Tlp SekarangWA Sekarang
Bahaya Mengemudi Di Dalam Mobil

Mengemudi Mobil via waspada.co.id

Sebagian orang banyak yang menganggap menyetir mobil adalah hal yang mudah, akan tetapi mengendarai mobil juga banyak dampak yang membahayakan mengemudi di dalam mobil yaitu sebagai berikut :

1. Mengendarai Mobil Sambil Menelpon

Sebagian besar orang tidak menghiraukan himbauan ini.
Karena alasannya darurat dan tidak ada waktu untuk berhenti, para pengemudi lebih nyaman menyetir pelan-pelan sambil memegang telepon menempel di telinga  atau sambil mendengarkan musik itulah yang menyebabkan terhambatnya konsentrasi.

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa melakukannya sehingga meraka merasa hal tersebut tidak masalah setiap waktu dilakukan. Akan tetapi, jika kecelakaan terjadi, jelas si pengemudi ini bisa disalahkan

2. Mengendarai Mobil Pada Saat Sedang Sakit

Jika ingin mengemudi, sangat disarankan untuk memeriksa kondisi tubuh terlebih dahulu sehingga menyetir pun tidak terasa menjadi beban.

Kadangkala jika sebelum berangkat tubuh terasa kurang enak, maka efek selanjutnya akan ditambah dengan suasana hati yang tidak tenang  dan juga drop. masalah ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi ketika menyetir mobil.

3. Mengendarai Mobil Sambil Makan

Setiap pengemudi memang memiliki karakter yang berbeda saat mengendarai mobil. Ada yang suka menikmati musik, bercanda.
Tapi salah satu yang sangat tidak disarankan yaitu makan sambil menyetir.
Bukan masalah makanannya, tetapi distraksi kepada pengemudi yang ditakutkan akan menghancurkan konsentrasi sehingga rawan terjadi kecelakaan.

4. Mengendarai Mobil Pada Saat Ngantuk

Setiap orang yang sedang mengantuk memiliki tingkat konsentrasi dan kesadaran rendah sehingga sangat berbahaya jika sambil mengemudi.

Cara yang paling efektif  yaitu dituntaskan dahulu rasa ngantuk tersebut sebelum berangkat, berhenti sejenak jika sedang dalam perjalanan jauh.
Pastikan anda berhenti di tempat yang aman sehingga anda bisa tidur nyenyak meski hanya sejenak.

5. Mengendarai Mobil Tanpa Sabuk Pengaman

Sebagai alat keselamatan pertama pemasangan sabuk pengaman tentu sangat diperlukan, jadi para pengemudi diwajibkan memakai sabuk pengaman.

Fungsi sabuk pengaman sebenarnya hanya melakukan pencegahan, supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, jadi apabila mobil mengalami benturan keras dari depan, penumpang tidak akan langsung mendapatkan luka berat karena menghantam dashboard.

Fungsi seatbelt juga cukup ampuh untuk menangkal tubuh apabila mobil terpaksa harus berhenti mendadak, sehingga tubuh tidak terlempar hingga menabrak kaca depan.

Dari berbagai sumber.