Tlp SekarangSMS/Simulasi

Tips Aman Sebelum Beli Mobil Baru Dan Bekas

Impian untuk membeli mobil memang banyak terpikir di pikiran banyak orang, terutama mereka yang mempunyai penghasilan yang relatif cukup. Dewasa ini dengan semakin bertambahnya masyarakat kelas menengah di Indonesia untuk memiliki mobil bukan lagi suatu barang yang mahal dibanding puluhan tahun yang lalu. Dulu hanya orang-orang tertentu yang bisa mempunyai mobil di kota Anda, namun saat ini kalangan menengah kebawah pun sudah mampu dan mudah membeli mobil meskipun melalui kredit kepemilikan kendaraan di bank atau lembaga-lembaga kredit. Situasi ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengendara mobil di jalanan, khususnya di kota-kota besar dan kota menengah lainnya yang kini mulai ikut mengalami kemacetan kronis seperti di kota Jakarta, Surabaya, Bandung serta Yogyakarta.

Dilihat dari pertumbuhannya, perkembangan industri otomotif di Indonesia berjalan cukup pesat tetapi sayang tidak disertai pembangunan infrastruktur yang memadai dan seimbang. Sehingga kemacetan mulai menjalar kemana-mana. Jika Anda ingin membeli mobil ada dua pilihan yang perlu diperhatikan yaitu membeli mobil baru atau membeli mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau tetapi dengan kualitas tidak sebaik dan seistimewa mobil baru. Berikut ini kami himpun 3 (tiga) Tips Aman Sebelum Beli Mobil Baru Dan Bekas.

Baca juga:

1. Belilah Mobil Sesuai Kebutuhan
Ketika Anda pertama kali memastikan untuk membeli mobil, pastikan Anda mempunyai spesifikasi yang sesuai. Tentukan model mobil dan fitur kelengkapannya serta cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda kecewa karena tidak teliti, harganya tidak mampu terbeli atau tidak mampu melunasinya dikemudian hari karena salah pilih saat membeli mobil. Bila anda mempunyai keluarga besar, keluarga kecil atau pengusaha muda pilihlah kendaraan yang spesifikasinya memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Untuk kebutuhan keluarga besar pilihan bisa jatuh ke mobil dengan tiga baris tempat duduk seperti Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina, Nissan Serena, Honda Stream, Suzuki Ertiga, Chefrolet Spin, Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero. Tapi apapun jenis kendaraannya, pastikan kendaran yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, dapat mengakomodasi keperluan keluarga dan sesuai isi kantong Anda tentunya.

Hindari keputusan yang kurang bijak, karena terkadang bagi para pembeli pemula mereka hanya sekedar melihat dari modelnya saja sedang menjadi tren, yang dianggap menarik dan sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki tapi dikemudian hari menyesal dengan pilihannya. Sedangkan untuk membeli mobil baru, yang biasanya ingin memiliki untuk kali pertama baiknya Anda harus banyak memperhatikan hal-hal yang penting untuk dijadikan referensi agar tidak menyesal setelah mendapatkan mobil yang diinginkan.

2. Kondisi Mobil
Saat Anda mengambil keputusan untuk membeli mobil baru biasanya tidak banyak menghadapi banyak persoalan, karena kondisi interior eksterior dan kualitas mobil baru sudah terjamin lolos quality control, masih bergaransi dan biasanya langsung dicover asuransi all risk selama tiga tahun jika Anda membeli secara kredit. Anda hanya perhatikan PPnBM dan pajak tahunan mobil tersebut apakah cocok dengan kantong. Karena Anda harus cukup jeli untuk membandingkan harga mobil. Terkadang untuk jenis mobil dengan harga yang sama, pajak yang dibebankan bisa jauh berbeda.

Namun persoalannya tidak sama jika Anda mengambil keputusan untuk beli mobil bekas, pastinya banyak hal yang harus dijadikan perhatian. Pastikan Anda sudah mengetahui tentang harga pasaran mobil tersebut, pajak tahunan apakah masih panjang, kemudahan sparepart, harga jual kembali serta keunggulan dan kekurangan mobil yang ingin Anda beli. Disarankan jika Anda kurang begitu paham ketika ingin membeli mobil bekas baiknya bawalah rekan, kerabat atau kenalan montir yang sedikitnya mengetahui tentang dasar-dasar mekanikal atau permesinan untuk diminta saran dan referensi. Dan jangan lupa untuk lebih meyakinkan keputusan Anda ketika sudah memilih mobil yang diinginkan lakukan uji pengendaraan atau test drive.

3. Perbandingan Harga
Jelas Anda inginkan harga mobil yang cocok dengan isi kantong, model bagus dan berkualitas prima. Jika Anda memutuskan membeli mobil baru atau bekas secara kredit sebelum membeli ada baiknya Anda tentukan anggaran dan siapkan dana minimun (DP) 20 persen dari harga mobil. Lakukan survey terlebih dulu pada sebagian dealer atau showroom mobil di kota Anda karena sudah kita ketahui bersama harga mobil dengan model dan tipe yang sama disetiap dealer atau showroom mungkin harga yang dijual dan nilai DP tidak sama. Jika harga dan model sudah cocok, carilah lembaga pembiayaan terpercaya dengan tingkat suku bunga yang terbaik dan rasional. Jangan asal percaya dengan iming-iming dengan bunga nol persen dan lain sebagainya, karena bisa jadi ketika dihitung-hitung kembali menjadi berbeda. Selamat membeli mobil!

598 total views, 1 views today