Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Efektif Merawat Power Steering Supaya Tidak Mudah Rusak

                                Power Steering melalui sagarpatil860.wordpress.com

Power steering merupakan komponen dalam sistem kemudi mobil yang berfungsi untuk meringankan beban ketika sedang menggunakan setir. Dengan adanya power steering, kemudi mobil dapat mudah dikendalikan. Hal ini karena kinerja setir kendaraan akan terbantu dengan power steering. Sehingga beban pada putaran setir jauh lebih ringan.

Sama halnya dengan komponen-komponen di dalam mobil lainnya, tentunya power steering membutuhkan perawatan supaya kinerja nya dapat tetap optimal. Sebenarnya, cara merawat power steering secara sederhana dapat dimulai dari kebiasaan-kebiasaan mengemudikan kendaraan dengan baik.

Kelalaian dalam mengemudi dapat menyebabkan power steering mengalami kerusakan sehingga memperpendek usia pemakaian. Untuk itulah penting untuk merawat power steering dengan baik dan benar. Di bawah ini ada beberapa cara efektif merawat power steering supaya tidak mudah rusak, diantaranya yaitu :

1. Hindari Mengemudi Di Jalanan Rusak

Cara merawat power steering dengan mudah adalah dengan menghindari jalanan-jalanan rusak atau berlubang. Apabila mobil anda sudah dilengkapi dengan sistem power steering, sangat baik untuk menghindari jalanan-jalanan seperti ini. Namun jika memang tidak ada jalanan lain yang bisa ditempuh, maka sebisa mungkin anda melewatinya dengan hati-hati dan perlahan.

Kerusakan yang sering terjadi pada power steering biasanya dikarenakan cara mengemudi mobil yang tida beraturan. Guncangan-guncangan keras pada power steering dapat membuat komponen di dalamnya menjadi rusak. Untuk itu, penting dalam memperhatikan jalanan yang akan dilalui oleh kendaraan anda. Hindari mengemudi secara ugal-ugalan serta jalanan-jalanan yang rusak. Selain dapat mengurangi resiko kecelakaan, tentunya power steering anda akan awet digunakan.

2. Hindari Jalanan Banjir

Selain jalanan yang rusak, hindari pula melewati jalanan yang tergenang dengan banjir. Jalanan seperti ini mudah membuat power steering menjadi rusak. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga dapat merusak komponen lainnya, apalagi jika genangan banjir yang anda lewati terlalu tinggi.

Hal ini karena power steering merupakan komponen kelistrikan yang ditempatkan tepat di as setir sejajar dengan as roda. Sehingga pada saat melewati genangan banjir, tentunya komponen ini akan mudah sekali terkena genangan air. JIka komponen listrik ini basah, tentunya akan menyebabkan kerusakan dan mau tak mau anda harus menggantinya dengan yang baru.

Di kutip dari berbagai sumber.