Tlp SekarangWA Sekarang
Jangan Panik Ketika Mogok, Berikut Tips Mengecek Mobil yang Mogok

Mobil Mogok via news.okezone.com

 

Memiliki pengetahuan di bidang mesin kendaraan sepertinya saat ini menjadi kewajiban bagi seorang pengendara. Penyebabnya, jangan pernah beranggapan kapan mobil atau motor tiba-tiba berhenti (mogok) dan tidak akan berfungsi kembali. Jika sudah seperti ini, ada beberapa cara yang dapat dlakukan. Misalnya memanggil jasa derek mobil, ataupun langsung menghubungi jasa montir mobil online.

Akan tetapi, jika memang keadaan kendaraan di pinggir jalan (bukan tol) sebenarnya ada beberapa cara untuk mengecek terlebih dahulu mengapa kendaraan bisa mogok?

Berikut beberapa penyebab mobil mogok dan tips mengecek mobil mogok :

  1. Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab ini biasanya akan terjadi jika mobil berusia 5 tahun ke atas. Akibat dari arus listrik ke terminal koil putus, yaitu proses pembakaran tidak terjadi karena tidak mendapatkan aliran listrik. Jika ini terjadi  periksalah kabel distributor dan tempelkan ke body mobil, kemudian starter mobil. Jika ditemukan percikan api, berarti arus listrik masih ada, begitupun sebaliknya.

  1. Arus listrik aki lemah

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendor, alternator, dinamo ampere yang bermasalah, serta aki yang telah habis dipakai.

  1. Alternator bermasalah

Alternator berfungsi untuk mengisi arus listrik ke dalam aki. Oleh sebab itu, apabila alternator rusak, maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil mogok, berikut tips untuk mengatasi mobil mogok, berikut ini :

  1. Jumper Aki

Cara ini cukup efektif untuk menangani mobil yang mogok di tengah perjalanan. Jika memang permasalahan mobil di bagian aki, gunakan cara ini. Syarat untuk melakukan jumper aki harus tersedia aki lainnya. Mintalah bantuan ke pengendara lain untuk melakukan cara ini.

Ketika sudah tersedia aki yang dapat dijadikan sebagai pemancing, siapkan kabel berdiameter 10 mm, agar kabel tidak terbakar saat mobil dinyalakan. Gunakan kabel berdiameter besar karena arus yang mengalir dapat mencapai 12A. Hubungkan kabel dengan aki pemancing, pasangkan kabel positif (biasanya berwarna merah) ke kutub positif (biasanya berwarna hitam) ke kutub negatif masing-masing aki tersebut.

Hal yang harus diperhatikan pada langkah-langkah ini adalah harus mencabut kabel negatif terlebih dahulu dari terminal, setelah itu cabut kabel positif. Saat memasang kabel aki, sebaiknya kabel positif terlebih dahulu yang dipasangkan, kemudian kabel negatif. Karena jika tidak teliti dalam hal ini, dapat mengakibatkan arus pendek atau konslet.

Setelah kabel terpasang dengan benar, tunggulah beberapa menit hingga aki terisi kembali. Kemudian stater mesin mobil yang sedang dijumper hingga mesin mobil hidup kembali. Jika sudah, ingat untuk melepaskan kabel negatif terlebih dahulu.

Setelah mesin mobil berhasil dihidupkan, periksa simbol lampu panel indikator dashboard mobil, apakah simbol aki mesin menyala atau tidak, jika menyala berarti masih ada masalah di akinya, namun jika tidak, sistem pengisian aki dalam keadaan normal.

  1. Aki Pancingan

Pada cara ini tidak memerlukan kabel pembantu. Teknik ini dapat dimanfaatkan ketika kesulitan untuk mencari kabel pembantu tersebut.

Caranya, angkat aki mobi yang bermasalah tersebut dan ganti dengan aki yang memiliki daya yang lebih baik. Setelah itu, coba stater, jika sudah hidup kembali, segera lepas aki tersebut dengan urutan dan tata cara yang benar. Perhatikan juga agar kutub positif kabel tidak menempel pada ground, agar tidak terjadi konslet. Kemudian pasang kembali aki yang bermasalah tadi sesuai aturan yang benar.

Selama proses penggantian aki berlangsung, jangan sekali-kali mematikan mesin, jaga mesin mobil dalam kondisi tetap hidup. Karena apabila menggunakan teknik ini mesin bisa menyala sambil mengisi daya baterai lewat alternator.

  1. Putar Roda

Cara ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Sediakan alat-alat seperti dongkrak, dan seutas tali yang panjang. Kemudian, masukan prseneling ke gigi satu kemudian naikan kendaraan dengan didongkrak hingga kedua ban mobil benar-benar mengambang, angkat ban mobil yang berfungsi sebagai penggerak atau penyalur tenaga saja.

Setelah itu, putar kunci kontak dalam posisi On. Kemudian, ikat melingkar tali tersebut pada ban mobil hingga beberapa kali ikatan ban. Terakhir, Tarik sekuat tenaga band tersebut agar dapat memutar lebih cepat dan segera menyala.

Ketika melakukan cara ini, usahakan kedua tangan memegang masing-masing ujung tali dengan baik bermanfaat sebagai penarik dan pengait agar tidak mudah terlepas, kemudian tarik sekuat mungkin sambil melepas salah satu tangan sebagai pengait. Namun, tips ini hanya dapat dilakukan khusus pada mobil bertansmisi manual saja dan cara ini sebenarnya sama saja dengan teknik mendorong mobil yang sering dilakukan, akan tetapi cara ini dianggap lebih mudah dan praktis.

  1. Memanggil jasa montir Mobil

Ketika semua cara sudah dilakukan namun hasilnya nol, caranya memanggil mobil derek atau jasa montir mobil online dengan menghubunginya melalui telepon genggam atau seluler. Hal ini agar meminimalisir terjadinya kesalahan yang lebih fatal sehingga dapat membahayakan keselamatan bagi diri kita sendiri.

 

 

Dari berbagai sumber