Tlp SekarangWA Sekarang
Trik Aman Mengendarai Mobil Pada Malam hari

Mengendarai Malam hari Via camargus.com

Mengendarai mobil pada malam hari umumnya sama saja seperti kita mengendarai mobil pada siang hari. Dua kondisi tersebut sama-sama memerlukan konsentrasi yang tinggi, Wajib waspada dan berhati-hati. Akan tetapi, keadaan malam hari pastinya gelap dan bila kurangnya pencahayaan pada jalanan akan mengakibatkan resiko yang tidak kita inginkan.

Malam hari yang gelap membuat jarak pandang pengelihatan menjadi terbatas. Apalagi ketika kita sudah mulai kelelahan hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap konsentrasi. Dengan menggunakan lampu utama dapat membantu kita dalam mengemudi mobil.

Akan tetapi, dengan keadaan jalanan yang gelap maka lampu mobil yang kita pakai dan lampu dari mobil lain berada di depan maupun yang ada di belakang kita terkadang akan membuat kita merasa terganggu serta tidak berkonsentrasi. Apabila lampu sangat terang pastinya akan sangat mengganggu Anda. Berikut ini ada beberapa Trik  aman mengendarai mobil di malam hari untuk anda.

Langsung saja simak berikut ini :

  • Mempersiapkan Mobil

Sebelum berangkat pastikan terlebih dahulu bahwa mobil telah siap untuk melakukan perjalanan pada malam hari. Seperti lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, semuanya harus menyala dengan normal. Serta periksa juga mesin mobil, rem mobil, ban mobil dan persiapkan juga ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, kaca-kaca mobilpun harus bersih baik luar ataupun dalam.
Semua itu harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Agar tidak mengganggu pemandangan ketika Anda mengemudi mobil, kaca mobil harus dibersihkan terlebih dahulu. Pandangan jarak jauh dapat terganggu apabila kaca mobil buram dan terlihat kotor.
Oleh karena itu, apabila hendak mengemudi di malam hari sebaiknya membersihkan kaca mobil terlebih dahulu agar pandangan kita bisa terlihat dengan jelas. Nah untuk mengantisipasi, usahakan penampung pembersih kaca selalu terisi. Sebaiknya isi penampung pembersih kaca dengan cairan pembersih yang khusus untuk kaca mobil.
  • Kondisi Mobil

Pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih. Mobil yang bersih tentunya akan membuat Anda merasa nyaman saat mengemudi. Apabila cat mobil tidak terdapat kotoran, seperti debu yang menempel pada mobil maka hal ini akan membuat pemantulan cahaya dari lampu mobil menjadi baik.
Sehingga pengemudi mobil lainnya bisa mengetahui dengan jelas keberadaan mobil anda serta bisa menjaga jarak antara mobil Anda dengan mobilnya khususnya ketika akan memotong jalan.
  • Arah Lampu Mobil

memastikan ketepatan arah lampu depan agar tidak membuat pengendara lain terkena silauan sehingga mengurangi konsentrasi untuk mengemudi. Atur sedemikian rupa sorotan lampu agar optimal. Banyak pengguna mobil yang mempunyai lampu mobil dengan kadar yang tinggi. Baik itu lampu yang memiliki kadar rendah maupun tinggi ke atas.
Jika lampu terlalu rendah, maka akan mempeengaruhi penglihatan anda dan tidak bisa melihat jalanan dengan jelas. Tetapi, Apabila lampu terlalu tinggi ke atas, hal ini akan menganggu pengemudi lainnya, apalagi ketika berlawanan arah. Alangkah baiknya jika Anda ke bengkel terpercaya untuk mengatur ketinggian lampu mobil Anda tersebut.
Agar aman dan pandangan jarak terlihat dengan jelas, sebaiknya menggunakan lampu yang pencahayaannya baik serta berkualitas.
  • Hindari Merokok Dan Minum Alkohol

Mengendarai mobil sebaiknya hindari merokok apalagi mengonsumsi alkohol, Karena hal tersebut dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk yang mungkin akan terjadi pada diri Anda. Bahayanya, didalam rokok terkandung nikotin dan karbon monoksida yang dikeluarkan melalui asap rokok dan ini akan menyebabkan pengelihatan menjadi buram.
Sebelum berkendara pada malam hari, sebaiknya pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit dan tidak mengonsumsi alkohol maupun merokok.
  • Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan

Menyalakan lampu jauh, Apabila Anda merasa ragu-ragu jika ada sesuatu hal yang ada di depan pada saat mobil Anda berjalan sendirian, sebaiknya nyalakan lampu jauh. Hal ini bertujuan untuk membantu kita bisa melihat jarak pandangan dengan jelas. Bukan hanya itu saja, lampu jauh juga digunakan untuk membuat pengendara mobil lainnya mengetahui dari kejauhan bahwa ada kendaraan kita yang sedang melaju.
  • Perlambat Dan Jaga Jarak

Mengemudi mobil pada malam hari tentu akan terasa berbeda saat  mengemudi siang hari. Pada malam hari untuk mengukur jarak mobil yang lain akan sangat sulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menambah jarak antara mobil depan atau belakang Anda serta mengurangi kecepatan. Sebelum terjadinya pengereman mendadak buat persiapan atau ancang-ancang untuk diri Anda.
  • Tidak Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh

Apabila Anda memasang lampu jauh secara sembarangan,  jika ada mobil lain di depan Anda, maka akan membuat pengendara lainnya merasa terganggu karena kesilauan lampu tersebut. Dan jangan menyalakan lampu jauh ketika berada di belakang mobil lain. Karena hal ini bisa membuat mobil di depan kita menjadi silau akibat dari pantulan lampu tersebut pada kaca spion.
  • Sorotan Lampu

Terkadang sorotan lampu kendaraan lain yang ada di depan mobil sering menyilaukan pengelihatan. Oleh karena itu kita jangan memandang ke depan, namun tetap memandang kearah sisi kiri jalan sebagai panduan agar mata kita tidak dibutakan oleh lampu mobil tersebut. Dengan terjadinya hal tersebut kita harus tetap konsentrasi penuh dalam mengendarai mobil agar perjalanan menjadi aman.
  • Memakirkan Mobil

Carilah tempat yang terang. Jangan pernah sekali-kali meninggalkan barang-barang berharga milik Anda yang dapat terlihat dari kaca luar mobil. Pastikan mobil anda terkunci dengan rapat dan cek secara detail sebelum Anda pergi meninggalkan mobil di tempat parkir. Kemudian periksa jok belakang mobil karena bisa saja ada orang yang menyelinap masuk yang nantinya akan melakukan tindakan kejahatan.
  • Persiapkan Diri

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena menyangkut keselamatan diri sendiri. Dalam kondisi apapun kita harus selalu siap untuk menghadapinya. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, usahakan untuk tidak panik.
Karena panik dapat membuat kita menjadi tidak tenang dan gelisah sehingga kita tidak dapat berpikir dengan baik bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Persiapkan segala sesuatu yang harus kita bawa untuk melindungi diri kita dari ancaman tindakan kejahatan.
Dari Berbagai Sumber