Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Klakson Mobil Tidak Berbunyi dan Cara Mengatasinya

Klakson Bermasalah via blog.belionderdil.co.id

Klakson merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan baik itu roda dua maupun kendaraan roda empat yaitu mobil. Oleh karena itu ketika klakson mobil tidak berbunyi alias mati dan pastinya para pemilik mobil merasa kebingungan.

Perlu anda ketahui mengenai klakson, klakson mobil ada beberapa jenis, mulai dari klakson yang berbunyi tin contohnya seperti klakson motor. Klakson bus, klakson mobil polisi, dan klakson lainnya.

Meski banyak sekali jenis klakson yang ada dan andapun bebas memilihnya namun ada baiknya anda menggunakan klakson yang berbunyi biasa saja alias tidak memiliki bunyi yang terlalu keras. Kartena klakson yang berbunyi keras sering kali menimbulkan kebisingan serta membuat pengguna jalan lain kaget dan emosi.

Apabila klakson anda sudah tidak berbunyi lagi sebaiknya segera di perbaiki. Di bawah ini ada beberapa masalah penyebab klakson kendaraan mobil tidak berbunyi alias mati, diantaranya yaitu :

  • Sekring Klakson

Apabila sekring pada klakson anda terputus maka otomatis klakson mobil anda akan mati alias tidak berbunyi walaupun anda memencetnya berulang ulang. Sekring mati biasanya disebabkan karena suplay listrik terlalu besar, namun terkadang disebabkan karena umurnya yang sudah tua dan sudah saatnya untuk diganti. Cara memperbaiki klakson yang mati pada kondisi tersebut adalah dengan mengganti sekring yang baru. Gunakan sekring yang sama dengan ukuran semula sesuai klakson bawaan pabrik.

  • kabel Klakson

Terkadang klakson mobil mati disebabkan dari masalah kabel seperti putus, terjadi konsleting, atau bisa juga karena terdapat jamur pada kabel penghubung yang membuat krosi pada kabel dan terputus. Cara memperbaiki klakson mobil mati pada kondisi ini adalah dengan mengetes terminal pada klakson anda menggunakan test lamp, hubungkan test lamp dengan masa body sambil menekan saklar mobil anda, jika test lamp menyala berarti kondisi kabel anda normal tapi apabila test lamp tetap diam sudah pasti ada masalah pada kabel anda.

  • Klakson Rusak

Anda perlu memastikan klakson anda benar benar masih hidup atau sudah mati. Cara memperbaiki klakson dalam kondisi ini yaitu dengan melepas klakson dari mobil anda, kemudian lakukan pengetesan dengan cara menghubungkan terminal positif dan negative klakson mobil anda pada aki. Jika klakson anda berbunyi seperti biasa maka klakson mobil tersebut masih normal dan masih berfungsi dengan baik. Jika bunyinya tidak terlalu keras, anda bisa menyetel klakson mobil anda lewat baut penyetelan, putar baut tersebut kearah kanan atau kiri hingga sampai anda menemukan suara yang pas. jika klakson anda sudah tidak berbunyi maka berarti klakson mobil anda sudah rusak dan harus diganti.

  • Rellay Klakson

Jika model klakson anda sudah menggunkan tambahan rellay maka bisa jadi masalah ada pada komponen ini. relay yang sering terkena kotoran atau air dapat menyebabkan klakson tidak berbunyi. Adapun cara memperbaiki masalah ini, anda perlu mengganti relay tersebut dengan relay yang baru.

  • Saklar Klakson

Selain itu kloakson mobil mati disebabkan karena saklar klaksonya. Biasnya rusak karena adanya kerak pada lempengan tembaga atau kotoran, Namun bisa juga disebabkan karena masalah kelistrikan. Cara memperbaiki saklar klakson mobil cukup sulit, anda perlu membongkarnya serta memastikan kalau aliran listrik masih mengalir baik, jika ada kotoran segera bersihkan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Karena hal ini cukup sulit sebaiknya anda bawa saja kebengkel yang sudah berpengalaman dengan masalah seperti ini supaya maslah segera teratasi.

Di kutip dari berbagai sumber.