Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Memilih Bengkel Mobil yang Bagus dan Berkualitas

Bengkel Mobil via wikiaskblog.com

 

Perawatan merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan sebagai pengendara, baik itu motor maupun mobil. Jika tidak dirawat dengan dibawa ke bengkel secara teratur, lama kelamaan kendaraan akan menjadi rusak. Tentunya harus teliti dalam memilih tempat servis untuk kendaraannya, agar terhindar dari masalah atau kerusakan pada kendaraan. Salah satu tipsnya dapat memilih bengkel otomotif yang bagus dan berkualitas.

Bengkel otomotif saat ini bisa dengan mudah kita temui, baik itu bengkel mobil maupun motor, mulai dari yang resmi sampai bengkel biasa. Semua dapat menjanjikan kualitas service terbaik, dan sebagai konsumen seringkali tidak mau ambil pusing mengenai hal itu bengkel yang paling dekat dengan rumah biasanya itu yang akan menjadi pilihan utama.

Memilih bengkel otomotif harus dilakukan dengan hati-hati agar didapat hasil sesuai dengan harapan, informasi otomotif mengenai bengkel – bengkel mobil dan motor bisa dengan mudah di dapat melalui internet dan tabloid –tabloid otomotif. Perhatikan pembuktian dari para pecinta otomotif semakin baik kualitasnya maka akan semakin banyak referensi positif yang beredar.

Jika memiliki kendaraan pribadi tentu tidak akan terpisah dengan bengkel. Bengkel adalah tempat untuk memperbaiki kendaraan saat rusak. Tidak hanya saat rusak saja tetapi juga untuk menservis agar kinerjanya tetap bagus. Saat ini ada banyak sekali perusahaan bengkel yang sudah berdiri.

Ada banyak tips untuk mengetahui ciri bengkel yang baik atau tidak. Beberapa tips memilih bengkel mobil yang bagus dan berkualitas antara lain:

  1. Bengkel yang baik adalah bengkel yang memiliki pelayanan menyenangkan selama datang untuk menikmati jasanya. Pelayanan terbaik tidak hanya pada mobil saja tetapi juga pada konsumennya. Pelayanan baik ini bisa bersifat keramahan dari pihak bengkel tersebut.

  2. Bengkel yang berkualitas hanya menggunakan komponen terbaik dan sesuai dengan standar. Jadi tidak membuat rusak penggunanya.

  3. Bengkel yang baik tentunya memiliki teknisi-teknisi yang berpengalaman bekerja sesuai dengan standar operasional pekerjaan.

Selain ciri diatas, ada lagi ciri lain dari sebuah bengkel otomotif yang baik. Misalnya memberikan garansi service kepada pelanggannya. Jadi apabila sebelum tenggang waktu yang ditentukan terjadi kerusakan lagi, maka bisa mengembalikannya ke bengkel itu lagi tanpa dipungut biaya apapun.

Diharapkan setelah mengetahui hal tersebut bisa lebih berhati-hati dalam memilih bengkel. Karena jika salah memilih bengkel bisa berpengaruh terhadap kinerja mobil atau kendaraan yang digunakan.

Selain itu memilih bengkel yang baik juga bisa bermanfaat untuk menjaga kekuatan kendaraan yang dimiliki. Jika bengkel yang dipilih tidak berkualitas, bisa diperkirakan kerusakan akan cepat terjadi pada mobil.

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya harus mengetahui tips mencari dan memilih bengkel yang bagus dan berkualitas. Ada dua jenis bengkel yang bisa ditemui bengkel umum dan bengkel resmi. Untuk harga, bengkel umum memang jauh lebih murah dibandingkan bengkel resmi. Namun kualitas yang ditawarkan bengkel resmi memang lebih terpercaya dibandingkan dengan bengkel umum yang tidak berlisensi.

  1. Perhatikan

Bandingkan mana bengkel yang bagus dan tidak dengan melihat dari berbagai fasilitas dan fitur yang berkualitas pula. Jika merasa ragu, tanyakan hal ini pada diri sendiri, dapatkah bengkel yang bagus memiliki tempat yang kotor, ruang tunggu yang sempit dan tidak tertata dengan rapi, teknisi yang terlihat tidak professional, komponen terbatas, surat izin yang tidak jelas, dan hal-hal lain yang bisa merusak citra sebuah tempat ‘berkualitas’.

  1. Sistem kerja

Dari cara pengerjaan dan pelayanan pun seharusnya sudah bisa menilai apakah bengkel tersebut merupakan bengkel yang mahir atau tidak. Perhatikan bagaimana pekerja dan karyawan di bengkel tersebut menanggapinya. Biasanya bengkel yang bagus memiliki komponen yang lengkap dan peralatan berteknologi tinggi. Dari segi harga juga bisa dipertimbangkan, di mana biasanya bengkel yang bagus tidak akan sembarangan memberi harga yang terlalu murah atau mahal, karena mereka mengikuti sistem yang sudah ada.

  1. Tanyakan pada kenalan-kenalan sekitar

Jika merasa bingung untuk mencari bengkel yang bagus, dapat menanyakan orang-orang yang memiliki kendaraan pula, contohnya teman kerja ataupun keluarga. Dapat diketahui bengkel mana yang paling banyak digunakan maupun disebut oleh orang-orang yang sudah ditanyakan. Tanya juga mengapa mereka menyebut tempat tersebut. Dengan begitu, sudah mengetahui bagaimana tips memilih bengkel yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanya. Jika tidak ada yang bisa ditanyakan, bisa lihat review orang-orang di Google.

  1. Lihat hasilnya

Puaskah dengan hasil yang diberikan bengkel yang sudah dipilih? Jika iya, bengkel tersebut memang bengkel berkualitas yang bisa dikunjungi di kemudian hari. Melihat hasil yang diberikan kepada pelanggan lainnya untuk dapat dijadikan penilaian. Lihat jika kendaraan yang mereka servis memang diservis dengan sesuai.

Jika berhasil memilih bengkel berkualitas yang cocok, jangan lupa mintakan catatan servis, sehingga di kemudian hari, tidak harus ragu untuk memilih bengkel lagi dan dengan mengikuti cara-cara yang disebutkan di atas, tidak harus pusing berganti-ganti bengkel yang tepat.

 

 

 

 

Dari berbagai sumber