bermain banana boat, jetsky, snorkeling hingga diving. Bila sudah lelah menikmati sajian paket wisata yang ada di pulau, pengunjung pun bisa beristirahat di penginapan yang juga tersedia dengan harga murah namun bersih dan nyaman.

3. Pulau Periksa Daun

Bila Anda suka dan sangat mengagumi keindahan alam bawah laut dan ingin semaksimal mungkin mengeksplorasinya tanpa harus pergi jauh-jauh dari Jakarta, maka datang ke Pulau Semak Duri adalah pilihan yang wajib diambil. Pulau ini adalah surga andalan Kepulauan Seribu untuk menikmati keindahan wisata bawah laut sekaligus menawarkan suasana keheningan yang syahdu di sekitarnya.

Pulau Semak Daun juga menjadi favorit wisatawan yang ingin menikmati indahnya bentangan pasir putih di bibir pantai. Pulau kecil tak berpenghuni ini sangat cocok sebagai tempat kabur sejenak bagi warga Jakarta yang penat dari rutinitas kehidupan pekerjaan yang padat dan menekan. Disini, wisatawan bisa mendirikan tenda untuk bermalam di tepi pantai diiringi suasana hening dan deburan ombak yang menenangkan hati.

Pulau ini tidak memiliki penginapan atau sarana fasilitas wisata lainnya, namun justru disinilah letak keunikan yang banyak diburu wisatawan. Pada pagi atau sore hari, wisatawan bisa menikmati indahnya alam bawah laut yang jernih dan bersih dengan menyelam atau snorkeling. Jangan lupa membawa peralatan sendiri karena pulau ini benar-benar pulau sunyi dan tenang yang tidak menyediakan fasilitas apapun bagi wisatawan.

4. Pulau Bira

Pulau Bira juga salah satu pulau di gugus Kepulauan Seribu yang belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga suasanya masih alami dan sangat terjaga. Untuk bisa datang ke pulau ini, wisatawan memang harus berjuang menempuh perjalanan yang agak panjang.

Dari Dermaga Muara Angke, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan kapal motor selama 3 jam menuju sebuah pulau untuk transit bernama Pulau Pramuka. Setelahnya, wisatawan naik kapal motor lagi yang langsung menuju ke Pulau Bira. Perjalanan panjang yang ditempuh dijamin tidak akan menyesal. Semuanya sebanding dengan keelokan alam yang ditawarkan Pulau Bira.

Di Pulau Bira, wisatawan bisa melihat secara langsung keindahan alam bawah laut dengan cara snorkeling dan diving. Bahkan hanya dengan duduk di tepian dermaganya pun, wisatawan sudah bisa menikmati indahnya koral dan terumbu karang karena air lautnya yang jernih dan bersih.

Duduk berlama-lama di tepian dermaga sambil menikmati syahdunya matahari terbenam ditingkahi angina sepoi-sepoi khas pantai juga menjadi aktivitas yang sangat menarik. Bila ingin bermalam di Pulau Bira, ada beberapa rumah kayu dan cottage yang didesain dengan gaya vintage yang bisa disewa untuk menginap.

5. Pulau Harapan

Pulau Harapan, sesuai dengan namanya, memang memberikan harapan indah bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Pulau ini sangat indah dan menawarkan banyak pesona unik. Di pesisi pantai pulau ini, terdapat sebuah jembatan kayu yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati luasnya lautan biru dan gugusan pulau kecil yang bertebaran di kejauhan. Pulau Harapan terkenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat banyak wisatawan yang hobi menyelam dan snorkeling betah berlama-lama berada di air. Bila menyelam sampai ke dasar laut, akan tampak bentangan indah terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Snorkelling di atas permukaan laut pun tak kalah menyenangkan. Wisatawan bisa menikmati berenang dikitari gugusan terumbu karang dangkal dan ikan-ikan kecil yang berenang lincah. Pulau Harapan adalah rumah bagi sekelompok hewan langka yaitu Elang Bondol yang juga terdapat sebuah penangkaran untuk melindungi hewan ini dari kepunahan. Jadi, selain berwisata alam, wisatawan juga bisa sekalian berwisata edukasi dengan mengetahui lebih jauh habitat dan kehidupan Elang Bondol.

6. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah satu satu pulau di Kepulauan Seribu yang letaknya paling dekat dengan daratan DKI Jakarta. Jauhnya hanya sekitar 15 kilometer sehingga wisatawan yang datang ke pulau ini masih bisa melihat gedung-gedung bertingkat yang terlihat seperti miniatur dari kejauhan.

Pulau ini menawarkan sensasi wisata laut yang hampir sama dengan pulau lain, yaitu diving, snorkeling, berperahu menyusuri pantai, atau sekedar duduk di tepian pantai yang berpasir halus sembil menikmati angin yang sepoi-sepoi. Karena masih dekat dengan daratan, kebanyakan pengunjung yang datang ke pulau ini berkunjung dari pagi sampai sore hari dan tidak menginap.

Pulau Bidadari memiliki sejarah panjang yang sudah dimulai sejak zaman kerajaan dahulu kala. Konon, Pangeran Jayakarta dulunya sering menggunakan pulau ini sebagai tempat berlibur bersama para anggota kerajaan lainnya. Pulau ini memang indah dan tenang, ditambah dengan adanya tumbuhan hutan mangrove yang membuat keelokan pantai ini semakin tampak mencolok.

7. Pulau Onrust

Pulau onrust ini tidak jauh dari Pulau Bidadari, ada Pulau Onrust yang kental dengan nuansa peninggalan sejarah tempo dulu. Pada masa penjajahan Belanda, pulau ini kerap digunakan sebagai tempat persinggahan kapal kumpeni Belanda sebelum berlabuh di pelabuhan Sunda Kelapa.

Tak heran, jika saat ini banyak ditemui banyak situs kuno peninggalan Belanda yang dulu dibangun di pulau ini. Di pulau ini terdapat satu bangunan peninggalan Belanda yang masih utuh. Karena keunikan desain dan sisi historisnya, bangunan ini lalu digunakan sebagai Museum Pulau Onrust.

Pulau Onrust sangat tepat digunakan untuk tempat melihat wisata laut sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia dengan wisata edukasi di museum. Tidak hanya di dalam museum, pengunjung bisa juga berjalan berkeliling pulau dan melihat banyak peninggalan Belanda lain seperti benteng dan pelabuhan kuno yang masih dibiarkan ada sebagai situs sejarah.

8.    Pulau Pramuka

Pulau Pramuka, kepopulerannya nyaris menyamai Pulau Tidung dalam hal banyaknya kunjungan wisatawan yang datang kemari. Pulau ini adalah satu dari total sebelas pulau berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka memiliki kelebihan dimana tidak hanya menawarkan wisata laut saja, namun juga terdapat wisata edukasi melalui penangkaran penyu sisik yang langka. Konservasi penyu di Pulau Pramuka inilah yang banyak membuat wisatawan datang ke pulau ini.

Seperti halnya pulau lainnya, di Pulau Pramuka pengunjung bisa dengan asyiknya menikmati wisata laut dengan berenang dan snorkeling. Karena merupakan pulau berpenghuni, maka pulau ini relatif ramai dan memiliki sarana wisata yang lengkap seperti penginapan, pondok bersantai, penyewaan alat snorkeling dan menyelam, sepeda untuk berkeliling pulau, dan lain sebagainya. Pulau Pramuka adalah ibukota kabupaten administratif Kepulauan Seribu.

Di kutip dari berbgai sumber.