Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Memilih Oli Mobil Yang Baik

Oli Mobil via mobilmo.com

 

Untuk dapat memilih oli mobil terbaik tentunya tidak boleh ceroboh. Agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin masing-masing mobil, mobil mempunyai jenis spesifikasi tertentu dalam pemilihan produk pelumasnya. Menggunakan oli mesin mobil yang kurang tepat dapat berakibat pada performa mesin mobil itu sendiri dan dapat menyebabkan hal buruk terjadi pada jangka panjang.

Perbedaan tipe oli mesin mobil pada umumnya ada pada tingkat kekentalan oli yang dibedakan dengan unit Society of Automotive Engineers atau SAE. Jika pada waktu membeli mobil tidak mendapatkan penjelasan maka sebaiknya mengajukan pertanyaan ataupun mencari informasi mengenai hal itu, sehingga menjadi lebih mudah dalam menjaga dan merawat mobil kesayangannya.

Selain sebagai pelumas oli mesin juga berguna sebagai :

  • Pembersih
  • Pendingin, dan
  • Menutup celah antar mesin.
  • Sistem pelumasan yang baik ada pada sebuah kendaraan yang menjadi faktor utama dalam menjaga ketahanan mesin kendaraan itu sendiri.

Dalam memilih oli ada dua tipe oli yang  yaitu oli mineral dan oli sintetik :

  1. Oli mineral merupakan produk oli yang dihasilkan dari penyulingan minyak bumi dan terbagi pada beberapa unsur alam seperti alkaline dan cyclic paraffin. Sebelum ditemukannya oli sintetik, pasar pelumas mesin sempat dikuasai oleh oli mineral.
  2. Oli sintetik merupakan pelumas buatan yang diolah dengan formula terbaru. Pada umumnya dibagi dalam Polyalphaolifins yakni senyawa hasil pemilahan paling bersih dari oli mineral, yaitu gas yang nantinya digabung dengan oli mineral.

 

Dari berbagai sumber