Tlp SekarangWA Sekarang
Ada beberapa cara Mudah Membuat Motor Irit dan Kencang

Ada beberapa cara Mudah Membuat Motor Irit dan Kencang via rental-mobil-murah.com

Ada beberapa cara Mudah Membuat Motor Irit dan Kencang Terhadap  pengendara yang sering berkendara dengan menggunakan motor, pasti merasakan ada beberapa kekurangan pada motor, terutama dari segi performa motor. Bagi driver yang menyukai dan cinta akan kecepatan, pasti masih saja merasa kurang puas akan kecepatan motor yang telah dimiliki. Selain mengenai kecepatan, masalah keiritan motor pun turut menjadi perhatian para driver, dan seakalipun motor yang saat ini mungkin dirasa sudah irit, namun pengendara akan merasa bahwa motor masih kurang irit.

Tips  Kedua hal di atas, memang menjadi salah satu perhatian utama dari para driver, karena pada dasarnya, dari konsumen sendiri sudah membatasi performal maksimal yang dibutuhkan oleh konsumen. Namun demikian, ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar motor pengendara menjadi irit dan kencang. Perlu diketahui, untuk membuat motor menjadi lebih kencang dan irit adalah dua dimensions yang berbeda, karena cukup sulit menggabungkan kedua tersebut, namun ada 3 cara utama untuk menggabungkan irit dan kencang menjadi satu, yaitu:

1. Porting Polish

Ported Polandia merupakan cara pertama yang dapat ditempuh untuk membuat motor menjadi lebih kencang namun irit bahan bakar sekaligus. Ported Polandia  dilakukan pada bagian chief kendaraan, untuk memperlancar proses hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin. Proses ini biasanya kurang diperhatikan oleh produsen, karena kebanyakan para produsen mengejar produksi masal untuk menekan penjualan. Porting polish dapat menambah ‘nafas’ dan tenaga motor pengendara, sekaligus membuat proses hisap dan proses buang menjadi lebih efisien.

2. Papas Head

Kecuali  Ported Polandia, pengendara juga dapat melakukan proses pemapasan pada chief motor. Proses ini dilakukan untuk memadatkan dan menaikkan ratio kompresi pada motor yang membuat motor menjadi lebih mempunyai tenaga. Namun perlu diingat, bahwa proses pemapasan chief cukup berisiko, terutama ketika mekanik tidak faham dengan kondisi motor. Oleh karena itu, butuh ketelitian dan penghitungan yang tepat antara posisi chief, boring, dan bagian lainnya seperti busi, klep dan seher agar tidak mengalami ‘tabrakan’.

3. Perbesar Klep

Bisa motor 4 tiada, valve digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan proses penghisapan ( in ex ). Dengan melakukan perbesaran pada valve in and ex, motor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang, dan lebih efficient dalam pembakaran, selain itu pengendara dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Penghasil chief dengan jumlah klep yang lebih banyak (3 klep)
  • Penggunaan noken as yang berkualitas
  • Penggantian head/ chief dengan sistem DOHC (bagi motor yang masih menganut sistem SOHC Dual Valve)

4. Majukan Timing Pengapian

Pengaturan waktu starter dapat dimajukan, untuk mempercepat preses pembakaran, dan menghasilkan keefisienan bahan bakar yang lebih baik lagi. Biasanya dalam memajukan waktu starter, anda dapat mengganti component berikut ini :

  • CDI penggunakan CDI dengan curve starter yang lebih maju, atau gunakan CDI yang timing starter dapat diatur.
  • Koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar.
  • Bahan bakar waktu starter yang sudah dimajukan, haram hukumnya menggunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau premium, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses pembakaran menjadi kurang sempurna.

5. Rajin melalukan service

perbaikan mesin dan service carburetor menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga performal dari motor, dalam proses service. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat service motor:

  • perbaikan dan bersihkan carburetor dengan tuntas.
  • Bersihkan kerak pada bagian head, valve, dan piston.
  • Bersihkan busi, dan ganti ketika harus diganti.

 6. Jangan Gunakan Ban dengan Ukuran lebih besar

Roda  standar motor yang di rancang dari produsen adalah ukuran ban yang terbaik dipasang atau apabila ingin memperbesar atau mengecilkan ban maksimal ganti ban dengan 2 ukuran di atas atau di bawahnya. Memperbesar ban, tanpa mengganti velg dan peningkatan performal mesin, hanya akan membuat beban mesin menjadi berat dan malah membuat motor akan semakin terasa berat.

7. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Motor modern saat ini sudah menggunakan teknologi bahan bakar injection, yang diatur oleh komputer. Itu artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran dengan menggunakan bahan bakar injection mestiin mempunyai ECM atau ECU yang mengatur. Pengendara dapat membeli produksi  ECM atau ECU aftermartket yang tersedia di pasaran namun sayang, penggantian ECM dan ECU ini masih mahal komponennya akan tetapi memiliki efek yang sangat signifikan terhadap motor.

Bagaimana dengan menggunakan pengirit bahan bakar?

Detik  ini sudah banyak alat dan bagian  penghemat bahan bakar yang katanya dapat menambah tenaga motor dan mampu menambah keiritan pada motor. Pada dasarnya hal ini dapat berpengaruh tetapi tidak 100%, mengapa? karena kondisi ini dipengaruhi oleh faktor motor itu sendiri tidak semua motor cocok dengan penggunaan alat pengirit bahan bakar. Berikut ini beberapa alasan yang mungkin dapat menjadi pertimbangkan untuk menggunakan pengirit bahan bakar pad motor:

Pengirit bahan bakar yang menggunakan komponen listrik, memliki potensi untuk merusak komponen kelistrikan dan mengalami korsleting pada motor. Beberapa pengirit Bahanbakar bersifat adiktif, sehingga ada kemungkinan motor akan ‘sakaw’ ketika berhenti menggunakan pengirit bahan bakar tersebut. Jika pengendara masih ingin mencoba pengiirit bahan bakar, pengendara perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini: Cek testimony pengguna dari media atau sumber yang kredibel, bukan hanya berdasarkan ‘katanya’ atau ‘menurut dia’ atau klaim dari produsen saja. Apabila ingin menggunakan pengirit bahan bakar elektronik, pastikan dibaca baik-baik petunjuk pemasangannya dan klaim garansi dari pabrik. Selalu perhatikan kondisi aki kendaraan ketika memasang peralatan pengirit bahan bakar secara elektronik.