Tlp SekarangWA Sekarang

 

Macam – macam Mesin Mobil dan Fungsinya

Macam – macam Mesin Mobil dan Fungsinya via showroommobil.co.id

External combustion ( E.C.)

  1. Di nama kan sebagai pembakaran eksternal / external combustion  (E.C.) akibat mesin dengan tipe seperti ini sebenarnya  melakukan proses misi atau evaporasi di luar box mesin.
  2. Mesin jenis ini memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran untuk convert air / cairan-cairan lainnya untuk menjadi uap / air . kemudian, uap/ air tersebut akan di manfaatkan dalam bentuk tekanan tinggi yang setelah disalurkan dalam bentuk tenaga pemutar turbin.
  3. Mesin ini cocok bersifat sangat fleksible / gemulai karena ia bisa mengolah berbagai benda mulai padat, cair atau gas untuk menjadi tenaga. Contoh penggunaan E.C. bisa terdapat  pada dapur paku lokomotif / lok kereta api, kapal api, atau pun turbin pembangkit tenaga listrik.

Dengan menggunakan mesin berkombusi luar seperti ini, ada banyak benefit yang bisa diambil, diantaranya:
Bagi umumnya, mesin ini berada  memproduksi batang tubuh berlimpah.
2. sebab sistem intoksikasi di luar, maka bahan bakar yang dipakai pun bisa     berbagai macam , dan berbagai alternatif mulai dari padat cair, maupun gas, ia dipercaya sanggup menekan biaya operational.
3. dengan keseluruhan, pemakaian dan operasionalisasi lebih fleksibel ketimbang mesin kombusi internal.

Internal combustion (I.C.)

  • Sebaliknya dengan sistem mesin berkombusi eksternal (E.C.), internal combustion membawa  konsep pembakaran di dalam silinder mesin. Pola bermanfaatan tenaganya sebenarnya hampir serupa dengan E.C. karena mesin ini menggunakan suhu bertekanan tinggi dari hasil kombusi di dalam silinder menjadi power untuk mengaktifkan piston (sebuah perangkat yang bergerak bebas di dalam cylinder dan berguna untuk menyebarkan kekuatan ke crankshaft dengan bantuan connecting rod), yang digunakan untuk mengaktifkan ban / roda  kendaraan.
    berlainan  dengan E.C yang mau memakan berbagai type bahan bakar, I.C. hanya bisa bekerja dengan bahan bakar gas atau cair yang mudah mengupa serta terbakar seperti bensin dan solar. Type mesin seperti ini dipakai oleh kendaraan-kendaraan modern atau industri.
    Dengan megadopsi kemampuan pembakaran I.C., sebenarnya ada banyak benefit yang bisa dipanen seperti sbt

    1. arsitektur di dalam mesin terhitung lebih ramah dan hemat ketimbang E.C.
    2. identik dengan E.C, komposisi mesin I.C. justru lebih simpel dan tidak banyak memakan tempat. Itulah apa sebab mobil-mobil tradisional terlihat lebih rapi dan dengan mesin lebih kecil tapi tenaganya justru makin nendang.
    3. Selain hemat tempat, proses instalasi I.C. jauh lebih murah dari pada  E.C.
    4. Ketika berada pada suhu dingin, kemampuan start I.C. jauh lebih mudah turned on dari pada E.C.. Hal itu disebabkan oleh penggunaan bahan bakar gas atau cair yang sangat mudah menguap dan terbakar.

1.Cara /type mesin mobil berdasarkan stroke /pukulan / tak

Type I.C mesin banyak digunakan untuk kebutuhan otomotif baik mobil, dan sepeda motor. Dari kategori yang satu ini saja, itu masih terbagi info berbagai jenis, mulai dari langkah, stroke, desain, bakarn, pengapian, silinder, posisi silinder, proses pemasukan hngga.cara yang  pertama yaitu  jenis mesin berdasarkan stroke yang di bagi menjadi dua:

2. Type 1 Mesin dua langkah (dua pukulan atau 2 tak)

Apabila  Anda mengenal ciri –ciri  motor lama  bertenaga besar sesuai F1ZR, Yamaha RX King atau Bravo maka Anda sudah pernah mengalami apabila  motor-motor dua tak tersebut pernah  berjaya.
Di dalam mesin dua langkah, exploiter bergerak naik-turun dalam satu waktu di dalam silinder dan crankshaft menyelesaikan satu revolusi secara bersamaan setiap kali pembakaran. Type mesin seperti ini banyak menghasilkan torsi sehingga sehingga mesin lebih cepat nendang meski di putaran bawah di bandingkan dengan mesin 4-langkah.

3. Type 2  Mesin empat langkah (empat ketukan atau 4-tak)

pengembangan teknologi permesinan lalu  terus maju dan lahirlah mesin 4-tak. Ciri-ciri mesin ini yaitu, setiap kali pembakaran, exploiter bergerak naik dan turun di dalam silinder sebanyak dua kali dan crankshaft membutuhkan dua kali revolusi di saat bersamaan. Tipikal mesin seperti ini mempunyai tenaga yang besar dan daya tahan yang lebih bagus ketimbang dua tak. Nih, ini mesin yang kini dipakai oleh kendaraan-kendaraan besar seperti mobil maupun truk. dll Mesin Mobil berdasarkan desainnya

4.  Mesin reciprocating (piston engine)

Mesin type ini mengendalkan pergerakan maju mundur atau naik-turun exploiter (sebuah device yang menghasilkan bergerak bebas di dalam silinder) sehingga menghasilkan tekanan. Dari tekanan yang menghantam kabut bahan bakar, maka terbentuklah pembakaran atau kombusi.
Baik  seluruh komponen penyalaan akan sepenuhnya mengandalkan gerak exploiter di dalam silinder. Kemudian  gerakan tersebut akan di perubahan menjadi putar dengan menggunakan crankshaft. efektif crankshaft ini lah yang lalu  berotasi membagi tenaga ke rantai sehingga kendaraan menyampaikan berjalan (untuk sepeda motor) atau rangkaian gear untuk mobil. Proses ini dinilai lebih efisien sehingga banyak dipakai oleh hampir seluruh kendaraan masa kini.

