Tlp SekarangWA Sekarang
3 Cara Menjaga Kondisi Ban Mobil Agar Tidak Cepat Gundul

Ban Mobil via exlineauto.com

Salah satu perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik mobil yaitu menjaga kondisi ban mobil, seperti yang kita ketahui bersama ban mobil adalah bagian dari mobil yang memiliki peran yang sangat penting saat berkendara.

Nah, bagaimanakah cara menjaga kondisi ban agar tidak cepat gundul atau halus ? tapi sebelumnya kita bahas dulu akibat dari ban gundul tersebut. Akibat dari ban gundul tersebut kinerja ban menjadi tidak maksimal dan ini bisa membahanyakan karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Nah berikut tips menjaga ban agar tidak cepat gundul :

  • Berkendara Dengan Baik dan Benar

Cara Menjaga Kondisi Ban Mobil pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan mebiasakan berkendara dengan baik dan benar, maksud dari berkendara dengan baik dan benar ialah tidak sering melakukan pengereman secara mendadak, jangan dibiasakan berkendara dengan membawa barang bawaan dengan jumlah yang banyak dan jangan melakukan kecepatan mobil secara tiba tiba. Jika hal tersebut dilakukan, kami yakin ban mobil akan awet dan tidak cepat gundul

  • Sporing dan Balancing

Teknik Menjaga Kondisi Ban Mobil yang kedua yaitu dengan melakukan sporing dan balancing secara rutin, adapun tujuan dari melakukan sporing dan balancing ini untuk menjaga kesetabilan ban mobil. Karena yang namanya ban mobil jika rutin digunakan untuk berkendara posisinya akan cepat berubah, saran kami lakukanlah sporing dan balancing jika mobil sobat telah melakuka perjalanan 5000Km supaya kaki kaki dan ban mobil sobat selalu seimbang dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

  • Rutin Mengecek Tekanan Udara Ban Mobil

Cara Menjaga Kondisi Ban Mobil ketiga dan yang paling mudah atau simple dilakukan yaitu dengan selalu mengecek tekanan udara ban mobil. Usahakan tekanan udara ban mobil tidak terlalu rendah tapi juga tidak terlalu tinggi, sebab jika tekanan udara pada ban mobil terlalu rendah dapat mengakibatkan ban cepat rusak bahkan velg bisa cepat rusak. Namun sebaliknya jika tekanan angin pada ban mobil terlalu tinggi atau keras, dapat membuat ban mobil cepat sobek dan yang paling fatal bisa mengakibatkan ban mobil meledak karena gesekan panas pada aspal.