Tlp SekarangWA Sekarang
Cara menjauhi konslet Engine Control Unit

Cara menjauhi konslet Engine Control Unit via dapurotomotif.wordpress.com

GADAIBPKBMOBIL.COM – Cara menjauhi konslet Engine Control Unit (ECU) pada mobil saat musim hujan dan terjadi banjir di ruas – ruas jalan.

Seringkali para pemilik mobil memaksakan diri untuk menerjang banjir agar bisa segera sampai ke tujuan, tanpa mempertimbangkan resiko yang berpotensi merusak mesin mobil.

Komponen mesin mobil yang sangat sensitif terkena air saat menerjang banjir adalah Engine Control Unit (ECU). ECU merupakan penggerak dari mesin mobil, bertugas mengelola mesin secara keseluruhan, baik itu mengatur pasokan bahan bakar , udara , pengapian dll.

Dampak kerusakan komponen mobil seperti konslet Engine Control Unit ECU bisa menguras kantong cukup dalam. Berikut ini tips dari Bengkel mobil yang bisa diterapkan untuk meminimalisir kerusakan jika mobil sudah terlanjur terjebak ditengah banjir

Jika mobil terkena banjir, sebaiknya mobil langsung ditarik atau didorong ke tempat yang kering. Selanjutnya ketahui posisi ECU, Jika memang posisi ECU sudah dimasuki air, lepas komponen komputer tersebut, lalu keringkan dan bersihkan dengan cairan Trichloroethylene.

Hal tersebut untuk mencegah konsleting pada Engine Control Unit mobil. Sebagai contoh, posisi ECU Toyota Fortuner, Innova, Avanza dan Rush ada di dalam ruang. Sedangkan Toyota Altis, Vios dan Yaris terdapat di ruang mesin. Ketinggian posisi ECU juga bervariasi antara 40-80 cm.

Untuk mengetahui apakah ECU sudah kemasukan air atau belum bisa dikenali dari ciri berikut ini, yaitu dimana mobil masih ingin menyala, akan tetapi setelah 2-3 hari, saat distarter kembali mulai terasa susah.

Pasca terendam banjir sebaiknya mesin mobil jangan langsung dinyalakan karena sangat berbahaya, berpotensi terjadi konslet pada Engine Control Unit ( ECU ) yang mengakibatkan mobil terbakar.

Bentuk pencegahan lain yang bisa diambil adalah menghindari melewati genangan air seperti banjir dengan kecepatan tinggi, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya cipratan. Apabila memungkinkan, buatlah pelindung engine control unit (ECU). terutama di bagian soket, agar lebih tahan atau kuat apabila terkena air.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: dapurotomotif.wordpress.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755