Tlp SekarangWA Sekarang
5 Cara Membuat Mobil Irit Bahan Bakar Paling Mudah

BBM via metro.se

Seperti yang sudah di ketahui, bahan bakar minyak ( BBM ) merupakan salah satu kebutuhan primer bagi kendaraan. Adapun cara menghemat bahan bakar ( BBM ) merupakan salah satu keinginan bagi setiap pemilik kendaraan roda empat atau mobil tersebut. Ditengah mahalnya harga BBM yang sekarang ini membuat kita harus cermat untuk menggunakannya.

Adapun cara membuat mobil irit bahan bakar adalah sebagai berikut :

1. Rutinlah Melakukan Tune Up

Cara menghemat BBM yang pertama yang bisa anda lakukan yaitu rutinlah melakuka tune up pada mesin mobil anda sesuai dengan jadwal yang sudah anda tentukan. Mesin mobil yang rutin dilakukan tune up, akan membuat peforma mobil anda maksimal. Jika performa mesin anda maksimal, sudah tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar anda tentunya. Jadi kesimpulandari fungsi tune up secara umum ialah untuk memaksimalkan peforma ya sobat.

2. Perhatikan Kondisi Ban Kendaraan Anda

Cara mengirit atau menghemat bahan bakar yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memperhatikan kondisi ban kendaraan anda. Cara merawat ban mobil salah satunya dengan memastikan anda memompa ban anda dengan benar dan tepat, ban kendaraan yang dipompa dengan standar angin yang tepat dapat mengurangi pemakaian jumlah bahan bakar sebanyak 3%. Tekanan ban anda akan berkurang 1 PSI setiap bulannya.

Pada kondisi ban dingin pun, tekanan ban juga dapat berkurang, karena tekanan ban tentunya diengaruhi oleh cuaca iklim disekitarnya. Jadi untuk itu sobat pastikan anda memperhatikan kondisi ban anda sebelum menggunakan kendaraan anda.

3. Perhatikan Jumlah Beban Mobil Anda

Cara yang ketiga untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda dengan memperhatikan jumlah beban mobil anda. Cara yang paling mudah untuk kita lakukan dalam hal menghemat bahan bakar adalah dengan cara tidak memberikan muatan yang terlalu berat apalagi melebihi kapasitas mobil anda.

Hal ini berpengaruh karena beban mobil dapat menjadi penyebab utama peningkatan pemakaian bahan bakar karena beban yang berat tersebut dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non hybrid. Mobil boros bbm akan terjadi jika beban melebihi standart yang telah ditetapkan.

4. Menggunakan Oli Sintetis

Cara yang keemat adalah dengan menggunakan oli sintetis. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, penggunaan oli juga tentunya sangatlah berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar anda. perlu anda ketahui sobat, apabila anda menggunakan oli sintetis maka anda sama saja dengan menghemat pemakaian bahan bakar anda sebanyak 5 % jika dibandingkan degan tidak menggunakannya sama sekali.

Selain itu jika anda menggunakan oli sintetis maka anda tidak perlu ganti oli mobil anda sesering mungkin. Nah sobat hal ini tentunya bisa anda jadikan sebagai pertimbangan ya. Karena salah satu solusi ini bisa membantu melakukan penghematan energi secara global.

5. Perhatikan Kondisi Filter Udara Mobil Anda

Cara yang terakhir yang bisa anda lakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil anda yaitu dengan cara memperhatikan filter udara pada mobil anda. Perlu anda ketahui sobat, filter udara yang kotor pada kendaraan anda dapat mengakibatkan pemakaian bahan bakar anda akan boros, selain itu dapat menyebabkan mesin mobil anda mati mendadak pada saat idle. Cara membersihkan filter bahan bakar perlu anda perhatikan ya sobat, agar penangannya lebih tepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda harus rutin membersihkan filter mobil anda ya sobta, dan perhatikan setelah seusai melintasi jalanan yang sanagt kotor udaranya sebaiknya anda langsung melkuakan pembersihan pada filter udara mobil anda.