Tlp SekarangWA Sekarang
5 Tips Wajib Dilakukan Sebelum Traveling Sendiri

Tips Traveling Via tangerangonline.id

Traveling sendirian itu memang menyenangkan. Kamu tidak harus berkompromi mengikuti kemauan siapapun, dan bebas menentukan ke mana kamu akan melangkah. Traveling solo atau sendirian inilah kamu bisa fokus mengenal teman-teman baru di perjalanan.

Bagi mereka yang belum pernah mencoba sendiri serunya traveling solo, pasti ada perasaan takut dan cemas, rasa takut saat hanya dirimu sendiri Itu merupakan hal yang manusiawi, tetapi jangan dituruti juga. Jangan sampai ketakutan itu mencegahmu pergi berpetualang. agar kegiatan travelingmu tetap aman dan nyaman.

Langsung saja simak tipsnya berikut ini :

  1. Riset sedetil mungkin

Lakukan riset terlebih dulu mengenai semuanya, harga tiket menuju ke tempat tujuanmu, akomodasi, tarif dan jam operasional transportasi umum, rute dan harga tiket masuk tempat wisata dan lain sebagainya.
Kamu juga dapat menanyakannya pada forum yang relevan, misalnya ke forum backpacker. Atau, jika kamu punya teman yang pernah mengunjungi destinasi liburan yang akan kamu tuju, jangan ragu untuk bertanya pada mereka.
  1. Buat Anggaran lengkap

Anggaran dan rencana perjalanan adalah buku panduanmu selama perjalanan berlangsung. Ingat yaa kamu sendirian. Dalam panduan itu, pastikan kamu sudah mendetilkan rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.
Rencanakan, mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke destinasi yang lainnya. Berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. setidaknya, jika sudah mempunyai panduan tentu kamu akan selalu punya pilihan mau melangkahkan kaki ke mana setelah satu destinasi wisata selesai kamu jelajahi.
  1. Usahakan sampai ke kota tujuan siang hari

Dengan sampainya di tempat tujuan siang hari, kesulitanpun dapat dihindari. Misalnya, kamu tidak kesulitan untuk mencari angkutan umum untuk menuju tempat kamu menginap. Resepsionis penginapan juga pasti buka, jadi kamu gak perlu terpaksa tidur di stasiun atau terminal.
 Jika kamu dijemput dan numpang di tempat orang, setidaknya kamu bisa menghindari rasa tidak enak karena kamu tidak mengganggu jam tidur mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengakali penginapan dengan tidur selama perjalanan di malam hari dan sampai esok harinya. Kota asing yang baru pertama kali kamu singgahi juga terlihat lebih aman di siang hari.
  1. Buat peta kecil

Sesampainya di kota tujuan, hindari terlihat celingukan seperti turis di tempat asing. Bertindaklah layaknya warga lokal yang sudah mengenal medan. Aplikasi map di smartphonemu bisa dipakai sebagai penunjuk arah.
Atau, persiapkan beberapa peta kecil sederhana di secarik kertas notes yang masing-masing menunjukkan arah menuju penginapan maupun tempat-tempat wisata yang akan kamu tuju. Hal ini tentu tidak tampak mencolok, terutama kalau kamu sedang berjalan kaki.
  1. Pisahkan uang tunai dan kartu ATM

Selama jalan-jalan, simpan uang tunai dan kartu debit atau kredit, kalau punya lebih dari satu simpan di tempat yang berbeda, misalnya sembunyikan di sabuk atau kaos kaki. Tinggalkan juga sejumlah uang tunai dan kartu ATM cadangan di dalam tas yang kamu tinggal di loker penginapan.
Seandainya dompetmu hilang atau kecopetan, kamu tidak terlalu panik karena punya cadangannya. Penting juga mempunyai softcopy dan hardcopy dari surat-surat penting, seperti paspor, KTP dan tanda pengenal lainnya. Simpan sebagian hardcopy di keril, dan unggah softcopy ke cloud agar bisa kamu akses dari mana saja.
Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa traveling sendirian secara aman dan nyaman . Tidak ada yang perlu ditakutkan dengan traveling sendirian. Begitu kamu mencobanya, pasti kamu akan ketagihan.
Dari Berbagai Sumber