Tlp SekarangWA Sekarang
4 Tips Mengatasi Mobil Matic Kebanjiran Agar Tidak Rusak

Mobil Melewati Banjir via thepowerof-dreams.blogspot.co.id

Saat banjir, tak sedikit orang  pemilik mobil yang menerjang genangan banjir untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Padahal memaksakan mobil untuk menerobos banjir bukanlah hal yang baik, apalagi jika mobil yang anda miliki adalah sistem transmisi matic. Hal ini karena mobil matic lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan mobil manual.

Seharusnya bagi para pengguna mobil matic di anjur untuk tidak melewati genangan banjir terlebih lagi jika tinggi banjir sudah setengah ban akan mengakibatkan dampak buruk bagi mobil, valve transmission yang di miliki mobil matic sangat sensitiv terhadap air.

Nah berikut tips mengatasinya, yuk simak saja :

1. Segera Lakukan Pengeringan

Mobil matic yang terendam banjir pastinya akan mengakibatkan gejala kerusakan transmisi matic jika tidak segera diatasi. Maka cara pertama yang dilakukan ialah dengan segera melakukan pengeringan. Setelah mobil menerjang banjir, maka segera pindahkan dan keringkan berbagai komponen di dalamnya.

Pertama kali lepas semua kabel-kabel listrik dan semprot dengan menggunakan kompresor angin. Jika tidak memiliki kompresor, maka anda bisa menggunakan hair dryer. Komponen-komponen yang wajib di bersihkan antara lain seperti karburator, dinamo starter, busi, saringan angin, saluran angin, V-belt, alternator, delco, dan rangkaian kabel.

2. Segera Ganti Oli 

Oli memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah mobil, termasuk mobil matic. Oli membantu agar mesin bekerja secara maksimal. Sehingga saat mobil terendam banjir, maka segera lakukan pengurasan oli mobil dan ganti dengan oli yang baru. Kuras oli hingga habis dan semprotkan dengan kompresor hingga oli benar-benar terkuras habis. Setelah itu isi kembali dengan pilihan oli untuk mobil matic yang sesuai dengan spesifikasi mesin anda.

3. Kuras Tangki Bahan Bakar

Cara mengatasi mobil matic kebanjiran lainnya dengan menguras tangki bahan bakar. Sama halnya dengan oli, tentu saja ada air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Bahan bakar yang terkontaminasi dengan air bisa menyebabkan masalah pada mesin, termasuk menjadi penyebab mobil mogok mendadak.

Untuk menguras tangki bahan bakar ini juga sangat mudah, anda hanya perlu menggunakan selang kecil dan dimasukkan ke dalam tangki. Tarik sedikit udara dengan menggunakan mulut sehingga semua bahan bakar dapat terkuras habis.

4. Pastikan Kondisi Lampu Dan Komponen Rem Kering

Arus listrik yang terdapat di lampu mobil sangat rentan mengalami konsleting. Untuk itu lah pastikan jika kondisi lampu benar-benar aman dan kering. Keringkan pula komponen lainnya seperti door trim, wiper, klakson, karpet dek, dan jok.

Cara membersihkan interior dapat anda mulai dengan mengeluarkan karpet dan kemudian lepas sarung jok, cuci dan jemur hingga kering. Jangan lupa membersihkan komponen-komponen di dalam rem, biasanya jika mobil terlalu lama terendam banjir maka menyebabkan kampas rem mengeras. Anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkannya.

Nah itu adalah beberapa tips mobil matic yang terkena banjir semoga bermanfaat ya, pastikan kendaraan anda selalu prima dan terjaga agar dapat mengendarainya dengan aman dan nyaman sekian terima kasih.