Tlp SekarangWA Sekarang
Perlu Anda Ketahui Keuntungan Rem ABS Pada Kendaraan Mobil

Rem ABS Mobil via mobilkeren.id

Keamanan dalam mengendarai mobil menjadi poin utama yang diperhatikan orang ketika memilih sebuah mobil. Tentunya setiap orang menginginkan jika mobil yang dikendarainya sudah memiliki fitur keamanan yang canggih sehingga dapat mengurangi resiko-resiko buruk selama dikendarai diperjalanan.

Salah satu komponen yang cukup penting dalam keamanan mobil adalah rem mobil. Tidak heran jika fitur  rem mobil seringkali menjadi perhatian utama saat membeli mobil baru.

Saat ini, sudah banyak mobil-mobil baru yang menggunakan sistem pengereman ABS atau di sebut denagn Anti Lock Braking SystemFitur keamanan terbaru ini memang sangat berguna saat melakukan pengereman terutama jika digunakan pada jalanan yang licin maupun hujan.

Cara Kerja Rem ABS

Dibandingkan sistem pengereman sebelumnya, ada beberapa kelebihan dari rem ABS yang dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Contoh saat jalanan licin, maka teknologi pengereman ini akan memudahkan pengemudi untuk melakukan pengereman mendadak serta mengunci roda yang membuat mobil mudah dikendalikan.

Secara teori, cara kerja rem ABS adalah menghindari penguncian pada keempat roda mobil dikarenakan adanya sensor yang terpasang di roda mobil yang dapat mendeteksi jika putaran roda yang terhenti saat sedang berjalan. Ketika sensor mendeteksi penguncian roda, maka sistem ini akan memberi perintah pada piston rem untuk melepaskan sejenak tekanan pada kampas rem dan kemudian menjeptinya kembali ketika roda berputar.

Sensor tersebut terhubung pada komputer yang mengatur kerja dari ABS sehingga dapat bekerja maksimal. Pada sebuah mobil, teknologi ABS ini dapat mengontrol seberapa besar tekanan di masing-masing roda. Rem ABS memiliki 4 komponen  yang bekerja di dalamnya yaitu:

  • Sensor Kecepatan, sensor ini memiliki fungsi untuk membaca kecepatan pada putaran roda, biasanya terdapat di keempat roda atau diferensial.
  • Katup pengereman, di bagian jalur minyak rem ditemukan di katup dan katup tersebut dikendalikan oleh kontroler ABS. Umumnya, katup rem diletakkandi 3 posisi yang berbeda.  Di posisi satu, katup ini terbuka penuh sehingga membuat tekanan minyak rem yang penuh akan langsung diteruskan menuju rem.

    Pada posisi kedua, katup ini menghalangi tekanan pada minyak rem sehingga membuat tekanan tidak dapat diteruskan walaupun pengendara menekan rem. Dan posisi katup ketiga menghalangi sebagian tekanan dari minyak rem sehingga membuat tekanan hanya akan setengahnya saja yang diteruskan menuju rem walaupun rem ditekan penuh.

  • Pompa, fungsi dari pompa ini untuk mengembalikan tekanan yang berada di jalur pengereman yang dilepaskan katup menuju rem.
  • Kontroler, komponen ini berperan sebagai otak yang mengontrol katup serta mengolah data yang berasal dari sensor kecepatan

Kelebihan Sistem ABS

Sistem teknologi ABS ini memiliki beberapa kelebihan lainnya yang perlu diketahui, di bawah ini beberapa kelebihan rem abs pada mobil:

1. Berkendara Lebih Aman

Mobil-mobil terbaru memang kebanyakan sudah dilengkapi dengan sistem ABS. Adanya rem ABS ini bisa membuat pengemudi menjadi lebih aman dikarenakan pengemudi mengetahui bagaimana perputaran roda mobil, terutama ketika terjadi pengereman mendadak.

2. Teknologi Terbaru

Rem ABS merupakan teknoligi terbaru dan bernilai tinggi, hal ini dikarenakan fitur dan fungsi di dalamnya tergolong masih baru dan tidak banyak mobil-mobil yang menerapkannya

3. Dapat Mengontrol Besarnya Tekanan

Kelebihan rem ABS pada mobil lainnya yaitu kemapuannya dalam mengontrol besarnya tekanan di setiap roda mobil. Namun sayangnya kelebihan ini hanya dapat ditemukan pada mobil mahal dan mewah saja.

Walaupun memiliki banyak kelebihan dari teknologi terbaru, namun sayangnya ada pula kekurangan yang perlu diperhatikan di antranya yaitu :

  • Pengereman mobil menjadi lebih panjang, terutama jika dikendarai di jalanan licin dan bebatuan. Hal ini dikarenakan permukaan jalanan tersebut tidak selicin di jalanan beraspal.
  • Roda mobil tetap akan berputar setelah dilakukan pengereman, terutama jika berada di jalan bebatuan yang penuh dengan kerikil.
  • Rata-rata harga mobil terbaru yang dilengkapi rem ABS tergolong mahal.

Di kutip dariberbagai sumber.