Tlp SekarangWA Sekarang
5 Tips Mengendarai Mobil Secara Aman Saat Malam hari

Mengendarai Mobil via perishableprose.wordpress.com

 

Hampir 90 persen dari kemampuan seseorang saat mengemudi bergantung pada penglihatan. Namun kemampuan untuk melihat akan turun secara kabur di malam hari.

Tidak heran mengemudi di malam hari adalah salah satu kegiatan sangat berbahaya. Dari semua kecelakaan mobil yang celaka, 49 persen terjadi pada malam hari. Apalagi, mengemudi pada saat orang tidur ini memiliki tingkat kematian per mil hampir tiga kali lipat dari mengemudi di siang hari. \

Berikut 5 kunci secara aman pada saat berkendara di malam hari :

1.Pastikan membawa perlengkapan darurat

Pada saat malam hari persiapkan kebutuhan seperti banyak istirahat, menghindari makanan dan minuman yang mengganggunya pada saat mengemudi dan mengenakan sabuk pengaman. Kebutuhan yang harus dimiliki pada saat mengemudi di malam hari:

– Kabel jumper atau baterai pengisian

– Selimut

– Plastik terpal

Tool kit sederhana

– Ban serep

– Makanan ringan

– P3K pertolongan pertama pada kecelakaan

– Senter

2.Menggunakan Teknologi untuk Keselamatan

– Sebuah alat komunikasi seperti ponsel seluler dapat membantu seseorang saat terjadi gangguan ataupun kecelakaan.

– Sistem navigasi GPS dapat membantu menghindari pada saat terjadi keadaan darurat seperti tersesat dari tujuan.

3.Hindari cahaya lampu yang menyilaukan

Umumnya pada saat malam hari sesama pengendara mobil berpapasan. Jika mobil dari arah berlawanan memancarkan cahaya lampu yang menyilaukan usahakan mata jangan menatap langsung, menghindari dengan menatap ke bawah dan kurangi kecepatan. Jika cahaya datangnya dari arah belakang, atur kaca spion agar cahaya tidak memantulkan langsung ke mata, agar dapat menghindari dari terjadinya kecelakaan.

4.Beberapa cahaya penting untuk perjalanan malam hari

Lampu adalah peralatan yang sangat penting untuk kendaraan.

– Pastikan lampu depan dan kedua lampu rem bekerja

– Lampu kabut juga harus dimatikan untuk mengemudi padaa malam hari. Lebih efektif dalam keadaan berkabut. biasanya intensitasnya dapat menyilaukan mata pengendara lain.

5.Tetap siaga

Penelitian telah menunjukkan lonjakan jumlah kecelakaan mobil kira-kira bertepatan di pagi hari, ketika kebanyakan orang sedang tidur. Jadi sebelum mengemudi di malam hari, hindari minum obat yang dapat membuat pengemudi menjadi mengantuk. Makan makanan harus yang tinggi protein bukan yang tinggi karbohidratnya, karena dapat membuat pengemudi menjadi mengantuk.

Beberapa orang menghindari kopi dan produk kafein lainnya karena kesehatan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa minum dua cangkir kopi dapat mencegah terjadinya rasa ngantuk sampai satu jam.

 

 

 

Dari berbagai sumber…