Tlp SekarangWA Sekarang
5 Cara Aman Berkendara di Tanjakan Agar Tidak Mundur Paling Mudah dan Aman

jalanan menanjak via satrio140.blogspot.co.id

Jika berbicara mengenai keamanan dan keselamatan dalam berkendara, tentunya hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan.

Begitupun hal nya pada saat kita mengemudikan kendaraan roda empat atau mobil kita pada tanjakan atau puncak jalanan tentunya kita sangat waspada, apakah mobil kita bisa mendakinya atau mundur. Apabila mobil kita tidak bisa mendakinya pasti akan membuat penumpanya panik, selain itu keselamatan pengendara yang ada di belakang juga tentunya akan menjadi tanggung jawab kita.

Sebab jalanan mendatar dengan jalanan yang penuh dengan tanjakan akan sangat berbeda, terlebih lagi jalanan tersebut macet, dalam keadaan seperti ini tentunya membutuhkan keahlian dari si pengemudinya untuk bisa melewati jalanan tersebut. Berikut ini cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur.

  1. Memperhitungkan Kemiringan Jalanan

Cara pertama, pada saat anda mulai memasuki jalanan yang menanjak, pertama sekali perlu memperhitungkan kemiringan dari jalanan tersebut. Jika jalanan tersebut tidak terlalu curam, maka anda bisa tetap mengendarai  mobil dengan tetap memposisikan gigi pada gigi 2 dan 3. Namun apabila jalanan yang akan dilalui sudah terlihat kemiringan yang cukup curam maka lebih baik menggunakan gigi 1 agar mobil tidak mundur.

  1. Tindakan Saat Terjadi Kemacetan

Cara  kedua, apabila pada saat berada di jalan tanjakan terjadi kemacetan maka perlu dilakukan pengereman dengan tiga cara, yakini :

  • Menggunakan rem tangan. Memahami cara menyetel rem tangan sangat vital di sini
  • Diikuti dengan rem kaki.
  • Memastikan menggunakan setengah kopling.

Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, anda harus terlebih dahulu paham betul cara penggunaannya.

  1. Manfaatkan Rem Tangan Sebagai Back Up

Cara yang ketiga agar mobil anda tidak mundur pada saat berkendara ditanjakan ialah dengan melakukan pengereman, memakai rem tangan dan ini dapat dilakukan pada saat kemacetan yang panjang sehingga memungkinkan mobil anda akan berhenti lama.

Jika anda melakukan metode ini, pastikan untuk menarik terlebih dahulu rem tangan baru memindahkan gigi pada posisi netral dan pada saat jalanan mulai lancar maka pindahkan ke gigi 1 kemudian menekan pedal gas serta melepaskan kopling mobil secara perlahan, kemudian langkah yang terakhir kita tinggal melepaskan handle rem atau rem tangan.

  1. Pengereman Menggunakan Kaki Sesuai Kebutuhan

Cara yang ke empat ialah melakukan pengereman dengan menggunakan kaki. Pengereman seperti ini dapat anda lakukan pada saat mobil anda berhenti tidak terlalu lama dan agar mobil anda tidak mundur pada saat anda berada dijalanan yang menanjak tersebut, cara menggunakan rem ini adalah dengan cara menekan secara perlahan pedal kopling bersamaan dengan menekan pedal rem.

Pada saat mobil anda ingin dijalankan, maka bisa dengan melepaskan kaki dari pedal rem terlebih dahulu secara perlahan, baru setelah itu injaklah pedal gas dengan diikuti melepas pedal kopling juga tentunya. Lakukan dengan perkiraan yang tepat. Karena bagi pemula pasti akan merasakan kesulitan.

  1. Lakukan Pengereman Setengah Kopling

Cara yang terakhir yang bisa anda lakukan terkait cara aman berkendara ditanjakan agar tidak mundur yang berikutnya adalah dengan melakukan rem mobil setengah kopling. Pengereman setengah kopling disini maksudnya ialah saat mobil anda berhenti dalam waktu singkat, maka anda dapat mengkombinasikan antara pedal gas dengan pedal kopling. Setelah itu, barulah anda menyesuaikannya saat menginjak kedua pedal tersebut agar tidak terjadi kesalahan.