Tlp SekarangWA Sekarang
Trik  Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil Dengan Mudah

Kampas Rem Mobil via autoexpose.org

Rem cakram atau disc brake yaitu tipe rem yang bekerja dengan menjepit piringan oleh dua buah kampas rem. Dari bentuk rem ini lebih sportif tetapi kampas rem cakram cenderung lebih singkat umurnya.

Jika kampas rem cakram sudah habis, maka tindakan perbaikannya yaitu dengan cara melakukan penggantian. Karena mengganti kampas rem cakram mobil itu mudah, andapun pasti bisa melakukannya sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Sebelum anda mengganti kampas rem cakram terlebih dahulu siapkan peralatan yang cukup memadai, yaitu :

  • Satu buah dongkrak portable
  • Kunci ring 14-17
  • Kunci ring roda
  • Satu set kampas rem baru
  • Alat pres piston rem

Setelah perlengakapan tersebut sudah lengkap langkah selanjutnya, yaitu :

1. Pasang Dongkrak mobil hingga roda terangkat

Langkah awal yaitu mendongkrak mobil hingga roda terangkat. Untuk mendongkak mobil anda pasti sudah mahir dalam hal ini.

Pertama posisikan dulu dongkrak hingga pas pada tumpuan. Sebelum mengangkat mobil, kendorkan terlebih dahulu roda depan mobil. Ini bertujuan supaya nanti tidak kesulitan saat melepas roda.

Setelah semua baut kendor (maksimal satu putaran) anda bisa mengangkat mobil atau mendongkak mobil hingga roda mengambang.

2. Lepaskan roda

Jika baut sudah kendor semua, selanjutanya tinggal melepas baut roda hanya dengan tangan. Bandingkan ketika sebelum mendongkrak anda tidak mengendorkan baut roda ini, maka akan lebih sulit karena posisi roda terangkat pasti akan berputar saat kita menekan kunci roda. Setelah baut terlepas semua anda bisa menarik roda dan sistem rem cakram pada roda depan.

3. Buka baut caliper atas dan bawah

Gunakan kunci ring 14 atau beberapa mobil ada pula yang menggunakan baut 12 untuk membuka baut pengikat caliper rem. Saat anda menemui kondisi baut caliper keras untuk dilepaskan, maka caranya yaitu dengan memukul bagian batang kunci. Cara ini setidaknya lebih aman dari pada harus menekan kunci dengan kuat karena itu bisa membuat kepala baut menjadi aus.

4. Lepaskan caliper rem

Setelah dua baut caliper tadi berhasil anda lepaskan, langkah berikutnya anda hanya tinggal menarik caliper rem kearah luar. Mungkin akan sedikit keras karena posisi piston masih menempel terhadap kampas.

Tekniknya, anda bisa menarik caliper ini dari sisi atas dan bawah secara bergantian. Cara ini membuat caliper seolah terungkit dari dua sisi secara bergantian sehingga posisinya semakin keluar.

5. Lepaskan bantalan rem

Setelah caliper berhasil dilepas, letakan caliper tersebut dibagian suspensi mobil. karena masih ada selang hidrolis yang terhubung sehingga kita tidak bisa menjauhkan caliper dari area ini.

Ketika kampas rem sudah bisa anda lepaskan menggunakan tangan. Anda bisa cek dahulu apakah kampas rem benar-benar tipis sehingga perlu dilakukan penggantian.

Hal lain yang dapat anda lakukan saat ini adalah membersihkan bagian piringan rem. Saat caliper terlepas dari bagian piringan rem bisa terlihat. Hal ini bisa kita gunakan untuk membersihkannya. Gunakan brake cleaner untuk membersihkan debu, oli, atau cecean grease dari permukaan piringan.

Jika anda tidak memiliki brake cleaner, anda bisa menggantinya dengan air bersih.

6. pasangkan kampas rem

Setelah selesai di bersihkan, anda langsung pasang kampas rem. Biasanya antara kampas bagian dalam dan luar memiliki perbedaan. Kampas bagian dalam biasanya memiliki lempengan seng yang menuju kearah piringan. Lempengan ini disebut brake wear indicator yang akan memberitahu kalau kondisi kampas rem sudah hampir habis.

Tetapi kalau kedua kampas ini sama tidak dilengkapi dengan brake wear maka anda bisa memasangkannya secara bersimpangan.

7. Masukan piston kedalam caliper

Langkah selanjutnya, sesuaikan celah piston dengan kampas rem baru. Pada sistem rem cakram, celah rem itu diatur secara otomatis, sehingga ketika kampas rem tipis maka piston didalam caliper akan lebih menonjol/keluar.

Kalau kita pasangkan caliper ini dengan kampas yang lebih tebal, maka caliper tidak akan masuk karena terhalang oleh piston yang menonjol. Sebaiknya anda dorong piston kembali kedalam caliper supaya permukaanya rata.

Caranya dengan menggunakan brake caliper pressing tool, yaitu pertama letakan dua buah kampas rem bekas diatas piston lalu gunakan dua batang untuk mengungkit kampas rem tersebut dengan kuat. Hal ini akan membuat piston terdorong kedalam caliper.

8. Pasang caliper dan kencangkan baut caliper

Setelah piston didalam caliper sudah di sesuaikan, langsung pasang caliper ke piringan dengan posisi sebelumnya. pasang juga baut caliper dan kencangkan dengan kekencangan sesuai spesifikasi, jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan baut patah.

9. Pasang ban dan turunkan dongkrak

Langkah terakhir yaitu menurunkan dongkrak, dan mengencangkan baut roda dengan kekencangan sesuai spesifikasi.

Dari berbagai sumber.