Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik Mengemudi Mobil

                                      Teknik Mengemudi Mobil via dgspeak.com

Teknik Mengemudi Mobil  Semakin padatnya kondisi lalu lintas yang ditambah dengan kemacetan, memang membuat model berkendara menjadi berhenti dan pergi. bila menggunakan mobil dengan transmisi manual, maka dipastikan kaki akan cepat lelah karena harus sering menginjak pedal kopling dalam-dalam. keadaan hal  yang kemudian membuat mobil dengan transmisi matic semakin diminati. Apalagi ditambah dengan semakin baiknya teknologi transmisi otomatis pada mobil. buat yang sudah terbiasa mengemudi mobil matic tentu beranggapan bahwa mengemudi mobil matic itu sangat mudah.

Namun tidak demikian dengan mereka yang terbiasa mengemudi mobil manual, atau juga yang baru akan belajar mengemudi mobil. Masih dibutuhkan proses adaptasi dan pembelajaran tentang bagaimana cara mengemudi mobil matic yang benar. Sebenarnya, pada buku manual tentu dijelaskan beberapa fitur penting yang ada pada mobil matic anda sebelum dikendarai. Namun untuk membantu memudahkan, berikut ini beberapa tips belajar mengemudi mobil matic untuk pemula yang baru belajar mengendarai mobil, atau belum pernah mengemudi mobil bertransmisi otomatis.

1 Pahami Peralatan Kemudi Mobil

Mobil matic tentu memiliki alat kemudi yang berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Misalnya saja hanya tersedia dua pedal yaitu pedal akselerasi (gas) dan rem tanpa ada pedal kopling. Selain itu tuas transmisi mobil matic juga berbeda serta dilengkapi dengan huruf-huruf.

2 Pahami Arti Huruf Pada Panel Tuas Transmisi

Pada panel tuas transmisi mobil otomatis selalu dilengkapi dengan beberapa huruf-huruf. Umumnya huruf-huruf tersebut adalah P, D, N dan R. Beberapa yang mungkin berbeda adalah hadirnya angka 3 dan 2, huruf L atau angka 1, huruf B serta tanda + dan -.D : Digunakan untuk membuat mobil bergerak maju saat pedal gas diinjak (Drive).

  • R : Digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur.
  • P : Digunakan saat mobil berhenti dalam kondisi lama atau parkir.
  • N : Digunakan saat mobil berhenti sebentar. Contohnya lampu merah atau macet.
  • B : Brake atau boost. Biasanya di mobil matic CVT. Digunakan untuk mendapatkan engine brake saat jalanan menurun, dan menaikkan RPM saat di jalanan menanjak.
  • Angka 3, 2 dan 1/L : Fungsinya sama seperti posisi transmisi di mobil manual. Kurang lebih untuk melakukan overdrive transmisi mobil saat membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.

3 Pastikan Transmisi P atau N Saat Menyalakan Mobil

Setelah kamu mengetahui fitur dan alat mengemudi pada mobil maticmu, maka waktunya untuk menyalakan mesin mobil. Namun sebelum menyalakan mesin, pastikan dahulu tuas transmisi berada di posisi P atau N. Dengan demikian, mobil tidak langsung berjalan ketika mesin dinyalakan.

4 Injak Rem Sebelum Mengganti Tuas Transmisi

Pada mobil manual, kebanyakan orang mengandalkan rem tangan dan kopling saat baru akan memasukkan gigi ke posisi 1 dan akan mulai berjalan. Namun di transmisi otomatis, kamu harus sedikit lebih hati-hati. Pastikan kamu sudah menginjak pedal rem sebelum mengganti tuas transmisi. Hal ini untuk mencegah mobil langsung berjalan begitu tuas transmisi berada atau melewati posisi R atau D.

Biasanya, ketika mobil diparkir dari posisi P dan akan berjalan maju, tuas transmisi akan melewati posisi R. Jika tidak menginjak rem, apalagi rem tangan sudah dilepas, maka mobil akan langsung bergerak mundur. Inilah yang kemudian sering kali menyebabkan kecelakan di tempat parkir.  Setelah kamu memahami cara kerja awal mengemudi mobil matic, maka kenali dulu karakter mobil dan transmisi mobil maticmu. Setelah itu, barulah pelajari cara untuk melakukan overdrive, engine brake atau juga hold. Mobil matic keluran terbaru tentu sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru juga pada teknologi transmisinya. Pahami dengan baik untuk memudahkan anda menguasinya.