Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Memanaskan Mobil Dalam Satu Menit Sebelum Digunakan

Mobil Kunci via bengkelmobil.otomotif-bandung.com

Memanaskan mobil sangat diperlukan baik bagi mobil baru maupun mobil lama, untuk mempersiapkan mesin ke kondisi maksimal terutama pada pagi hari sebelum melakukan perjalanan.

Apabila tidak memanaskan mobil maka tidak masalah, akan tetapi mobil tidak aman dipakai seperti misalnya mobil bisa brebet, kadang-kadang juga bisa mati mesinnya di jalan setelah mobil berjalan beberapa puluhan meter atau lebih-lebih bisa terjadi mogok dijalanan yang sepi pengendara. Hal-hal yang demikian harus kita waspadai terlebih sebelum melakukan perjalanan agar keselamatan menjadi kunci yang utama bagi diri kita sendiri.

Sebaliknya, apabila memanaskan mobil sebelum digunakan akan tercapai beberapa manfaat seperti mesin akan dalam kondisi bagus untuk siap berjalan. Dimana mesin mobil akan bekerja pada suhu optimal sekitar 80 derajat celsius. Pada pagi hari waktu kondisi suhu udara sangat dingin maka suhu mesin juga berkisar di angka 20 derajat sehingga tidak dalam kondisi yang maksimal untuk dilajukan

  1. Berapa lama memanaskan mobil?

Untuk mobil-mobil tahun 2000an keatas (yang lebih muda) waktu ideal memanaskan mesin mobil adalah 1-2 menit saja sudah cukup.

Sementara untuk mobil dibawah tahun 2000an waktu memanaskan mesin mobil antara 5 sampai 10 menit.

Alasan mengapa ada perbedaan seperti ini karena teknologi pembuatan mesin mobil sebelum tahun 2000 an masih terbilang lampau, sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk menyiapkan kondisi mesin dalam keadaan optimal. Sebaliknya mobil baru melaju maka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai kondisi mesin yang sempurna.

  1. Cara memanaskan mobil

Masukkan gigi ke netral

Nyalakan mesin mobil dengan memutar kontak sampai mesin menyala.

Saat mulai menyala mobil akan sedikit brebet, maka injakanlah pedal gas agar mesin mobil tetap hidup (tidak mati lagi).

Menginjak pedal gas dengan cara seperti di pompa dengan halus (seperti saat menjalankan mobil). Tujuan memacu dengan mengegas atau menjalankan mesin gas sampai berulang-ulang adalah mempercepat mesin stasioner dan supaya aki terisi, karena aki akan terisi jika gas mencapai RPM 3500 ke atas. Tetapi yang perlu diperhatikan saat memacu adalah jangan sampai RPM mobil menyentuh angka 6000 Rpm, karena bisa berbahaya terhadap mesin.

Pakai pedoman durasi memanaskan 1-2 menit untuk mobil baru, dan 5-10 menit untuk mobil yang sudah berusia lama/tua.

Jika mesin sudah dianggap stabil dan siap dijalankan maka jalankan mobil dengan pelan – pelan lebih dulu: masukkan transmisi ke gigi 1 lalu injak gas pelan-pelan sambil lepaskan kopling. menjalankan mobil dengan kecepatan rendah 30-40 km/ jam, dan memakai gigi 1-3 bisa sewaktu-waktu dibutuhkan saat berkendara.

 

 

Dari berbagai sumber