Tlp SekarangWA Sekarang
Cermat Dalam Memilih Ban Mobil

Ban Mobil Via www.carsome.id

Ban merupakan bagia vital pada kendaraan. Bagian ini berhubungan langsung dengan keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Ban dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena langsung berhubungan dengan permukaan jalan.

Fungsi ban dapat dikatakan sangat penting, Ban berfungsi untuk menahan beban, menahan guncangan, meneruskan tenaga dari mesin dan melanjutkan fungsi kemudi. Untuk itu dalam Memilih ban bukanlah hal yang mudah, karena anda harus cermat memilihnya, Agar anda tidak salah dalam memilihnya.

Langsung saja anda simak Tipsnya berikut ini :

  1. Lihatlah Tipe Dan Ukuran

Perhatikan kebutuhan ban mobil yang anda miliki, Tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil.  biasanya tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, belakang tutup tangki bahan bakar atau pada petunjuk penggunaan.
Sebagai contoh ban dengan kode P195/55/R15 84V. Huruf ‘P’ merupakan  singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula LT (Light Truck), ST (Special Trailer) serta T yang berarti Temporary atau ban serep. Huruf ‘R’ berarti bahwa ban tersebut berjenis Radial.
Untuk ukuran, Anda harus memperhatikan dengan seksama karena jika anda salah memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, maka ban tidak dapat terpasang sempurna.
  1. Lebar Ban

Lebar ban dapat mempengaruhi daya cengkram dan juga akselerasi pada mobil anda. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya semakin kuat begitu juga sebaliknya. jika ban makin sempit maka daya cengkramnya juga semakin lemah.
Ban yang lebar juga mempengaruhi kemampuan akselerasi mobil anda. Maka perhatikan dan cermatlah dalam memilih ban, karena ban pada tiap kendaraan berbeda-beda ukurannya.
  1. Pola Tapak

Bukan hanya lebar ban yang mempengaruhi daya cengkram namun juga pola tapak ban. Pola tapak juga akan berpengaruh pada akselerasi dan tingkat kenyamanan mobil anda. Pola ban sangat berpengaruh pada kinerja traksi dan pengereman. Pola tapak yang baik merupakan pola tapak yang berdesain normal.
Desain yang normal akan memberikan kenyamanan dalam pengunaan mobil sehari-hari. anda perlu memperhatikan di mana mobil akan digunakan sebelum memilih pola tapak. Jika anda bertempat tinggal di daerah yang basah atau wilayah yang memiliki intensitas curah hujan cukup tinggi dianjurkan menggunakan pola tapak ban V.
Tipe alur V memiliki sifat agresif. Alur V mampu memberikan daya cengkram aspal dengan baik saat melintasi genangan. Alur V memiliki pengendalian yang lebih baik dibandingkan alur lain, jika digunakan pada kondisi jalan yang basah dan berbelok. Ban alur V juga memiliki kelebihan dalam mereduksi suara putaran ban.
Alur normal pada umumnya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik. Dan untuk jalan yang terlalu panas jangan gunakan ban yang mempunyai guratan banyak. Semakin tegas garis kembangan alurnya, maka semakin besar gaya geseknya.
  1. Profil Ban

Profil yang dimaksud adalah ketebalan pada ban. Ban dengan profil tipis yaitu 40 atau 50 memang terlihat keren ketika digunakan, Namun juga memiliki sisi buruk. Ban dengan profil tipis sangat berbahya ketika digunakan untuk melintasi jalan yang buruk karena velg akan cepat rusak.
Oleh karenanya, produsen pembuat mobil pada umumnya memasang ban dengan profil tebal. Jika anda ingin mengikuti trend atau melakukan modifikasi, usahakan untuk tidak menggunakannya sehari-hari. Karena sifat modifikasi hanya untuk tampilan semata bukan untuk keselamatan.
  1. Tahun Pembuatan Ban 

Pastikan untuk tidak lebih dari 6 – 12 bulan dari tahun pembuatan ban tersebut. misalnya ban dengan kode 1012, angka 10 merupakan bulan ban tersebut diproduksi, sedangkan angka 12 adalah tahun pembuatan ban.
Cara memperhatikan dimensi atau ukuran sebuah ban, yaitu dengan contoh “208/50/ZR16”. Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
2058: lebar telapak ban (mm).
50 : aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban.
ZR : kode limit kecepatan.
15 : diameter velg dalam ukuran inci.
Dari Berbagai Sumber