Tlp SekarangWA Sekarang
Trik Memilih Knalpot

Knalpot via tribunnews.com

Knalpot adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin dengan jalan pipa yang menjulur untuk akses pembuangan.

Fungsi knalpot itu sendiri adalah untuk meredam Hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut /gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot.

Pemilihan knalpot Racing

#Spek kendaraan sobat juga perlu di sesuaikan dengan knalpot yang sobat mau beli, karena sekarang ini banyak banget beredar kenalpot dengan spek mesin yang sudah di tune up, seperti Yamaha mio dengan spek 150cc atau yamaha jupiter z dengan spek 130cc atau 200cc. kasian kan kalau ternyata mesin sobat masih standar dikasih spek knalpot untuk motor 200cc atapun sebaliknya.

#Dan untuk yang poin ke dua juga tidak kalah penting nya, karena berbicara modifikasi tidak ada habisnya, makanya untuk pemilihan bahan kenalpot pun sangat penting banget untuk diperhatikan, karena mempengaruhi penampilan kendaraan sobat,

#Karena banyak banget pembuat knalpot mengunakan bahan yang berbeda, seperti dari bahan galvanis, stainles dan dari plat besi biasa, namun kadang terkendala dengan harga, biasanya bahan stainlise sangat mahal akan tetapi untuk kualitas sangat baik, karena mengunakan las argon sehingga terlihat rapi dan pastinya anti karat, sedangkan untuk bahan galvanis dan plat besi setelah pemakaian beberapa waktu pasti berkarat dikarenakan lapisan vernis mulai memudar.

#Karakter suara knalpot pun sangatlah bervariasi, karena ada bebarapa pembuat kenalpot yang hanya memakai saringan dan dilapisi peredam glasswool dan ada yang hanya memakai saringan tanpa peredam, tentunya sangat berbeda karakter suara antara yang memakai glasswool dan tidak, tapi ada sebagian orang yang malas atau ribet memakai glasswool karena harus rutin mengganti glasswool. Untuk knalpot racing motor 2-tak rata-rata menggunakan glasswool.

#Kalau udah berurusan merk pasti ada pro dan kontra, karena sebagian orang menyukai merek tertentu dan ada sebagian orang yang tidak menyukainya, baik produk lokal dan produk luar negri. Namun penulis sendiri memakai produk lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negri, so banggalah memakai produk dalam negri. Hahaha

#Motif kenalpot pun mungkin perlu dipertimbangkan sesuai karakter sobat, karena sekarang banyak banget beredar tipe atau bentuk kenalpot, seperti bentuk opal dan segitiga.