Tlp SekarangWA Sekarang
SeatBelt Mobil : Fungsinya Dan Perawatannya

Seatbelt via carfromjapan.com

Seatbelt atau yang lebih akrab kita sebut dengan sabuk pengaman ialah merupakan alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar penumpang atau pengemudi tersebut tetap berada di tempatnya apabila terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan, contohnya seperti tabrakan atau adanya pengereman yang mendadak.

Fungsi Seatbelt

Adapun fungsi dari seatbelt antara lain sebagi berikut :

  • Menahan posisi badan agar tetap dalam posisi duduk di kursi jok mobil ( tidak terdampar / tidak bergerser ) jika terjadi benturan yang sangat keras.
  • Mengurangi resiko benturan dengan benda – benda lain di dalam mobil apabila terjadi tabrakan, dengan adanya sabuk pengaman ini diharapkan dapat mengurangi luka yang terjadi akibat benturan yang ada.
  • Membuat posisi tubuh lebih nyaman pada saat berkendara.

Tubuh tidak mudah goyang / atau bergerak ke samping kiri dan kanan pada saat berkendara, jadi akan tetap lebih aman dan nyaman pada saat berkendara.

Cara Perawatan Seatbelt

Merawat sabuk pengaman tidak hanya sekedar membersihkan saja ya sobat, namun harus juga adan perhatikan apakah setiap komponen seatbelt mobil anda berfungsi dengan baik.  Adapun tips untuk merawat seatbelt mobil anda adalah sebagai berikut :

  • Merawat Bagian Webbing

Apabila anda menemukan ada bagian yang sobek pada bagian webbing seatbelt anda, maka disarankan anda membeli seatbelt yang baru saja agar lebih awet. Lakukan perawatan dengan baik, karena seatbealt penting bagi keselamatan anda.

  • Bagian Mekasnisme Penggulung / Pengunci

Pastikan sabuk pengaman pada kendaraan anda masih ada bunyi pada saat dihetakkan. Karena apabila tidak ada bunyi atau suara pada saat dihentakkan, kemungkinan ada masalah pada seatbelt mobil anda, seperti longgar. Jangan lupa untuk membersihkan dan melumasi mekanisme penggulung secara teratur agar seatbelt anda awet.

  • Bagian Pengait / Buckle

Pastikan bagian ini dapat mengunci dengan baik, dan juga dapat dibuka dengan mudah. Dalam situasi tertentu, misalnya dalam keadaan darurat banyak yang menjadi korban karena setbelat ini susah untuk dilepas dari bagian penguncinya. Untuk itu, pastikan harus benar benar siap pakai.

Patuhilah peraturan yang ada agar berkendara semakin aman dan nyaman, sekian terima kasih.