Tlp SekarangWA Sekarang

Ban Mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan. Hal tersebut dikarenakan komponen yang berkontak langsung dengan jalanan adalah ban. Dengan adanya ban yang bergesekan menjadikan Mobil dapat berjalan. Ban dapat bergerak melalui as roda yang tenaganya diambil dari mesin Mobil sehingga as Mobil berputar dan menggerakkan roda sehingga Mobil mampu melintasi jalanan berbagai medan. Namun akan jadi masalah jika ban mobil pecah.

Penyebab ban mobil pecah via indonesiaautoblog.com

Ban Mobil juga membutuhkan perawatan seperti memperhatikan tekanan angin yang berada di dalam ban tersebut. Bisa jadi masalah bila saat melakukan perjalanan ban Mobil pecah secara tiba-tiba. Ban Mobil yang pecah bisa dikarenakan beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab ban Mobil pecah,

Penyebab Ban Mobil pecah

  • Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan pada ban mobil via carmudi.com

Hal pertama yang menjadi penyebab ban Mobil pecah adalah tekanan angin di dalam ban kurang. Oleh sebab itu diharuskan untuk para pemilik Mobil selalu memperhatikan hal ini, jangan sampai tekanan angin pada ban berada di bawah standar. Apabila tekanan angin pada ban kurang maka bidang ban yang terkontak langsung dengan jalan menjadi tidak maksimal.

Untuk optimalnya seluruh permukaan pada ban harus terkontak dengan jalan. Jika tekanan angin yang ada pada ban kurang, maka ban Mobil dapat menjadi cepat panas. Nah ketika terjadi panas maka ban Mobil akan mengembang dan kawat baja pada ban tidak kuat dalam menahan tekanan angin yang panas sehingga ban Mobil pecah.

  • Terkena Benda Keras

Batu menyelip via mobilimo.com

Penyebab ban Mobil pecah yang selanjutnya bisa dikarenakan terkena benda yang keras seperti pecahan kaca atau batu yang menyelip di kembangan ban Mobil. Benda yang telah menyelip terus ketika berjalan akan seperti dihantam terus menerus yang mengakibatkan ban Mobil menjadi pecah. Jadi selalu memeriksa ban Mobil Anda setelah melakukan perjalanan, jika ada yang menyelip segera buang. Pada umumnya kebanyakan pemilik Mobil tidak memperdulikan hal ini, malahan ada yang melihat tapi malah cuek seperti tidak akan terjadi apa-apa.

  • Lubang di Jalan

Lubang pada jalan via hariansib.co

Pemilik juga tidak boleh mengabaikan lubang yang berada di jalan. Jadi lubang di jalan juga bisa menyebabkan ban Mobil pecah. Hal tersebut dapat terjadi jika saat melintasi lubang terjadi benturan yang keras sehingga menjadikan ban Mobil sobek. Oleh sebab itu apabila terdapat lubang di jalan, sebaiknya Anda menghindarinya kalau bisa. Jika tidak, sebaiknya melewati lubang di jalan tersebut dengan pelan-pelan.

  • Beban Yang Berlebih

Beban berlebih via antarnews.com

Adapun penyebab ban Mobil pecah yang terahir adalah Mobil Anda membawa beban yang berlebih atau overload. Tiap ban mempunyai toleransi berat yang berbeda. Seperti misalnya, apabila indeks bebannya adalah 70 maka ban Mobil memiliki tenaga untuki menahan berat hanya sampai 335 kg saja. Apabila ban Mobil dikalikan 4 maka berat yang mampu ditanggung adalah 1.340 kg. Nah apabila berat Mobil dalam keadaan kosong adalah 1.075 kg maka beban yang mampu ditampung Mobil adalah sisanya yaitu 255 kg.

Apabila Mobil Anda dipaksa membawa beban dibawah 300 secara terus menerus, maka bisa menjadikan retaknya dinding ban. Bahkan pada bagian luar lapisannya bisa terkelupas. Kondisi tersebut bisa saja bertambah parah apabila tekanan angin yang berada di dalam ban kurang atau di bawah standar.

Sekian dari info yang saya berikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan bagi pemilik kendaraan