Tlp SekarangWA Sekarang

Kejadian yang paling tidak kita inginkan ketika melakukan sebuah perjalanan adalah keadaan dimana mobil mogok. Mobil sebenarnya tidak akan mogok jika kita melakukan perawatan mesin mobil secara teratur dan benar, namun siapa yang dapat menebak nasib seseorang, dimana kejadian mobil mogok dapat menimpa semua orang tanpa melihat kondisi dan waktu.

Mobil mogok

Mobil mogok via ntmopolri.info

Bagi seseorang yang memahami seluk beluk mesin, mobil mogok di perjalanan mungkin bukan hal yang menakutkan dan membuat panik, tetapi sangat berbeda jika kejadian tersebut menimpa orang yang minim sekali pengetahuan mengenai mesin mobil.

Pembahasan saya kali ini akan memberikan panduan kepada anda bagaimana cara atasi mobil mogok di jalan, dimana untuk menangani mobil mogok anda hanya butuh sedikit mengetahui point-point penting penyebab mobil mogok. Secara umum mesin mobil berfungsi dengan baik jika 3 komponen pada kendaraan dalam keadaan normal. Periksa komponen seperti penyuplai daya, pengapian distributor dan suplai bahan bakar ketika mobil anda mengalami mogok.

Berikut Cara Mengatasi Mobil Mogok

1. Amankan Posisi kendaraan anda

Mengamankan posisi mobil

Mengamankan posisi mobil via financialku.com

Jika mobil anda mogok ditengah jalan, pertama kali yang harus anda lakukan adalah mendorong mobil anda ketepi jalan agar anda dapat leluasa memeriksa kondisi kendaraan anda

2. Cek Bagian Penyuplai Daya

Cek penyuplai daya

Cek penyuplai daya via indonesiaautoblog.com

Komponen penyuplai daya merupakan komponen penting untuk menghidupkan mesin kendaraan, Cara kerjanya seperti ini Aki sebagai daya pertama untuk menghidupkan mesin mobil yang kemudian tegangan 12 volt aki akan di jadikan tegangan tinggi oleh koil hingga puluhan ribu volt, tegangan tinggi tersebut akan di salurkan ke busi untuk pengapian oleh distributor dan platina atau CDI. Melihat cara kerja tersebut, maka mesin sulit hidup jika terjadi masalah pada komponen aki dan koil. Cara mengatasi mobil mogok pada komponen ini periksa sambungan di tutup kepala pada aki dan pastikan sambungan tidak kendor atau tertutup karat. Periksa juga bagian kabel pada koil untuk memastikan kabel tidak dalam keadaan lepas atau kendor. Jika aki anda mengalami tekor maka jalan keluarnya adalah melakukan charge pada aki anda.

3. Periksa pengapian

Periksa pengapian

Periksa pengapian via mobilku.org

Jika anda yakin pada bagian suplai daya tidak mengalami masalah, anda dapat melanjutkan pemeriksaan pada komponen pengapian. Periksa komponen distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk pengecekan busi anda dapat mencabut setiap busi pada mesin kendaraan dan mencoba melakukan pembersihan.

4. Pemasok Bahan Bakar

Pemasok bahan bakar

Pemasok bahan bakar via merdeka.com

Komponen untuk mensuplai bahan bakar seperti karburator (jika anda menggunakan mobil yang masih menggunakan karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator bisa terjadi jika karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Cara mengatasinya buka filter udara dari karburator dan biarkan terbuka, lalu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam lalu nyalakan mesin kembali. Pada bagian komponen pompa bensin lakukan pemeriksaan dengan melepas selang bahan bakar kemudian masukkan ujung selang kedalam botol dan starter mobil anda. Jika bahan bakar tidak mengalir dengan baik atau tidak lancar berarti pompa bensin tidak berfungsi dengan baik.