Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Saat Rem Mobil Blong Ketika Mengendarai

Orang Panik via rockingmama.id

Pernahkah anda membaca berita di koran ada kecelakaan akibat rem blong ? pastinya sudah pernah bukan ? tentunya ini menjadi salah satu perhatian bagi para pengendara agar selalu berhati – hati. Upaya yang di lakukan untuk mencegah rem blong mendadak yaitu dengan cara melakukan pengecekan terhadap komponen rem secara rutin.

Namun kondisi rem blong saat kita mengendarai bisa saja terjadi. Nah jika terjadi seperti ini ketenangan pengemudi serta skill pengemudi yang berpengalaman di uji di sini agar terhindar dari hal – hal yang tidak di inginkan. Bukan berarti pemula hanya diam saja dan pasrah tentunya untuk para pemula anda harus mempelajari dan mengigat apa saja yang harus di lakukan saat seperti itu.

Nah di sini saya akan memberikan tips nya :

Tips Saat Ram Mobil blong

Hal yang paling mungkin untuk dilakukan saat mobil mengalami rem blong adalah dengan menggunakan engine brake. Cara ini akan mengurangi kecepatan meski secara perlahan dan tidak bisa berhenti mendadak. Saat kecepatan menurun, maka anda dapat mulai menepikan mobil dan membiarkan mobil berhenti dengan sendirinya. Jika memungkinkan dan memang tersedia, anda dapat memanfaatkan area darurat untuk menghentikan mobil yang mengalami rem blong yang biasanya tersedia di wilayah turunan tajam.

Selain itu, anda juga bisa membantu mengurangi kecepatan mobil dengan menggunakan rem tangan atau rem parkir. Akan tetapi agar tidak terlalu berbahaya, tarik rem tangan secara perlahan. Jangan mendadak menarik secara penuh karena justru akan membahayakan kendaraan yang ada di belakang anda.

Cara di atas ialah langkah yang mungkin dapat di lakukan saat rem blong. Pastikan juga keadaan lalu lintas di sekitar anda agar dalam menghentikan mobil tidak menyebabkan resiko yang lebih besar.

Penyebab Rem Mobil Blong

Penyebab rem mobil blong sebagian besar karena kanvas rem mobil yang sudah habis / menipis atau juga bisa dikarenakan saluran minyak rem yang bocor. Jika kanvas rem mobil habis, biasanya terasa saat mengerem ada gesekan kasar. Ini terjadi karena kaliper bergesekang langsung dengan piringan rem. Terkadang terdengar juga gesekan logam saat pengereman di lakukan. Adapun jika piringan rem sudah tidak rata, bisa juga membuat mobil bergetar saat mengerem.

Untuk saluran minyak rem, kebocoran umumnya terjadi di selang yang sudah tua. Jika tidak terlihat, mungkin ada pecah / bocor rambut yang sangat halus dan tak terlihat jika tidak dilakukan pengecekan secara teliti. Selain itu, seal karet pada reservoir yang sudah tua juga bisa menjadi getas sehingga sudah tidak bisa menutup rapat lagi.

Nah itu saja yang bisa saya informasikan walaupun tidak lengkap. Selalu rajin mengecek komponen kendaraan anda ya gan agar mengemudi menjadi aman dan nyaman. Sekian terima kasih.