Tlp SekarangWA Sekarang
Trik Termudah untuk Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan dengan Berbagai Cara

Mesin Mobil via kursusmengemudisurabaya.com

Sebagian orang masih ada yang tidak memperhatikan keadaan mesin kendaraan miliknya. Tiba-tiba suatu saat terdengar suara aneh dari dalam ruang mesin. Baru deh mereka ketar-ketir,takut jika mobilnya mengalami kerusakan. Inilah mengapa mengamankan mesin mobil perlu dijadikan perhatian.

Pengamanan mesin perlu dilakukan secara biasa untuk menjaga kondisinya tetap sempurna. Untuk membantu anda mengamankan mesin mobil kesayangan,pahami dan lakukan cara-cara mudahnya seperti berikut ini.

1.Isi Bensin Sebelum Tangki Kosong

Setiap bentuk bahan bakar memiliki kandungan deposit yang dapat mengendap di bawah tangki bensin. Setelah mobil digunakan selama bertahun-tahun,bahkan deposit itu dapat semakin menebal. Nah,jika anda memaksa mobil tetap berjalan di saat bahan bakar hampir kosong, mesin jadi berpotensi rusak.

Endapan-endapan tersebut dapat terbawa masuk ke dalam mesin bersama sisa bahan bakar. Bentuk bahan bakar dan juga beberapa bagian mesin berpotensi bekerja lebih berat akibat benda asing ini.

2.Ganti Oli Rutin dan Sesuai Kebutuhan

Mengganti oli merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kesehatan mesin mobil. Oli menjaga bagian-bagian mesin yang penting tetap terlumasi supaya mereka tidak terkena overheat saat bekerja terlalu keras.

Jika anda mengabaikan penggantian oli,lambat laun mesin akan mengalami kerusakan permanen.
Selain melindungi mesin mobil lewat penggantian oli,jangan lupa untuk memastikan aturan pendingin di ruang mesin berfungsi baik.

Bentuk pendingin di antarnya yaitu radiator,thermostat,water pump,dan juga coolantSistem antara bagian-bagian pendingin tersebut sangat perlu diperhatikan.

3.Ganti Filter Udara Secara Rutin

Layaknya manusia,mesin mobil juga membutuhkan aliran udara yang cukup. Udara yang dibutuhkan oleh mesin juga harus terhindar dari kotoran dan benda asing lainnya. Itu sebabnya,mengganti filter udara secara teratur perlu dilakukan.

Biasanya filter udara dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Namun kembali lagi pada intensitas pemakaian mobil anda sehari-hari. Semakin sering digunakan,potensi terkena kotoran juga tentu makin tinggi. Waktu penggantian filter juga bisa jadi lebih sering.

4.Perhatikan Indikator Check Engine

Melindungi mesin mobil dari kerusakan dapat juga dilakukan dengan mengecek lampu check engine yang ada pada dashboard. Bila ada indikator yang menyala,segera bawa mobil ke bengkel untuk mengetahui kelainan yang terjadi.
Banyak sekali orang yang mengabaikan tanda ini dan menunda-nunda untuk melakukan pengecekan. Anda jangan jadi salah satu di antaranya ya. Semakin awal mengetahui kerusakan yang terjadi,maka mesin juga dapat terlindungi dengan lebih baik.

5.Pacu Kendaraan Secara Konstan

Berkendara sehari-hari di jalanan perkotaan membuat mobil terus mengalami kondisi rem-gas (stops and startssetiap bertemu kemacetan lalu lintas. Kondisi ini sangat tidak baik pada mesin mobil dan memaksanya untuk bekerja lebih berat.

Supaya kerusakan mesin dapat diminimalisir,usahakan untuk berkendara dengan kecepatan yang relatif konstan. Simpelnya,hal ini dapat dianalogikan dengan seseorang yang berlari.

Ketika ia berlari dengan kecepatan stabil, maka tubuhnya tidak akan mudah lelah sehingga jarak yang ditempuh lebih optimal. Di sisi lain, bila dia berlari kencang lalu dipaksa berhenti dan melambatkan kecepatan,maka tubuh juga akan lebih mudah merasa lelah.

Dari berbagai sumber..