Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Memilih Mobil Keluarga

                                          Tips Mobil Keluarga Via mobilkamu.com

GADAIBPKBMOBIL.COM, Mempunyai sebuah mobil keluarga merupakan dambaan dan impian setiap keluarga. Mobil keluarga atau sering kita sebut dengan istilah mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) sedang mendominasi pilihan masyarakat Indonesia hingga saat ini, dibuktikan dengan tingginya penjualan jenis mobil ini yang terus bertambah setiap tahunnya.

Kapasitas luas yang dapat  menampung banyak seringkali menjadi salah satu alasan untuk memilih, selain itu juga ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan tentunya lebih nyaman bagi  penggunanya.

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Banyak merk, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Tidak heran dengan banyaknya pilihan, akan membuat kita sebagai konsumen kesulitan untuk memilih mobil yang tepat dan juga sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Hal ini tentunya harus dipikirkan secara cermat dan perlu pertimbangan secara matang dalam memutuskannya.

Lantas, bagaimana cara memilih mobil keluarga yang sesuai untuk kebutuhan keluarga Anda? Jika Anda ingin membeli mobil keluarga dan masih ragu atau belum menjatuhkan pilihan pada mobil mana yang ingin Anda pilih, alangkah  baiknya anda pertimbangkan beberapa tips berikut ini:

1. Hitung Jumlah Penumpang

Jumlah tempat duduk dalam sebuah mobil merupakan pertimbangan paling utama dalam memilih mobil keluarga. Mobil keluarga juga wajib memiliki kemampuan untuk menampung semua anggota keluarga. Dan Pertimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh dan pembantu jika sewaktu-waktu anda harus mengajak mereka ikut serta saat bepergian dengan keluarga.

Sebagai pedoman dasar yang harus Anda pahami, biasanya mobil dengan memiliki 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 orang atau bahkan lebih banyak anak.

2. Tentukan Kapasitas Mesin Mobil

kedua yang wajib Anda perhatikan adalah menentukan kapasitas mesin. Kualitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin misalnya saja 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dan lain-lain. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc) dan akan semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut.

Tentunya selain Anda menginginkan mobil bagus, anda juga wajib memiliki  kemampuan menyetir agar maksimal dalam penggunanya.

3. Memperhitungkan Sistem Transmisi

Umumnya ada dua macam sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan juga transmisi otomatis. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memilih mobil jenis matik yang sedikit lebih mahal namun lebih mudah dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya.

Dengan begitu Anda akan memahami mobil jenis apa yang saat ini paling dibutuhkan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

4. Kenali Bahan Bakar

Biaya bahan bakar adalah salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil pada setiap liter konsumsi bahan bakar.

Makin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya maka akan semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini Anda dapat lebih mudah untuk mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

5. Perhatikan Fitur Keselamatan

Yang terpenting dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti Seat belt (sabuk pengaman) sebaiknya terdapat pada semua tempat duduk penumpang, juga pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan dapat lebih aman bagi anak kecil.

Faktanya  beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Karena komponen yang mendukung bagi keselamatan adalah Elemen  wajib yang harus ada pada sebuah mobil.

6. Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan dalam mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah terutama saat menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Mobil yang bisa disebut nyaman wajib memenuhi beberapa hal diantaranya seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

7. Pertimbangkan Kesiapan Layanan Purna Jual

Layanan purna jual merupakan jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan untuk produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual amat sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya service resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi.

Mobil dengan merk yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini menjadi penting karena apabila Anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan yang telah ditawarkan.

8. Perhitungkan Biaya Perawatan

Anda sebaiknya mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang Anda minati dengan mobil lain yang sejenis. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya.

Karena pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan terlebih dahulu biaya perawatan yang akan dikeluarkan oleh anda nantinya.

9. Pertimbangkan Nilai Jual Mobil

Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama dapat memiliki harga jual kembali atau harga jual bekas yang berbeda. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, saat Anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin adakalanya Anda merasa bosan, atau memaksa Anda untuk menjual mobil tersebut karena kebutuhan yang mendesak, dengan begitu Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menjualnya.

10. Sesuaikan Keinginan dengan Kondisi Keuangan

Hakikatnya setiap orang mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan ideal. Namun sebaiknya Anda memilih mobil dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan anda saat ini. Sebuah mobil mungkin bisa sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal jika dicermati mobil pasti akan berkurang nilainya dengan seiring berjalannya waktu.

Jangan sampai membeli mobil karena hanya menuruti emosi atau gengsi semata, melainkan belilah sebuah mobil yang Anda paling butuhkan juga sesuai dengan kemampuan Anda saat itu.

11. Melakukan Test Drive

Untuk memastikan sebuah mobil memenuhi kriteria yang diinginkan, Anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajaklah anggota keluarga Anda untuk mencoba mobil yang Anda minati agar bisa memastikan mereka juga suka atau tidak terhadap mobil tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber. (SFD)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755