Tlp SekarangWA Sekarang

 

 Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Cara Merawat Motor Matic Agar Awet via motorbalap.id

Cara merawat motor matic

Amat mudah dilakukan jika anda tahu apa yang harus di lakukan dalam perawatannya. Di zaman yang modern ini banyak sekali anda jumpai motor matic di jalan raya. Motor matic merupakan kendaraan yang beroda dua dan merupakan type motor yang mengalami kenaikan penjualan pada tiap tahunya. Karena memang motor macan itu  amat  diminati banyak orang karena disamping unik juga mudah memakainya. Banyak merk seperti Honda, Yamaha dll memproduksi motor matic dengan berbagai macam.

Pada dasarnya semua motor pasti mempunyai keunggulan masing masing. tetapi pada motor matic terdapat banyak kekurangan di bandingkan dengan motor macam lain , salah satunya ialah tak bisa menahan beban yang berat dan pada bahan bakarnya juga sedikit lebih boros.

Mempunyai motor matic yang awet pasti menjadi impian bagi anda semua. Akan tetapi dengan mewujudkan keadaan itu salah satunya ialah melakukan perawatan pada motor matic anda. Perawatan motor matic ini sedikit berbeda dengan perawatan motor macam lain yang menggunakan gigi manual.

Banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan perawatan pada motor ialah keadaan  yang sulit dilakukan dan akan mengeluarkan biaya yang amat  mahal. Dari pendapat tersebut kami ingin sedikit membantu para pengguna motor matic dengan memberikan beberapa tips merawat motor matic  demi memperoleh performa terbaik pada motor agar tetap awet.

1. Memanasi Mesin Motor

Melakukan heating terhadap mesin pada motor matic anda sebelum digunakan sangatlah penting guna menjaga keawetan dan stabilitas pada mesin motor matic anda. Biasakan lah memanasi motor sebelum anda gunakan dalam waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Memanasi mesin juga membuat performal pada motor matic anda maksimal karena pada saat pemanasan mesin, seluruh oli mengalir dan pastinya tercampur pada mesin motor anda.

2. Stabilkan Kecepatan Motor

Perawatan yang selanjutnya ialah dengan tips menstabilkan kecepatan pada ketika menggunakan motor. Susah-susah gampang dan tentunya membutuhkan kesabaran dengan tips yang kali itu. Artinya ialah pada ketika  anda menggunakan motor, usahakan selalu stabil pada posisi gas motor.

Tak sekali kali mengegas motor dengan amat kencang kemudian secara tiba-tiba mengurangi gas dan mengerem dengan mendadak lalu mengegas lagi dengan kencang. keadaan itu yang akan membuat mesin pada motor anda tak awet. Alangkah lebh baiknya bila anda mengendarai motor jangan terlalu kencang. Disamping menjaga mesin pada motor anda , juga menjaga keselamatan pada diri anda.

3. Mengecek Bahan Bakar

Bahan bakar pada motor amat berpengaruh bagi motor anda. Kita sering lupa dengan keadaan ini, bila pada speedometer pada motor anda mati. Tentunya tak akan tahu waktu bahan bakar pada motor anda habis.

Usahakan ketika mengisi bahan bakar, tak menunggu habis baru akan mengisinya bila sampai kekosongan bahan bakar. jika  jarum pengukur cepat sudah menunjukkan posisi emty segera isi kan bahan bakar pada motor anda.

4. Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

cukup sekali sekarang orang yang menjual bahan bakar/bensin oplosan. Usahakan buat mengisi bahan bakar yang berkualitas misalnya mengisi bhn bakar di pom bensin. Tak melarang juga mengisi bahan bakar di pinggir jalan, akan tetapi perlu hati-hati buat melihat bahan bakar tersebut oplosan atau tak.

bila  memang bahan bakarnya asli akan baik-baik saja, tetapi jika oplosan tentunya akan berbahaya bagi mesin motor. Kualitas dari bahan bakar sangat berpengaruh pada mesin motor anda.

5. Mengecek Oli Motor dan Rutin Mengganti Oli

memeriksa oli motor secara rutin harus anda lakukan guna merawat motor anda. Lakukan penggantian oli secara rutin dan terjadwal. Mengganti oli bias dengan tips mengganti sendiri atau membawa motor anda di bengkel motor. Dengan mengganti oli secara rutin, mesin pada motor anda akan awet.

6. Memerikasa Kondisi Aki

tips perawatan motor matic yang selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki pada motor matic anda. Aki pada motor jika  anda lupa buat memeriksanya  akan berakibat pada motor anda. Misalnya ialah ketika anda asyik mengendarai motor tiba-tiba motor mogok dit tengah jalan.