Tlp SekarangWA Sekarang
4 Kelemahan Lampu Hid Dari Mobil Yang Wajib Diperhatikan

turbonesia.com

 

Lampu menjadi komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan, terutama jika  sedang berkendara di malam hari. Jika lampu mobil tidak bekerja maksimal, tentu saja akan menyulitkan saat berkendara di jalanan. Sehingga jangan sampai lampu mobil  tidak bekerja maupun mengalami masalah, misalnya saja lampu depan mobil mati dan permasalahan lainnya.

Semakin berkembanganya teknologi saat ini, ada banyak kemajuan dalam komponen penerangan mobil. Mulai dari lampu LED, Halogen, dan lampu HID. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai teknologi lampu HID.

Lampu HID atau yang sering dikenal sebagai lampu Xenon merupakan teknologi bola lampu yang menggunakan arus terukur dengan desain khusus sehingga dapat menciptakan efek pencahayaan yang sangat kaur. Biasanya lampu HID ini sering digunakan pada cara memodifikasi mobil agar mendapatkan penyinaran yang sempurna.

Selain itu fungsi lainnya dari lampu HID ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dapat mengembalikan kinerja lampu yang meredup diakibatkan berkurangnya daya pada reflector lampu. Lampu HID memiliki tingkat keterangan yang sama ketika layaknya di saat siang hari meskipun hanya memiliki sumber satu titik cahaya saja namun dapat menyebar ke segala arah. Namun secanggih apapun teknologi, tentunya memiliki kekurangan tidak terkecuali lampu HID.

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kekurangan lampu HID pada mobil :

  1. Pencahayaan Terlalu Terang

Kekurangan lampu HID terletak pada pencahayaannya yang terlalu terang. Mengapa? pencahayaan yang terlalu terang seringkali menyebabkan pengendara lainnya yang sedang berpapasan dengan kendaraan mata menjadi buram sesaat dikarenakan efek pencahayaannya yang terlalu terang. Beberapa orang mungkin memiliki mata yang sensitif terutama jika berhadapan dengan lampu yang sangat menyilaukan.
Solusi untuk mengatasi permasalahan ini bisa diatur dengan pemasangan proyektor, sehingga nantinya intensitas cahaya yang dihasilkan lampu HID menjadi berkurang. Selain itu hal ini juga akan membuat fokus cahaya menjadi lebih kedepan dan tidak akan terlalu menyebar ke segala arah. Namun tetap saja hal ini tidak dilakukan banyak orang karena harga proyektor yang terbilang mahal.
  1. Harga Lampu Terbilang Mahal

Kekurangan lampu hid pada mobil lainnya yaitu terletak pada harganya yang terbilang cukup tinggi hanya untuk sebuah lampu saja. Tentu beberapa orang mungkin akan memikirkan ulang untuk membeli lampu HID untuk mobil mereka.
  1. Tidak Terang Saat Hujan

Meskipun penerangan yang dihasilkan lampu HID cukup terang, namun hal ini akan berbeda jika digunakan berkendara saat hujan. Hal ini karena nyala lampu yang tidak terang saat kondisi hujan ataupun tidak dapat menembus hujan di jalanan.
  1. Membuat Headlamp Cepat Kusam

Siapa sangka jika penggunaan lampu HID menjadi penyebab headlamp menjadi kusam. Lampu HID ini membuat mika kaca dan crom reflector menjadi cepat kusam. Namun tidak perlu khawatir, dapat menggunakan cara membersihkan headlamp mobil kusam sendiri di rumah dengan alat dan bahan sederhana.
Meskipun memiliki banyak kelemahan, bukan berarti jika Lampu HID tidak memiliki kelebihan. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu HID antara lain adalah:
  1. Kualitasnya yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama
  2. Tingkat pencahayaan sangat terang
  3. Tidak menyebabkan panas berlebihan sehingga aman dan tidak akan merusak reflektor
Pnejelasan diatas mengenai kelemahan lampu HID pada mobil yang harus diperhatikan. Kelemahan yang dimiliki lampu HID dapat diatasi dengan pemasangan yang tepat dan sesuai sehingga nantinya tidak akan membahayakan pengendara lainya saat di jalanan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

 

 

 

Dari berbagai sumber