Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik  Mengganti Ban Serep Pada Kendaraan Mobil

Ganti Ban via bangka.tribunnews.com

Bagi anda yang baru bisa mengemudi mobil sendiri, pastinya masih banyak hal yang harus dipelajari untuk kenyamanan dalam melaksanakan perjalanan. Salah satunya yaitu tentang bagaimana teknik mengganti ban mobil sendiri. Hal ini sangat penting kalau suatu saat mendadak ban kempes atau bocor saat di perjalanan.

Mengganti ban mobil sebetulnya tidak sulit. Selama ada peralatan yang dibutuhkan dan tahu bagaimana cara memutar baut, teknik mengganti ban bisa dipelajari dengan cepat. Akan tetapi bagi anda yang belum bisa bagaimana teknik mengganti ban serep, anda tidak perlu khawatir.

Di bawah ini ada beberapa teknik mengganti ban serep pada kendaraan mobil, yaitu :

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Pastinya anda tidak dapat mengganti ban tanpa peralatan yang memadai. Setelah  posisi kendaraan anda aman jangan lupa pasang lampu hazard. Setelah itu anda perlu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan mulai dari kunci roda, dongkrak hingga ban serep.

Ketiga peralatan tersebut harus selalu dibawa dan siap di dalam bagasi anda. Dan ketika ban mobil anda bocor secra mendadak anda tak perlu khawatir karena peralatan sudah di sediakan.

Sebaiknya persiapkan dan letakkan semua peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Ini dilakukan supaya nantinya Anda tidak perlu bolak-balik saat membutuhkan peralatan tersebut.

2. Pasang Dongkrak Mobil

Memasang dongkrak ada teknik tersendiri, selain memasang dongkrak di dekat ban yang akan diganti, pastikan posisi untuk memasang dongkrak pada struktur yang kokoh. Titik terbaik untuk memasang dongkrak yaitu pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda. Selain itu pastikan juga dongkrak sudah berada dalam posisi tegak lurus. Selanjutnya angkat ban dengan dongkrak tersebut hingga ban terangkat.

Jangan lupa pada saat mengangkat mobil dengan dongkrak perhatikan posisi dongkrak. Jika dongkrak terlihat miring, jangan dipaksakan. Segera turunkan dongkrak dan atur ulang posisi dongkrak tersebut.

3.  Memasang Baut Pada Kendaraan Ban Mobil

Untuk melonggarkan baut, sebelum membuka penutup lubang baut jika ada. Tutup penutup dengan obeng dan putar sekrup berlawanan arah jarum jam. cara untuk melonggarkan baut dengan mudah yaitu melonggarkan baut yang berlawanan. Ulangi cara ini sampai semua baut longgar. Tapi ingat, Pada tahap ini pastikan baut ban tidak bisa dilepas.

 4.  Buka Ban Bolt

Setelah ban terangkat, anda bisa mulai membuka baut ban hingga terlepas seluruhnya. Jangan lupa untuk menyimpan baut tersebut. Lepas ban dari tempatnya dan letakkan ban pada tempat yang aman. Pastikan meletakkan ban pada posisi tidur supaya ban tersebut tidak menggelicir.

5.  Pasang Ban Serep Pada Kendaraan Mobil Anda

Ambil ban serep dan pasang pada posisinya. Pastikan ban tersebut terpasang dengan benar. teknik mengganti ban mobil, anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyangkan. Karena dengan cara ini akan memudahkan anda memperoleh posisi yang tepat. Dengan cara ini, tentunya tenaga yang dikeluarkan tidak begitu untuk mengganti ban mobil anda.

Jika ban sudah terpasang pada posisi yang tepat, pasang baut dengan cara yang sama saat Anda mengendurkannya. Pasang baut satu per satu dengan cara bersebrangan. Tidak perlu mengencangkannya kuat-kuat. Cukup pasang hingga baut terasa mantap dan cukup keras.

6.  Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Setelah Ban mobil anda terpasang dan baut juga sudah berada di posisinya semula. Selanjutnya, anda bisa mulai menurunkan dongkrak. Pastikan menurunkan dongkrak secara perlahan. Jika ban sudah sampai ke tanah, lepas dongkrak dan kencangkan baut satu per satu.

Kencangkan dengan menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya yaitu dengan pola bersilang. Dan pastikan semua baut terpasang dengan kencang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan kaki untuk lebih meyakinkan.

Saat mengencangkan baut, pastikan kunci roda sudah terpasang dengan baik. Memutar kunci roda yang tidak terpasang dengan sempurna akan menyebabkan baut tersebut rusak.

Dari berbagai sumber.