Tlp SekarangWA Sekarang
Kerjakan Hal Ini untuk Menjaga Performa Kendaraan

Menjaga Performa Mobil via pricebook.co.id

 

Kendaraan seperti tubuh dan pikiran manusia. Jika dipakai dan digunakan terus menerus bisa menyebabkan stress.

Begitu juga kendaraan, jika dipakai terus menerus tanpa diberikan waktu istirahat akan menumpulkan performanya. Hal ini juga berlaku jika kendaraan hampir tidak pernah digunakan.

Ada banyak sekali langkah-langkah yang dapat digunakan untuk merawat dan menjaga performa kendaraan yang sering dilupakan oleh para pengendara dan pemilik kendaraan.

Berikut hal yang harus dikerjakan dalam menjaga performa kendaraan :

  1. Sesuaikan Bahan Bakar Dengan Mesin

Kendaraan bermotor bisa bergerak karena ada dukungan dari bahan bakar yang akan dipakai untuk menentukan apakah kendaraan bisa melaju atau tidak. Penggunaan bahan bakar juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Contohnya kendaraan dengan mesin bensin, gunakanlah bensin yang mengandung kualitas oktan yang tinggi.
Bahan bakar bensin yang memiliki oktan yang tinggi adalah pertamax. Penggunaan sangat disarankan untuk menjaga mesin dapat bekerja lebih optimal dan baik, apalagi pembakaran yang dihasilkan sudah sempurna hingga mengurangi polusi akibat kendaraan bermotor. Memang masalah yang utama saat menggunakan pertamax adalah harga yang relatif mahal. Tetapi akan berbanding lurus dengan mesin kendaraan.
Sebaliknya untuk mesin diesel, gunakanlah bahan bakar solar atau bio-diesel untuk kelangsungan mesin yang lebih baik dan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dari bahan bakar solar biasa.
  1. “Mandikan” Dengan Rutin

Masalah kebersihan memang terkadang terlihat simpel dan kecil, tetapi banyak masalah yang muncul pada kendaraan diakibatkan oleh ketidakbersihan. Kendaraan yang tidak bersih terkadang akan membuat mobil terasa ‘berat’ saat akan dikendarai. Bahkan kotoran-kotoran yang menempel dapat masuk ke bagian-bagian yang penting dalam mesin kendaraan sehingga menyebabkan penyumbatan dan menyebabkan mesin berhenti bekerja dan berakibat mogok. Akibatnya harus kembali memberikan servis pada kendaraan.
Teratur membersihkan mobil dapat memperpanjang usia mobil, termasuk memperindah tampilan kendaraan dan jangan pernah menggunakan detergen untuk mencuci kendaraan, sebaiknya gunakanlah shampo yang telah dibuat khusus untuk kendaraan.
  1. Servis Secara Rutin

Servis mobil disini adalah servis secara keseluruhan, mulai dari mesin, ganti oli, perawatan rem dan bagian-bagian lainnya. Bawalah kendaraan ke bengkel resmi agar servis yang diberikan terjamin keadaannya. Bengkel resmi biasanya memiliki keunggulan yang baik dan memiliki parts atau onderdil resmi dari produsen terkait kendaraan tersebut. Selain itu servis berarti meremajakan mesin kendaraan dan performa yang tetap terjaga walau kendaraan sudah berumur.
  1. Balancing dan Spooring

Jangan hanya melakukan balancing dan spooring ketika dibutuhkan saja, tetapi lakukanlah kedua hal ini dengan penjadwalan yang baik. Balancing dan spooring baik dilakukan setiap menempuh jarak 10.000 km hingga 20.000 km. Kedua hal ini dapat meremajakan ban mobil serta berpengaruh kepada penggunaan bahan bakar yang lebih hemat.
  1. Menyelah Terlebih Dahulu

Banyak sekali yang menyarankan para pemilik mobil dan pengendara untuk menyelah sebelum kendaraan benar-benar dinyalakan karena dapat memberikan kesempatan untuk oli dan bahan bakar mengalir untuk memudahkan mesin menyala dan membuat mesin kendaraan lebih tahan lama dan lebih gampang menyala. T
  1. Tangki BBM Tidak Boleh Kosong

Jangan pernah membiarkan tangki BBM benar-benar dalam keadaan kosong karena dapat menyebabkan mesin mengalami kerusakan dan akan mengganggu kinerja mesin. Selalu isi tangki bahan bakar kedalam keadaan terisi atau full untuk menjaga performa kendaraan.
  1. Radiator

Fungsi radiator pada mesin kendaraan adalah sebagai pendingin. Artinya, ketika terjadi panas yang tinggi, radiatorlah yang bertanggung jawab untuk melakukan pendinginan terhadap mesin. Fungsinya untuk menampung air yang panas yang berasal dari mesin. Jika terjadi kerusakan pada radiator maka kendaraan dapat mengalami over heat, apalagi jika hendak digunakan untuk menempuh jarak yang jauh.
Radiator yang tidak dijaga dapat membuat kendaraan “ngadat.” Atau bisa menyebabkan mogok. Jagalah selalu radiator kendaraan agar tidak terjadi over heat pada mesin.
Beberapa perawatan di atas sangat mudah dilakukan di rumah. Lakukanlah perawatan dari yang paling mudah hingga terlebih dahulu.Kebiasaan merawat kendaraan akan menjadi kebiasaan yang terus berlangsung bahkan untuk hal-hal lainnya. Ayo, merawat kendaraan mulai dari sekarang.

 

 

 

Dari berbagai sumber