5. Mesin Rotary (wangkel engine)

Dapat Anda mengenal mobil Mazda RX-8?  Ya, mobil  itulah yang dulu memakai mesin yang tidak biasa dipakai oleh kebanyak pabrikan otomotif di seluruh dunia .
sesuai seperti namanya, cara kerja putar wangkel mengandalkan sebuah motor yang bekerja bebas dengan mode rotasi. Daya tekan motor tersebut di ambil dari pembakaran bahan bakar sehingga part tersebut akan berotasi, dan lalu di konversi menjadi energi untuk menggerakan roda mobil. Mesin unik dan dikenal mempunyai tenaga super besar ini dikembangkan pada tahun 1957 oleh Wankel dan lalu dipergunakan oleh Mazda RX-8.
walaaupun terbilang sangat sederhana dan banyak dipakai untuk keperluan sport, mesin ini akhirnya tidak bisa di pakai untuk ke seharian dan akhirnya disabled sebab alasan emisi yang terlalu  besar. Terang saja hal itu terjadi karena mesin putar membutuhkan pasokan oli dan bahan bakar cukup banyak karena gas buangnya yang juga mengepul.

Mesin mobil berdasarkan type bahan bakarnya :

1 . Mesin Diesel   Mesin type ini memakai solar sebagai bahan bakarnya. Karena tenaganya yang besar, kebanyakan mobil-mobil angkutan memakai type mesin ini. Akan tetapi, mobil-mobil pribadi pun sudah memanfaatkannya seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang atau pun Isuzu yang kerap dikenal dengan sebutan “rajanya diesel”.

2. Mesin Bensin  Mesin type merupakan yang banyak dipakai oleh kendaraan-kendaraan saat ini, termasuk mobil penumpang. Dengan pembakaran yang lebih mudah dan pilihan bermacam-macam oktan, mulai mobil murah, luxury car hingga mobil sport pun sudah memanfaatkan bensin sebagai bahan bakarnya.

3 .Mesin Barbahan Bakar Gas Mesin ini menggunakan CNG atau LPG sebagai bahan bakarnya. Di Indonesia memang belum begitu banyak kendaraan yang memakai bahan bakar ini. Sempat adanya mesin yang dikonversi bahan bakarnya dari bensin menjadi gas beberapa waktu lalu, kini gaungnya pun telah tiada.

4. Mesin Listrik Di Indonesia, mesin listrik lebih banyak dipakai untuk sepeda motor. Namun, pengembanngannya tidaklah mati begitu saja. Hanya saja, kendala regulasi sering menjadi masalah seperti kasus mobil listri nasional yang sempat digarap oleh Ricky Elson hingga para punggawanya harus di jatuhi hukuman sebab perkara korupsi yang hingga kini dianggap tidak jelas.
Padahal mesin listrik terbilang sangat ramah dan bersahabat terhadap lingkungan karena tidak adanya pembakaran minyak. Ia hanya mengandalakan tenaga listrik untuk dikonversi menjadi energi penggerak roda.

Type mesin mobil berdasarkan posisi silinder

1.  In-line Engine ( Mesin In-line) 

Mesin ini mengandalkan silinder dengan posisi sejajar satu baris. Mesin ini lah yang dipakai oleh kebanyakan mobil yang berkeliling di pasaran saat ini.

2. V-Type Engine ( Mesin Type V)

  Mesin dengan type mesin V memanfaatkan dua box silinder dengan bentuk layaknya huruf V. Setiap box silinder tersebut mempunyai beberapa tekanan tergantung kebutuhan. Contoh mesin V6, itu artinya setiap box akan terisi 3 piston.  Mesin Silinder Bertentangan  Seperti namanya, model box silinder ini dibentuk secara berbeda  dengan angle 180 derajat pada satu crankshaft.

3. W-type Engine ( Mesin Tipe-W )

Mesin-mesin Bugati merupakan salah satu mobil super cepat bahkan tercepat di dunia yang memakai type mesin ini.  sebagaimana namanya, ia di bentuk dengan format W dan membagi jumlah tekanan menjadi 3 bagian. Jadi, seandainya terdapat mesin W12, maka setipa box akan terisi oleh 4 silinder dan 4 tekanan .

4.  Mesin Radial Mesin

model ini menggunakan posisi tekanan yang tersebar secara putar di sekitar poros engkol. Menghubungkan rods pison setelah di sambungkan dengan master rod sehingga ketika satu tekanan bergerak, ia akan langsung terhubung dengan carnkshaft.

Type mesin berdasarkan proses intake udara

  1. Sucked secara alami

Mesin ini memanfaatkan asupan udara ke silinder menggunakan tekanan
suasana
     2      Mesin supercharged memperlengkapi secara keterlaluan

memperlengkapi secara optimal kerja memercayakan kompresor buat meningkatkan tekanan udara. Kompresor tersebut dikendalikan oleh crankshaft mesin.

3. Turbocharged
Type mesin ini menggunakan turbine kompresor buat  meningkatkan tekanan udara sekalgus meningkatkan kombusi internal sehingga lebih efficient.

.