Tlp SekarangWA Sekarang

 

7 Objek Wisata Samarinda Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Samarinda via tempatwisatasekitar.blogspot.co.id

Samarinda adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda merupakan pintu gerbang untuk menuju pedalaman Provinsi Kalimantan Timur karena Kota ini dibelah oleh sungai Mahakam, dan merupakan salah satu Kota dengan penduduk terpadat di Provinsi Kalimantan Timur.

Selain di kenal dengan kain tenunnya yang khas, Kota Samarinda juga memiliki banyak potensi pariwisata. Walaupun pariwisata di Samarinda tidak banyak dikenal dibandingkan beberapa Kota lain yang ada di Indonesia. Namun ada berbagai tempat wisata yang ditawarkan di Samarinda untuk  menjadi pilihan wisata anda. Di bawah ini tempat wisata di Samarinda yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain yang wajib anda kunjungi.

1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah ini terletak di Bontang, Kalimantan timur, lebih tepatnya di Selat Makassar. Untuk mencapai tempat wisata ini, setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam dari Samarinda. Walaupun jauh, tapi perjalanan yang lama tersebut akan terpuaskan ketika Anda melihat keindahan Pulau Beras Basah.

Pemandangan pasir putih dan air jernih yang kebiru-biruan akan membuat Anda melupakan lelahnya perjalanan panjang menuju ke tempat ini. Anda juga akan melihat sebuah menara tinggi yang sudah tidak dipakai. Keindahan pulau Beras Basah ini tidak hanya sekedar pasir putih dan panorama pantainya, tapi alam bawah laut Pulau Beras Basah inilah yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Jangan lupa membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tidak ada penghuninya. Untuk penginapan, Anda bisa menemukannya di kota Bontang.

2. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung merupakan kawasan hijau yang biasa digunakan untuk lokasi berkemah. Walaupun  tidak berkemah, anda bisa menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung di sini. Jarak menuju Telaga Permai Batu Besaung sekitar 15 km dari kota Samarida. Ketinggian tanah di kawasan Telaga Permai Batu Besaung ini beragam, sehingga sungai yang melaluinya menyerupai air terjun pendek. Disini Anda dapat berendam ataupun bermain air.

3. Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah tempat wisata di Samarinda yang letaknya berada di tengah Sungai Mahakam. Pulau Kumala berasal dari pengendapan lumpur sungai. Bentuknya memanjang dan menyerupai perahu yang terbalik. Tempat wisata ini mirip dengan TMII yang ada di Jakarta, hal ini karena Pulau Kumala menggambarkan budaya Kalimantan seperti, candi, adat, dan patung lembu. Tempat wisata ini terletak di sebelah barat kota Tenggarong, atau 27 km dari kota Samarinda. Untuk mencapai pulau ini, anda dapat menyeberang dengan mengunakan perahu motor atau kereta gantung.

4. Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah merupakan wisata alam yang berupa air terjun yang terletak di Dususn Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, atau di radius 14 kilometer dari pusat kota Samarinda. Air terjun ini merupakan air terjun yang tergolong unik, karena air yang mengalir jatuh adalah air yang sangat jernih, namun ketika sampai dibawah air tersebut akan keruh dan berwarna kemerah- merahan. Hal ini terjadi karena tanah yang berada di kawasan ini merupakan jenis tanah gambut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Walaupun terletak di tengah alam yang sangat hijau dan masih asri, namun tempat ini sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk menjangkau tempat ini anda hanya perlu naik angkot jurusan Pasar Segiri-Sungai Siring. Oleh karena tempatnya yang indah dan mudah dijangkau ini, membuat air terjun ini banyak sekali peminatnya, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini untuk menghabiskan waktu liburnya, terutama pada waktu akhir pekan.

5. Taman Rekreasi Green Valley

Taman rekreasi Lembah Hijau di Samarinda ini merupakan tempat rekreasi buatan manusia. Tempat ini berada tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda. Taman rekreasi ini berada tepatnya di jalur Samarinda-Bontang Km 15. Di taman Lembah Hijau ini terdapat camping ground, dan juga fasilitas- fasilitas menarik lainnya seperti flying fox, kolam renang, area bermain untuk anak, replika hutan, kolam pancing, kafetaria, hingga gazebo untuk beristirahat.

6. Kampung Tenun Samarinda

Samarinda merupakan sebuah kota di Indonesia yang sangat terkenal dengan kain tenunnya. Kain tenun ini dapat digunakan untuk beragam kreasi, salah satunya adalah sarung. Saking hebatnya kain tenun Samarinda ini sehingga sarung Samarinda ini terkenal hingga kemana- mana.

Kain tenun khas Smarinda ini memiliki ciri khas yang berupa motif kotak- kotak cantik. Jia Anda berkunjung ke Samarinda dan ingin membawa kain tenun Samarinda sebagai buah tangan Anda, maka datanglah Anda ke Kecamatan Smarinda Seberang.

Di Kecamatan ini ada dua kampung yang menjadi pusat kerajinan kain tenun, yaitu kampung Baqa dan juga kampung Masjid. Kampung- kampung ini biasanya dikunjungi oleh berbagai wisatawan yang berasal dari luar kota maupun dalam kota.

Di Kampung ini, selain dapat membeli kain tenun dengan harga miring,  juga dapat melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain tenun di kampung ini masih tergolong sangat sederhana. Hal ini karena para perajinnya masih menggunakan  alat  tenun bukan mesin. Alat yang digunakan ini disebut dengan Gedokan.

Di kutip dari berbagai sumber.