Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Mudah Membersihkan Karburator Motor

Membersihkan Karburator Via semisena.com

Karburator adalah salah satu komponen dari mesin motor yang memiliki peran penting, yaitu untuk  menyatukan udara dan bahan bakar untuk kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Namun jika karburator anda tidak sering dibersihkan, karburator dapat menjadi kotor dan mengganggu kinerja mesin misalnya mesin dapat menjadi tersendat-sendat. Untuk membersihkan karburator, Anda sebenarnya tidak perlu harus datang ke bengkel motor.

Membersihkan karburator dapat dilakukan sendiri di rumah asalkan Anda mengetahui langkah-langkah dan pedoman yang tepat tentang cara membersihkan karburator motor yang kotor dengan benar. Jika anda sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator motor yang kotor dengan mudah dan benar. Yuk langsung saja pantengin terus artikel Tips membersihkan karburator ini!

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Tips membersihkan karburator, kami akan sedikit menjelaskan kenapa karburator dapat menjadi kotor. Karburator yang kotor pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kemasukan air atau kotoran sehingga aliran udara dan bahan bakar di dalam karburator menjadi tersumbat.

Selain itu, bahan bakar dengan kualitas dibawah standar dapat mengakibatkan bagian dalam karburator menjadi cepat kotor.Saat karburator tersumbat tentu mesin tidak akan bekerja secara optimal. Setelah mengetahui alasan mengapa karburator harus selalu dalam kondisi bersih, sekarang saatnya untuk mengetahui seperti apa Tips membersihkan karburator motor yang kotor.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Lepas Karburator

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya karburator dilepaskan dari dudukannya/manifold agar Anda dapat lebih leluasa dalam membersihkan setiap bagian dari karburator mesin motor Anda.

  • Bersihkan Filter Udara

Filter udara dapat lebih mudah dibersihkan setelah dilepas terlebih dahulu. Bersihkan filter udara menggunakan cairan pembersih dan biarkan cairan pembersih mengering dengan sendirinya.

  • Membuka Mangkuk Karburator

Bukalah mangkuk karburator dengan melepaskan semua baut-baut pengaitnya, kemudian periksalah apakah ada endapan kotoran atau mungkin bisa saja terkontaminasi air. Bersihkan bagian ini menggunakan kuas kecil kemudian bilas dengan bensin hingga bersih. Bila perlu, semprotkan juga udara bertekanan tinggi agar kotoran dan kerak ikut terlepas.

  • Bersihkan Pilot Jet

Main Jet, dan Needle Jet. Lepaskan bagian ini satu per satu, kemudian  bersihkan lakukan dengan benar. agar karburator dapat bekerja dengan baik. Cara membersihkan Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet yang efektif adalah dengan meniupkan udara bertekanan tinggi menggunakan kompresor.

  • Bersihkan Spuyer Karburator

Anda Bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada filter. Pastikan melakukannya dengan hati-hati agar tidak merubah ukuran diameter spuyer kompresor. Perubahan ukuran spuyer kompresor bisa menyebabkan mesin kendaraan tidak dapat dihidupkan.

  • Rakit Dan Pasang Kembali

Setelah semua bagian karburator dibersihkan, jangan lupa untuk menyetel campuran bahan bakar yaitu dengan mengatur ketinggian pelampung bensin menggunakan jangka sorong. Jika sudah beres, kini saatnya merakit kembali semua komponen karburator yang sudah Anda lepas tadi lakukan dengan hati-hati. Setelah itu barulah pasang kembali karburator pada manifold/dudukannya.

Dari Berbagai Sumber