Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Aman Buka Pintu Ketika Parkir Di Pinggir Jalan

Pintu Mobil via otodriver.com

 

Kurangnya lahan parkir di daerah perkotaan memaksa pengguna mobil untuk parkir di pinggiran jalan. Hal ini memang cukup berbahaya dan bisa menimbulkan kemacetan akibat penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir. Jika memang terpaksa harus parkir di pinggir jalan, harus sangat berhati-hati terlebih saat akan membuka pintu mobil.

Bisa saja ada pengendara motor yang melaju dari arah belakang saat kita membuka pintu mobil. Jika pengendara motor tersebut menabraknya pada saat membuka pintu tentu bisa membuat masalah dan membahayakan nyawa sendiri.

Nah, untuk itu ikuti cara aman ketika membuka pintu mobil di pinggir jalan :

1.Cara pertama yang harus dilakukan adalah memastikan berhenti pada area yang diijinkan. Tindakan pencegahan ini bisa menghindarkan dari berbagai bahaya saat memarkir maupun membuka pintu mobil.

2. Cara Kedua adalah memepetkan bodi mobil ke pinggir jalan sehingga tidak ada motor yang    menyalip dari celah sempit sisi kiri. Harus memastikan posisi mobil tidak terlalu mepet hingga merusak permukaan cat mobil. Walaupun sudah melakukan pencegahan ini usahakan untuk memeriksa kondisi jalan sebelum membuka pintu, pastikan tidak ada motor dari arah belakang yang berpotensi menabrak Anda.

Jika merasa kurang, bisa mulai membuka pintu dengan menarik tuas dan membuka pintu sedikit saja. kemudian perhatikan kondisi jalan sekitar terutama di belakang mobil saat berada di celah pintu. Jika sudah merasa aman, bisa membuka pintu sedikit lebih lebar kemudian menyelinap masuk.

3. Cara ketiga adalah yang paling mudah namun harus dilakukan saat kondisi jalan sepi atau benar-benar aman. tinggal membuka pintu lebar-lebar dan masuk atau keluar dalam waktu sesingkat mungkin. Namun, berhati-hatilah memasuki mobil walau dalam waktu yang singkat dan jangan sampai kepala terbentur atap mobil.

Sebenarnya, parkir di pinggir jalan masih kurang aman meski Anda bisa melakukan pencegahan semacam ini. Jadi, usahakan untuk tidak parkir di sepanjang jalan kecuali memang benar-benar tak ada cara lain.

Kadang ketika pergi ke pertokoan atau tempat keramaian sehingga mengharuskan parkir di pinggir jalan. Namun yang menjadi masalah adalah harus parkir diantara kendaraan yang sudah ada dan parkir lebih dahulu.

Untuk memudahkan parkir dengan aman, ikuti saran aman berikut :

  • Posisi kendaraan sejajar dengan mobil yang nantinya berada di depan mobil kita. Jaga jarak kendaraan sekitar 30cm.

  • Pindah gigi porsneleng ke mundur.

Jalankan mobil secara perlahan sambil putar stir ke kiri (tergantung posisi parkir) sambil perhatikan jarak antara kendaraan di sebelah anda melalui bantuan kaca spion kiri dan kanan, jangan lupa perhatikan juga daerah di belakang mobil dengan bantuan kaca dalam.

Terus mundur secara perlahan hingga posisi belakang mobil sejajar dengan sisi sebelah dalam kendaraan lain. Perhatikan juga posisi depan kendaraan hingga sedikit melewati belakang mobil di depan.

Sekarang putar stir ke kanan hingga penuh hingga posisi mobil berada lurus dan sederet dengan mobil di depan dan di belakang.

4. Cara Keempat majukan mobil sedikit hingga mencapai jarak aman antara kedua mobil depan dan belakang.

Memang parkir mobil tidak semudah teori. Sehingga harus membutuhkan praktek hingga beberapa kali. Dengan demikian akan mempunyai pengalaman seberapa banyak putaran stir sehingga memenuhi harapan yang diinginkan.

 

 

 

Dari berbagai sumber