Tlp SekarangWA Sekarang
Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Ban Velg Kecil

Ban Velg via tengokberita.com

Velg merupakan lingkaran logam yang biasanya di pakai pada roda kendaraan, velg merupakan komponen penting pada suatu kendaraan. Velg dan ban adalah komponen yang pelengkap satu sama lain.

Biasanya banyak orang yang suka memodifikasi velg ada yang suka velg besar ada juga yang kecil tergantung selera masing – masing. Nah saya akan membahas kelebihan dan kekurangan ban velg kecil karena rata – rata saya melihat banyak sekali orang yang menggunakan ban velg kecil.

Yuk simak saja gan :

Kelebihan Ban Velg Kecil

1. Membuat setir kemudi menjadi lebih ringan

Menggunakan velg kecil membuat setir ringan daripada ukuran ban velg standar. Hal inilah yang menjadi alasan sang pengemudi memilih ban velg kecil terlebih lagi saat membelokkan kendaraan pasti akan ringan. Dan bertujuan agar pengemudi tidak cepat lelah.

2. Lebih irit bahan bakar

Dengan cara berkendara yang sama, penggunaan velg serta ban yang kecil ini lebih hemat bahan bakar, karena berat dari velg ban kecil ini lebih ringan dibandingkan dengan velg besar / lebar sehingga mesin mobil pun tidak terlalu terbebani dengan berat velg, dan tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan awet

3. Meningkatkan akselerasi mobil

Disamping hemat bahan bakar, karena bobotnya yang lebih ringan, pasti tentu saja akan membuat beban kendaraan menjadi lebih ringan, dan menghasilkan akselerasi mobil semakin meningkat. Dan inilah alasan kenapa kebanyakan mobil ataupun motor yang digunakan ajang balap akselerasi memakai velg yang lebih kecil, pada sepeda motor terdapat istilah velg dan ban cacing.

Kelemahan Ban Velg Kecil

Setiap ada kelebihan pasti ada juga kelamahannya, Nah beberapa kelemahan ada di bawah ini yuk simak :

1. Kurang nyaman melintasi jalanan jelek

Karena ukuran ban yang kecil ini pastinya akan membuat ban dengan mudah masuk kedalam lubang di jalanan walaupun ukuran lubang kecil, sehingga membuat kenyamanan berkendara menjadi sedikit terganggu dengan pemakaian ban serta velg berukuran mini ini.

Dan banyak juga pengendara yang lebih memilih ban velg besar karena semakin besar ukurannya saat melewati jalanan rusak atau penuh lubang efek hentakannya semakin berkurang.

2. Tidak dapat digunakan angkutan berat

Karena ukuran dimensi velg dan juga ban yang kecil pula, menjadikan mobil yang mengaplikasikan roda roda mini ini menjadi tidak dapat digunakan untuk mengangkut muatan yang berat, meskipun bisa dipaksakan namun akan beresiko terhadap keselamatan berkendara di jalan raya.

3. Mobil rawan terbalik saat bermanuver

Nah selain kedua hal diatas, salah satu resiko jika anda mengganti velg serta ban mobil dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran standarnya adalah mobil lebih beresiko terbalik saat digunakan bermanuver di kecepatan tinggi, hal ini diakibatkan karena daya cengkram roda terhadap aspal yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan roda dengan ukuran velg besar.

Sebaiknya jika anda menggunakan bang velg kecil jangan di gunakan untuk kebut – kebutan apalagi di jalan yang meliuk – liuk karena akan sangat berbahaya sekali. Berhati – hatilah dalam mengendarai agar kita sampai selamat ke tujuan kita ya gan :D. Semoga artikel ini bermanfaat sekian terima kasih.